10 Cara Merawat Ikan Arwana Silver Beserta Penjelasannya Lengkap

Posted on

10 Cara Merawat Ikan Arwana Silver Beserta Penjelasannya

10 Cara Merawat Ikan Arwana Silver Beserta Penjelasannya – Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang telah banyak diincar semua orang untuk dipelihara. Terdapat berbagai macam jenis ikan arwana yang ada di Indonesia, mulai dari ikan arwana gold dan ikan arwana silver. Ikan arwana silver adalah salah satu jenis ikan hias yang berasal dari Amerika Selatan. Ikan ini memiliki warna dan bentuk fisik yang cantik, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya.

10 Cara Merawat Ikan Arwana Silver Beserta Penjelasannya

Ikan arwana silver memiliki tubuh memanjang, ramping, dan gerakan ketika mereka berenang sangat indah. Bagi anda yang tertarik atau bahkan telah memelihara hewan ini berikut 10 Cara Merawat Ikan Arwana Silver Beserta Penjelasannya yang perlu anda ketahui.

1. Kebutuhan Protein

Dalam melakukan perawatan pada ikan arwana silver, anda harus menyediakan nutrisi yang paling dibutuhkan yang bermanfaat untuk pertumbuhannya. Nutrisi tersebut adalah pakan yang mengandung protein. Makanan yang mengandung protein tinggi dapat meningkatkan potensinya untuk cepat tumbuh. Dengan protein yang tinggi ikan arwana silver dapat mencapai ukuran sekitar 60 cm.
Protein dapat membantunya tumbuh besar dan mempunyai umur yang lebih panjang dibandingkan dengan ikan arwana silver yang hanya diberi pakan dengan protein rendah.

Baca Juga :   9 Cara Mudah Budidaya Ikan Hias Mudah dan Menguntungkan

2. Jenis Pakan

Perlu anda ketahui bahwa makanan utama dari ikan arwana silver adalah kelabang. Namun, anda juga harus memberikan variasi menu, seperti udang, katak, kecoa, lipan, jangkrik, dan juga kadal. Makanan tersebut mengandung protein yang tinggi dan juga menjadi makanan yang bagus untuk kesehatan.

3. Ukuran Aquarium

Ikan arwana silver merupakann ikan yang sangat aktif dan dapat tumbuh mencapai ukuran 60 cm. Sehingga agar ikan tersebut dapat dengan nyaman dalam bergerak dan dalam pertumbuhannya, anda perlu menyediakan aquarium dengan ukuran yang cukup besar. Ukuran aquarium yang baik adalah sekitar 3 kali dari panjang ikan tersebut dengan lebar kolam 1.5 kali panjang ikan yaitu sekitar 3.5 meter.

Di alam bebas ikan arwana silver biasanya dapat melompat hingga 2 hingga 2.5 meter untuk menangkap mangsangya di dahan pohon. Selain itu, usahakan untuk tidak meletakkan ikan arwana siler dewasa yang lebih dari satu pada kolam yang sama. Karena dikhawatrikan mereka akan berkelahi.

4. Penutup Aquarium

Dikarenakan ikan arwana silver dapat melompat dan termasuk dalam jenis ikan yang aktif. Maka anda harus memberikan penutup pada aquarium sehingga ia memiliki batas dan tidak dapat melompat keluar.

5. Suhu dan Ph yang Ideal

Sesuaikan suhu dan kondisi Ph agar agar ikan arwana silver dapat hidup sehat. Suhu yang paling ideal yaitu kisaran 25 hingga 27. Anda dapat memasang thermometer agar sewaktu-waktu dapat digunakan untuk mengukur suhu dalam aquarium. Sementara Ph yang pas yaitu 6 hingga 8.5. apabila Ph terlalu rendah anda dapat menambahkan kapur ke dalam kolam tersebut.

6. Penggantian Air Dalam Aquarium

15 Cara Merawat Ikan Arwana Silver Beserta Penjelasannya yaitu anda perlu memperhatikan kebersihan atau sanitasi dari air aquarium. Anda dapat melakukan penggantian secara total 3 bulan sekali. Apabila anda menggantinya secara bertahap yaitu 10% dari banyaknya air aquarium, maka lakukan setiap 2 hari sekali. Hal ini dimaksudkan agar ikan arwana silver tetap sehat dan lincah.

Baca Juga :   Budidaya Lele Dumbo Kolam Terpal (Rangka Bambu) Untuk Pemula

7. Perlengkapan Aerator

Aerator merupakan alat untuk menyuplai udara ke dalam aquarium dan menguapkan dan mengeluarkan kotoran dari aquarium. Alat ini biasanya digerakkan oleh listrik. Dengan menggunakan aerator dapat melancarkan sirkulasi udara di dalam kolam aquarium sehingga ikan arwana silver merasa tenang dan dapat berenang bebasa layaknya di habitat aslinya.

8. Filter Aquarium

Filter aquarium jugaa dibutuhkan untuk menyaring kotoran pada air di dalam kolam. Kebersihan sangat memegang peran yang penting dalam kenyamanan dan pertumbuhan ikan arwana silver ini. Hal ini juga berpengaruh pada kesehatan ikan tersebut. Selain itu, apabila dilihat dalam hal estetika, air yang kotor akan menyebabkan aquarium akan terlihat seperti kolam yang tidak pernah dirawat. Maka dari itu, dibutuhkan filter aquarium agar mampu menyedot air dan mengembalikannya dalam kondisi bersih.

9. Penghangat

Penghangat aquarium akan dibutuhkan jika suhu air turun drastis. Hal ini diperlukan untuk ikan arwana silver yang dipelihara ketika musim hujan atau didaerah yang dingin. Anda harus mengusakanan agar suu air berada pada standar tertentu. Penghangat tersebut umumnya dilengkapi dengan termometer, sehingga ketika suhu air tiba-tiba turun anda data segera menghidupkannya.

10. Lamp TL

Lampu TL memiliki fungsi untuk menyinari cahaya agar tampilan kolam dan ikan arwana silver terlihat lebih cantik dan indah. Lampu TL untuk ikan ini harus digunakan dengan kadar yang sesuai, yaitu sekitar 20 watt untuk aquarium dengan ukuran 80×40 cm. perlu diingat anda harus menentukannya cukup pada kadar tersebut, karena apabila terlalu berlebihan maka akan mengakibatkan kematian pada ikan.

Tidak hanya penjelasan tersebut yang dapat anda lakukan untuk merawat ikan arwana silver peliharaan anda. Hal yang perlu diperhatikan lagi yaitu desain interior (dalam) aquarium yang anda gunakan untuk memelihara ikan tersebut. Di alam bebas ikan arwana lebih ska bersembunyi di balik tanaman air atau bebatuan. Maka dari itu, anda perlu menciptakan atau menyediakan lingkungan aquarium yang mirip seperti habitat aslinya. Hal ini untuk mencegah agar ikan arwana silver tidak stress, untuk itu anda perlu menyedikan:

  • Tanaman air
  • Pasir kolam
  • Letakkan batuan di dalam dasar kolam tepatnya di atas pasir
  • Beri hiasan bebatuan karang atau karang-karangan
  • Beri obat malachite green untuk menjaga kebersihan aquarium
Baca Juga :   Budidaya Lele Organik “Back To Nature”

Itulah uraian mengenai 10 Cara Merawat Ikan Arwana Silver Beserta Penjelasannya yang dapat anda lakukan apabila tertarik untuk memelihara ikan hias yang satu ini. Semoga dapat memberikan manfaat dan informasi bagi kita semua.

Baca juga: