10 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh

Posted on
10 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh
5 (100%) 1 vote[s]

10 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh

Tanaman Pengusir Nyamuk – saat memasuki musim penghujan bisanya akan mulai banyak nyamuk yang masuk ke dalam rumah. Keberadaan nyamuk tentu saja sangat menganggu, terlebih lagi ketika akan tidur, pasti tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan tidur akibat gigitan nyamuk. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan cara yang alami yaitu menanam tanaman pengusir nyamuk di dalam rumah.

Beberapa jenis tanaman yang bisa dijadikan sebagai pengusir nyamuk memang memiliki alasan tersendiri kenapa nyamuk dan serangga kecil lainnya, sangat tidak menyukainya. Hal itu dikarenakan beberapa tanaman tersebut memiliki aroma yang begitu menyengat sehingga membuat nyamuk pergi.

Ada banyak sekali jenis tanaman pengusir nyamuk yang bisa dipelihara di dalam ataupun luar rumah (indoor dan outdoor). Beberapa mungkin sudah familiar di telinga Anda, namun ada juga yang tidak. Berikut adalah beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa anda tanam di dalam rumah beserta penjelasan dari tanamannya.

1. Serai Wangi

Serai wangi atau biasa disebut sebagai sereh merupakan jenis tanaman perdu yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Selai sebagai bahan campuran dalam masakan, tanaman serai wangi juga berguna untuk mengusir nyamuk. Pada tanaman serai wangi mengandung beberapa zat yang bisa mengusir nyamuk yaitu sitronnellol dan geraniol. Kandungan tersebut mengeluarkan aroma yang tidak disukai nyamuk, dan bahkan, zat sitronnellolnya bisa membuat nyamuk mati.

Baca Juga :   4 Cara Mudah Budidaya Bunga Potong Gerbera Bagi Pemula

2. Daun Selasih

Tanaman untuk mengusir nyamuk berikutnya adalah daun selasih. Tentu Anda sudah familiar dengan nama selasih, bukan? Selasih dengan nama latin Ocimum basillicum (disebut juga daun basil) merupakan tanaman semak tahunan yang bisa Anda tanam di dalam ruangan. Tanaman selasih ternyata juga bisa membantu mengusir nyamuk, selain sebagai tanaman untuk memperindah ruangan. Tanaman selasih juga bisa diletakkan di luar ruangan dengan posisi meletakkan di dekat jendela atau pintu.

3. Bunga Lavender

Tanaman berikutnya yang memiliki peran sebagai pengusir nyamuk adalah bunga lavender. Nama tanaman ini mungkin sudah tidak asing ditelinga para pencinta tanaman ataupun bukan. Karena memiliki bunga yang cantik, bunga Lavender menjadi salah satu bunga favorit bagai pecinta tanaman. Lavender adalah tanaman hias dan sekaligus tanaman untuk mengusir nyamuk. Kelebihan bunga lavender tidak perlu dibuktikan karena bunga lavender sudah banyak dijadikan sebagai bahan utama untuk pembuatan lotion anti-nyamuk.

4. Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu rempah yang dapat dijumpai dengan mudah dimanapun termasuk di Indonesia. Perlu diketahui, bawang putih juga menjadi salah satu tanaman pengusir nyamuk yang paling ampuh. Di India, ada minyak oles untuk mencegah gigitan nyamuk dan serangga selama 8 jam yang di dalamnya terkandung 1% ekstrak minyak bawang putih. Selain itu, ternyata bawang putih juga bisa digunakan sebagai pembunuh larva nyamuk karena bawang putih mengandung zat belerang.

5. Bunga Geranium

Selain bunga lavender yang bisa mengusir nyamuk, ada juga bunga geranium atau biasa disebut dengan nama bunga tapak dara. Bunga dengan kelopak yang berbentuk cantik dan berwarna indah ini juga bisa ditanam di sekitar rumah Anda, semisal dinding luar dekat pintu. Dengan adanya tanaman bunga geranium dapat mencegah masuknya nyamuk ke dalam rumah Anda.

Baca Juga :   13 Cara Mudah Menanam Anggrek Bulan di Pot "Rajin Berbunga"

6. Kecombrang

Kecombrang atau torch ginger dikenal sangat baik oleh masyarakat Indonesia yaitu sebagai campuran bumbu masakan. Hal itu dikarenakan kecombrang memiliki rasanya yang enak, biasanya digunakan sebagai campuran bumbu sayur atau sup. Ternyata selain sebagai campuran bumbu masakan, kecombrang juga menjadi salah satu tanaman pengusir nyamuk. Kecombrang memiliki aroma yang terasa asam sehingga membuat nyamuk akan pergi menjauh dari rumah Anda.

7. Akar Wangi

Rumput akar wangi adalah salah satu tumbuhan yang berasal dari India. Keberadaannya di Indonesia tidak ada yang tahu sejak kapan. Akan tetapi yang bisa dipastikan adalah akar wangi menjadi salah satu jenis tanaman yang bisa mengusir nyamuk, terutama nyamuk demam berdarah. Selain itu, akar wangi ternyata juga sudah lama dijadikan sebagai bahan pembuat parfum dan losion perlindungan kulit dari gigitan nyamuk.

8. Bunga Krisan

Krisan merupakan salah satu bunga hias yang digunakan untuk mempercantik ruangan di rumah Anda. Perlu diketahui, bahwa Bunga krisan menjadi musuh besar bagi nyamuk. Hal tersebut dikarenakan krisan mengeluarkan aroma yang dibenci oleh nyamuk sehingga keberadaannya akan membantu rumah Anda bebas dari serbuan nyamuk. Tanaman hias ini bisa Anda tanam di dalam pot atau polybag, dan bisa diletakkan di dalam ruangan ataupun di luar ruangan.

9. Bunga Kamboja

Kamboja diidentikkan dengan bunga keramat karena pertumbuhannya kerap dijumpai di tempat-tempat yang tidak biasa, seperti makam. Terlepas dari anggapan mistis dari masyarakat, kamboja termasuk tanaman yang tahan panas matahari dengan bunga yang indah, awet, dan harum. Keharuman yang dipancarkan oleh kamboja ternyata hanya disukai oleh manusia, namun tidak bagi nyamuk sehingga banyak orang yang sengaja menanam kamboja sebagai tanaman pembasmi nyamuk alami di rumah dengan melakukan ekstraksi terhadap bunga kamboja.

Baca Juga :   Cara Menanam Bunga Matahari Agar Cepat Berbunga

10. Cengkeh

Cengkeh adalah bumbu rempah yang juga banyak dmianfaatkan sebagai bahan obat. Cengkeh atau yang dalam bahasa Inggrisnya disebut cloves ini mempunyai tangkai bunga kering yang mengeluarkan aroma cukup harum, namun tidak disukai oleh nyamuk.

Itulah beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk yang alami dan paling ampuh yang bisa di tanam di dalam rumah ataupun di luar rumah. Semoga artikel kali ini bisa memberikan manfaat dan bantuan bagi Anda yang bingung untuk mengusir nyamuk dari rumah.

Baca juga: