10 Cara “Paling Mudah” Memelihara Ciblek Lebih Dari Satu

Posted on
10 Cara “Paling Mudah” Memelihara Ciblek Lebih Dari Satu
5 (100%) 1 vote[s]

10 Tips Memelihara Ciblek Lebih Dari Satu

Tips Memelihara Ciblek Lebih Dari Satu – Memelihara burung merupakan suatu hobi yang banyak digemari oleh kaum pria. Bagi mereka memelihara burung ini merupakan moment yang menyenangkan, apalagi jika burung yang dipelihara memiliki suara yang merdu yang dapat memberikan rasa ketenangan serta keindahan. Maka tidak heran apabila banyak yang memelihara beberapa burung sesuai dengan favoritnya, entah itu dijadikan sebagai hiburan atau menjadi potensi untuk dilombakan.

10 Tips Memelihara Ciblek Lebih Dari Satu

Sering kali kita mendengar bahwa memelihara burung jenis petarung dalam satu tempat tidak diperbolehkan. Hal ini dikhawatirkan karena dapat mempengaruhi mental burung satu sama lain. Namun, jika memang sudah menjadi hobi tentu saja dapat dipelihara dengan perawatan yang khusus agar tidak timbul risiko yang dikhawatirkaan tersebut. Seperti halnya memelihara burung ciblek yang memang memiliki naluri untuk bertarung serta bersaing.

Burung ciblek merupakan salah satu jenis burung petarung yang sangat berani, meskipun burung tersebut memiliki postur tubuh yang mungil. Akan tetapi, dibalik kecilnya tubuh burung ciblek tersebut terdapat suara yang khas serta keras yang memang dimilikinya. Maka tidak heran apabila hal tersebut menjadi alasan beberapa orang gemar memelihara burung ciblek dan dijadikan sebagai hewan ocehan di rumah. Untuk itu jika anda ingin memelihara burung ciblek lebih dari satu di rumah berikut ini uraian mengenai Tips Memelihara Ciblek Lebih

Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Sidat Dengan Keuntungan Berlipat

Dari Satu yang perlu anda ketahui.

1. Pemeliharaan awal/masa adabtasi

Hal pertama yaitu pemeliharaan awal, yang meliputi:

  • Memahami karakter yang dimiliki masing-masing burung ciblek peliharaan yang memiliki naluri fighter yang awalnyaa pasti saling serang.
  • Biasakan menempatkan beberapa burung ciblek peliharaan fighter dalam satu ruangan agar saling kenal serta terbiasa.
  • Lakukan hal tersebut selama kurang lebih dua minggu lamanya.

2. Perawatan harian

Selanjutnya lakukan perawatan harian yang meliputi:

  • Pukul 05.00 pagi hari setelah sholat subuh keluarkan burung ciblek dari dalam rumah untuk diembunkan.
  • Kemudian setelah pukul 07.00 pagi ganti air minum burung ciblek dengan yang baru, bersihkan semua kotoran yang menempel, cuci sangkar dengan memakai air bersih setiao satu minggu sekali.
  • Selanjutnya berikan jangkrik 3 ekor untuk masing-masing burung ciblek
  • Jemur burung ciblek selama 3 jam mulai dari jam 08.00 pagi secara berdampingan tanpa diberi sekat. Lalu biarkan satu sama lain saling kenal.
  • Pada pukul 10.00 pagi masukkan kembali burung ciblek ke dalam kamar penyimpanan. Untuk selalu menjaga stamina berikan 5 tetes vitamin setiap harinya.
  • Pada pukul 15.00 sore keluarkan burung ciblek kembali untuk diangin-anginkan selama kurang lebih 15 menit
  • Mandikan burung ciblek dengan cara menggunakan shampoo
  • Setelah itu angin-anginkan burung ciblek selama 20 menit, kemudian masukkan ke dalam rumah dan pakaikan kerobong sangkarnya hingga esok harinya.

3. Jangan letakkan sangkar terlalu dekat

Kemudian Tips Memelihara Ciblek Lebih Dari Satu selanjutnya setelah masa penyesuaian yaitu sebagai berikut:

  • Apabila memiliki burung ciblek petarung lebih dari satu sejenis ataupun tidak sejenis, jangan menempatkan sarangnya terlalu dekat. Apabila diletakkan di dalam rumah pakaikan kerobong agar burung ciblek satu sama lain tidak saling bertatapan.
  • Usahakan penempatannya tidak sejajar, misalnya salah satu diletakkan di depan dan satunya lagi dibelakang.
  • Jangan letakkan di dalam satu ruangan.
Baca Juga :   Cara Budidaya Sawi Hijau dan Sawi Putih, Pemeliharaan Hingga Panen

4. Evaluasi mental burung

Setelah beberapa hari/minggu melakukan tips tersebut dan masih ada salah satu burung ciblek yang drop, maka dapat dipastikan bahwa burung ciblek tersebut telah drop secara mental. Dan apabila hal tersebut memang terjadi, makan ungsikan salah satu burung ciblek tersebut ke rumah lain atau dapat dititipkan ke tempat teman yang tidak memiliki burung piaraan sejenis.

5. Setiap burung ciblek memiliki umur yang berbeda

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu jangan menempatkan burung ciblek jenis apapun yang masih muda di dekat burung ciblek jenis apapun yang senior. Apabila untuk tujuan pemasteran, maka burung ciblek yang muda harus dikerobong dan jangan menggantung sangkar secara berdekatan.

6. Jika salah satu burung ciblek mabung

Perlu diingat, jangan menempatkan burung ciblek yang sedang mabung di tempat berung yang sedang fit. Apabila bertujuan untuk pemasteran maka kerobong burung ciblek yang mabung tersebut, dan jangan menggantung sangkar secara berdekatan.

7. Jika burung ciblek mempunyai kualitas kicau yang berbeda

Terlebih dahulu jangan memelihara burung ciblek yang telah memiliki suara merdu untuk di dekatkan dengan jenis burung ciblek peliharaan lainnya. Hal ini dapat merendahkan mental burung ciblek yang lebih muda atau yang masih dalam tahap pembelajaran. Apabila memelihara burung ciblek lebih dari satu dengan kualitas suara yang berbeda, anda dapat menempatkan sangkarnya di tempat yang tidak terlalu berdekatan.

8. Secara rutin jemur di sinar matahari

Ketika pagi hari, buka kerodong sangkara burung ciblek dan embun-embunkan serta gantung di luar rumah. Perlakukan ini dapat anda terapkan pada semua jenis burung ciblek. Burung tersebut menyukai suasana di pagi hari, namun ingat jangan meletakkannya terlalu berdekatan.

Baca Juga :   6 Tips Sukses Cara Bertani dan Bercocok Tanam "Pasti Berhasil"

9. Berikan pakan sesuai degan kebutuhan atau seusai dengan umur

Berikan makanan extra fooding jangkrik kecil 2-3 ekor ditambah dengan kroto ¼ ½ sendok teh serta ulat hongkong 2-4 ekor. Pemberian makanan ini disesuaikan dengan umur dan kebutuhan dari masing-masing burung ciblek.

10. Lakukan perawatan dengan bersamaan di tempat yang berjauhan

Selanjutnya lakukan perawatan dengan memandikan burung ciblek dengan cara disemprot halus agar burung ciblek tidak kaget. Setelah mandi lakukan penjemuran yang dapat dilakukan setelah jam 07.00 – 09.00 pagi. Setelah di jemur gantung sangakar di tempat yang teduh. Setelah cukup kerobong sangkar untuk mengurangi hawa panas pada siang hari.

Itulah uraian mengenai Tips Memelihara Ciblek Lebih Dari Satu. Bagi anda yang gemar memelihara burung dapat dipraktikkan untuk mendapatkan hasilnya. Semoga uraian tersebut dapat memberikan manfaat.

Baca juga: