11 Tips Aman Membawa Anjing Bepergian

Posted on

11 Tips Aman Membawa Anjing Bepergian

11 Tips Aman Membawa Anjing Bepergian – ada beberapa hewan yang suka dengan perjalanan dalam mobil dan ada juga yang tisak suka. Jika anda punya anjing yang suka dengan perjalanan, maka tidak ada masalah. Namun bila anjing milik anda tak pernah di ajak jalan jalan, kita tidak akan tahu apakah suka diajak perjalanan jauh atau tidak. Nah, jika kita ingin mengajak anijng perjalanan jauh, simak ke 11 Tips Aman Membawa Anjing Bepergian dibawah ini.

1. Cari Cara Mengendalikan Anjing Ketika Di Dalam Mobil.

Sangat tidak aman membiarkan anjing peliharaan anda menjelajahi mobil dengan tidak ada yang mengendalikan. Jadi, anda bisa mengurung anjing tersebut bila hendak membawanya naik mobil dalam perjalanan yang jauh. Hal ini sangat efektif guna mengamankan sementara saat mengemudi.
Sehingga kita bisa focus berkendara dan perjalanan lebih lancar. Hal ini juga bisa mengurangi resiko terjadinya kecelakaan. Anjing dalam kandang juga lebih aman apalagi saat mobil berhenti mendadak.

Baca Juga :   7 Cara Bercocok Tanam - Jenis dan Manfaat Bagi Kehidupan Sehari-Hari

2. Perkenalkan Dulu Pada Anjing, Kandang Yang Akan Di Gunakan Dalam Perjalanan.

Sebelum kandang di masukkan pada mobil, sebaiknya ijinkan anjing mengendus kandang tersebut. Lalu masukkan kedalam mobil dan saatnya anjing masuk kandang. Kemudian, biarkan anjing didalamnya selama beberapa menit.

3. Lakukan Pemanasan Sebelum Mengajak Anjing Masuk Mobil

Buatlah anjing terasa lelah sebelum di masukkan ke mobil dengan cara menyuruhnya melakukan pemanasan. Karena jika anjing tidak nyaman di dalam mobil, pada umumnya ketika energinya penuh dapat membuatnya lebih buruk lagi.

4. Jangan memberi makan jika sebelum di masukkan mobil.

Pemberian makan dan jarak akan pergi dengan mobil sebaiknya berdurasi sekitar beberapa jam lalu. Supaya anjing tidak merasa kekenyangan dan muntah saat di perjalanan.

5. Bawalah Bekal Yang Dibutuhkan Anjing

Anda harus membuat kandang anjing yang nyaman dengan menaruh kasur, selimut pada lantai mobil untuk pelapis. Sediakan juga minuman, makanan, tali hewan, dan kalung untuk hewan, maupun mainan anjing untuk dikunyah-kunyah misalnya tulang-tulangan maupun lainnya yang disukainya. Diperlukan juga membawa kantong plastik sebagai pembuangan.

6. Taruh Beberapa Chew Toy Disamping Anjing Supaya Dirinya Tetap Sibuk.

Anda bisa menaruh permainan khusus anjing di sebelah anjing, supaya jika dirinya jenuh bisa bermain. Sebaliknya, jika diberi makanan akan membuatnya mual dan dimuntahkannya lagi saat mabuk.

7. Jika Anjing Mabuk, Langsung Periksakan Pada Dokter Hewan

Anda tidak boleh memberikan anjing dengan obat muntah yang biasa. Jadi, periksakan dulu pada dokter hewan, lalu beri obat sesuai anjurannya. Biasanya dokter hewan memberi saran obat lain dalam mengatasi permasalahan anjing yang mabuk.

8. Sebelum Perjalanan Jauh, Anjing Hiperaktif Harus Bisa Di Atasi

Jika anjing peliharaan punya persoalan hiperaktif, maka sangat perlu menghubungi dokter hewan dulu sebelum perjalanan. Jadi, siapkan obat penenang yang aman bagi anjing dari dokter hewan tersebut. Ikuti petunjuk pemberian obat jangan sampai memberinya dengan sembarangan.

Baca Juga :   Manfaat Hidroponik Bagi Kehidupan Manusia

9. Buatlah Anjing Terbiasa Dalam Mobil Untuk Melakukan Perjalanan

Anda bisa membiarkan anjing masuk mobil saat mobil mati. Biarkan dirinya menjelajah mobil dulu supaya terbiasa dengan kondisi dalam mobil. Lalu anda bisa mencoba perjalanan singkat dulu hingga anjing peliharaan terbiasa naik mobil.

10. Lakukan Perjalanan Pertama Menyenangkan Untuk Anjing Peliharaan

Hindari melakukan perjalanan jauh secara lagsung tanpa latihan untuk anjing. Sebagai latihan, kita bisa mengajaknya jalan jalan dulu ke lokasi yang dikenali aning. Misalnya saja jalan jalan ke taman belakang, atau kelapangan. Sehingga anjing menganggap jika perjalanan dengan mobil menyenangkan baginya.

11. Pastikan Agar Penanda Anjing Terpasang Di Mana Pun Dalam Perjalanan Jauh Anda.

Setenang apapun anjing di dalam mobil, masih ada kemungkinan jika anjing anda akan keluar dan melarikan diri. Untuk itu, perlu memasangkan penanda di manapun anjing berada. Jadi, jika lepas, kita dapat mengenalinya.

Tips Lain Mengajak Anjing Dalam Perjalanan Jauh

  1. Biarkan anjing berlarian di area sekitar mobil sampai merasa lelah. Berilah makanan serta minuman saat istrirahat secukupnya saja. Perlu istrirahat dan berhenti minimal 4 jam perjalanan. Baik berhenti di lapangan, ataupun dilokasi manapun.
  2. Istrirahat dibutuhkan anjing untuk membuang kotoran, minum dan lainnya. Mengajak jalan jalan juga perlu dilakukan guna mengendurkan kaki supaya tidak kaku berada di mobil yang lama. Hal ini juga bisa menghilangkan stres karena kelamaan didalam mobil.
  3. Langsung bawa anjing jalan jalan jika sudah tiba dilokasi tujuan. Yakinkan pada anjing jika sudah berhasil melewati perjalanan tersebut dan berilah juga makanan.
  4. Bila anjing punya benda kesukaan misalnya selimut kesayangannya, jangan lupa membawanya dalam perjalanan yang dilakukan. Tujuannya ialah agar anjing peliharaan merasa nyaman.
  5. Upayakan mengajak anjing peliharaan berkendara (tanpa membawa mainan) pertama kali dengan kodnsi “perut kosong” (tidak memberi makan sekitar 2-4 jam sebelum melakukan berkendara. Tidak mabuk dalam perjalanan selama beberapa kali membuatnya terbiasa didalam mobil tanpa mabuk.
  6. Jika anda mau melakukan perjalanan melebihi 24 jam, lebih dulu cari hotel ramah dengan binatang piaraan untuk tempat istirahat dengan anjing.
  7. Jangan lupa membawa kantong makanan anjing peliharaan ketika perjalanan agar Anda bisa mencukupi kebutuhan anjing dalam hal makanan.
  8. Perlakukan anjing dengan sabar, penuh kasih supaya nyaman dimanapun berada. Karena melakukan perjalanan membuat anjing merasa tegang.
  9. Hindari kepala anjing menjulur keluar jendela karena bisa sja ada puing kecil yang masuk kematanya. Selain itu, jika terjadi kecelakaan maupun berhenti mendadak akan membuat anjing terlempar jauh keluar.
Baca Juga :   5 Manfaat Hewan Ternak Bagi Kehidupan Manusia

Itulah ke 11 Tips Aman Membawa Anjing Bepergian yang perlu diperhatikan untuk kita yang memiliki anjing kesayangan. Tujuannya supaya perjalanan dapat dilakukan dengan lancar. Selamat mencoba.

Baca juga:

5 Cara Menanam Mangga Apel dalam Pot

5 Cara Menanam Cheri dari Biji Paling Mudah