12 Manfaat Ulat Jerman untuk Burung Cendet

Posted on
12 Manfaat Ulat Jerman untuk Burung Cendet
5 (100%) 1 vote[s]

12 Manfaat Ulat Jerman untuk Burung Cendet

12 Manfaat Ulat Jerman untuk Burung Cendet – sebagian masyarakat Indonesia yang tidak gemar dengan kicauan burung cendet pastinya kurang faham mengenai pakan extra food ulat jerman ini. Namun, bagi penggemar kicauan burung cendet pasti mengenal larva yang populer dengan istilah superworm. Larva ini dikenal sebagai salah satu pakan burung cendet yang kaya akan manfaat bagi burung cendet kicauan, khususnya burung cendet dengan jenis jantan. Pakan extra food ulat yang mempunyai nama ilmiah Zophobas Morio ini bahkan dapat dijadikan sebagai pakan utama untuk segala jenis hewan pemakan larva atau serangga.

12 Manfaat Ulat Jerman untuk Burung Cendet

Selain memiliki ukuran yang lebih besar ternyata kandungan gizi yang terdapat pada pakan extra food ulat jerman juga sangat tinggi. Berikut adalah rincian kandungan gizi pada pakan extra food ulat jerman :

  • Jumlah Protein pada Pakan extra food ulat Jerman : 19,06 %
  • Jumlah Lemak pada Pakan extra food ulat Jerman : 14,19 %
  • Jumlah Kalsium pada Pakan extra food ulat Jerman : 173 ppm
  • Jumlah Serat Kasar pada Pakan extra food ulat Jerman : 2, 60 %
Baca Juga :   5 Cara Mudah Merawat Burung Murai Dengan Mudah Untuk Pemula

Berdasarkan kandungan gizi tinggi yang terkandung dalam ulat jerman dapat diketahui bahwa ulat jerman juga akan memberikan banyak manfaat bagi burung cendet. Berikut 12 Manfaat Ulat Jerman Untuk Burung Cendet yang akan dijelaskan dalam uraian di bawah ini :

1. Menjaga Stamina

Kandungan nutrisi dan gizi tinggi yang ada pada pakan extra food ulat jerman sangat bermanfaat untuk menjaga stamina dan kualitas suara burung cendet. Selain itu, pakan extra food ulat jerman memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan pakan extra food ulat hongkong.

2. Tepat untuk Kondisi Lambung Burung cendet

Cendet merupakan jenis burung cendet kicauan yang memiliki lambung atau pencernaan sangat sentisif terhadap pakan yang diberikan. Oleh karena itu pemberian pakan extra food ulat jerman merupakan pilihan yang lebih tepat sebagai pakan burung cendet.

3. Sesuai dengan Pakan di Habitat Asli

Pada habitat aslinya, ternyata burung cendet sangat menyukai segala jenis serangga atau larva untuk dijadikan makanan. Oleh karena itu, pemilihan pakan yang sesuai adalah salah satu hal yang penting. Pakan extra food ulat jerman merupakan hal yang tepat sebagai pakan burung cendet. Sebab, pakan ekstra food ulat jerman memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi.

4. Tidak Memiliki Efek pada Bulu

Pakan extra food ulat jerman tidak memiliki efek yang bersifat panas saat dikonsumsi oleh burung cendet. Sehingga tidak akan menyebabkan efek mabung pada burung cendet atau bisa dikatakan tidak akan membuat bulu burung cendet rontok.

5. Membuat Rajin Berkicau

Burung cendet akan lebih semangat untuk berkicau atau gacor, apabila mengkonsumsi pakan dari pakan extra food ulat jerman. Sebab, memiliki tubuh yang kuat sehingga burung cendet semangat untuk mengeluarkan dan menunjukkan kicauan terbaiknya sepanjang hari.

Baca Juga :   20 Cara Mudah Ternak Kroto dengan Media Besek, Paralon, Toples Paling Murah

6. Tinggi Kalsium

Selain kandungan Nutrisi dan Gizi yang tinggi pada pakan ekstra ulat jerman juga memiliki kandungan protein dan manfaat kalsium yang tinggi. Kandunga protein dan kalsium tersebut mampu menjaga stamina burung cendet dan membuat pertumbuhannya normal serta tidak mudah sakit.

7. Mencegah Penyakit

Burung cendet akan mempunyai daya tahan yang tinggi dari serangan virus, bakteri bahkan parasit jika mengkonsumsi pakan extra food ulat jerman. Burung cendet yang rutin diberikan ulat jerman dapat menghindarkannya dari segala jenis penyakit sehingga selalu dalam kondisi yang sehat dan tidak mudah lemas atau lesu.

8. Ramah untuk Tenggorokan Burung Cendet

Pada pakan extra food ulat jerman tidak terdapat kandungan khitin dan exoskeleton dari tingkat kekerasan kulit. Pada pakan extra food ulat jerman memiliki kulit yang lebih tipis, sehingga sangat aman jika dijadikan pakan burung cendet dan tidak menyebabkan alergi atau sakit tenggorokan.

9. Meningkatkan Kekuatan Sebelum Perlombaan

Kandungan gizi pada pakan extra food ulat jerman juga sangat bermanfaat bagi stamina burung cendet sebelum mengikuti dan setelah perlombaan. Stamina burung cendet yang normal tentu saja akan mempengaruhi dan menentukan kualitas dari suara ocehan burung cendet.
Menjelang perlombaan, biasanya burung cendet akan diberi pakan extra food ulat jerman dalam takaran tertentu pada pagi dan sore hari.

10. Memberikan Rasa Kenyang Lebih Lama

Pakan extra food ulat Jerman memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dikarenakan memiliki ukuran yang juga lebih besar dibandingkan dengan Pakan extra food ulat Hongkong sehingga lebih cepat kenyang.

11. Menyembuhkan Penyakit

Pada Pakan extra food ulat Jerman memiliki daya tahan terhadap penyakit yang lebih kuat, sehingga memberikan daya tahan lebih prima pada burung cendet. Sedangkan, Pakan extra food ulat Hongkong lebih lemah sehingga burung cendet yang sedang sakit akan lebih mudah sembuh dan tidak akan terkena penyakit dalam jangka waktu lama atau berkepanjangan.

Baca Juga :   10 Cara Merawat Kucing Sakit Mata Termudah Tanpa Ke Dokter

12. Tidak akan Membuat Overdosis

Selain tidak akan membuat bulu burung cendet rontok, efek samping lainnya yaitu tidak akan membuat burung cendet menjadi panas atau over birahi. Hal ini dikarenakan Pakan extra food ulat Jerman memiliki kandungan khitin (exoskeleton) yang lebih sedikit dibandingkan Pakan extra food ulat Hongkong sehingga lebih aman bagi burung cendet.

Itulah penjelasan mengenai 12 Manfaat Ulat Jerman Untuk Burung Cendet, semoga bermanfaat dan menambah wawasan dalam melakukan perawatan burung cendet. Terima Kasih.

Baca juga: