13 Cara Mengatasi Mental Burung Kenari Paling Ampuh

Posted on

13 Cara Mengatasi Mental Burung Kenari Paling Ampuh

Cara Mengatasi Mental Burung Kenari – Dalam merawat burung kenari penangkar tidak hanya membuat burung memiliki suara yang lantang dan merdu tetapi juga perlu melatih mental burung kenari agar memiliki jiwa pemberani dan menjadi burung petarung yang kuat.
Pada kesempatan kali ini, kami akan membagi informasi tentang bagaimana Cara Mengatasi Mental Burung Kenari. Simak penjelasannya berikut ini :

13 Cara Mengatasi Mental Burung Kenari Paling Ampuh

1. Ciri Kenari dengan Masalah Mental

Anda wajib memahami bagaimana karakter burung kenari peliharaan Anda. Perlu Anda ketahui, bahwa Burung kenari memiliki kekuatan mental yang berbeda. Hal itu tergantung dari kenyamanannya dalam keseharian, perawatan, dan pengalaman. Burung kenari yang mempunyai masalah mental bisa dilihat dari kebiasaannya sebagai berikut :

– Ketika digantung sendirian di rumah, dia mampu berkicau kencang. Tetapi saat bersama dengan burung kenari lain, dia hanya berkicau sepatah atau dua patah tidak sebagus ketika sendirian, bahkan cenderung diam.
– Burung berkicau lantang ketika tak ada orang atau hewan lain di dekatnya, namun ketika ada yang mendekat ia langsung berhenti berkicau.

Baca Juga :   15 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Paling Efektif

2. Sering Letakkan Kenari di Tempat Berbeda

Apabila ciri yang disebutkan tadi ada pada burung kenari peliharaan Anda, bisa dipastikan dia memiliki masalah pada mentalnya. Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah seringlah menggantungkannya di tempat yang berbeda, supaya dia terbiasa dengan suasana baru dan tidak takut dengan kondisi lingkungan yang berbeda beda.

3. Jangan Biarkan Terlalu Dekat dengan Kenari Lain

Apabila Anda memelihara burung kenari lebih dari 1, jangan dekatkan burung kenari muda dengan yang lebih tua terlalu dekat. Atau jangan dekatkan burung kenari yang sudah bermental baik dengan burung kenari yang masih bermasalah mentalnya. Karena hal itu bisa membuat yang lebih lemah akan merasa minder dan dapat membuatnya mental semakin menurun.

4. Sering Bawa Kenari ke Arena Lomba

Ada baiknya Anda rajin mengenalkan burung kenari dengan keramaian, sering ajak burung kenari ke arena perlombaan dan biarkan ia mengamati dari jarak jauh, tujuannya agar ia terbiasa mendengar suara burung kenari lain yang lebih gacor dan bisa dilakukan sebagai pemasteran ketika di rumah.

5. Gantungkan di Tempat Rendah

Saat Anda sudah terbiasa mengenalkan burung kenari dengan arena lomba. Mulai latih burung kenari anda dengan menggantungkannya dengan posisi seperti di kontes, yaitu digantungkan sekitar setinggi orang dewasa berdiri tegak. Usahakan area penjemuran sering menjadi area lalu lalang agar mudah diawasi dan bebas dari incaran hewan lain, seperti kucing atau anjing.

6. Lakukan Latihan

Setiap pagi hari, Anda bisa dekatkan sangkar burung kenari lain, dimana usianya yang hampir sama dengan jarak minimal 100 meter. Biarkan selama 30 menit, supaya mereka bisa saling mendengar kicauan, lalu burung kenari bisa diangin-anginkan sekitar selama 15 menit dan diulangi lagi kegiatan itu pada sore harinya.

Baca Juga :   10 Cara Merawat Kucing Sakit Mata Termudah Tanpa Ke Dokter

7. Berikan Pakan Berkualitas

Berikan burung kenari pakan yang terbuat dari biji bijian kualitas super untuk meningkatkan performanya, tambahkan juga sayuran, buah buahan kering vitamin,, dan bahan lain yang mamu memenuhi nutrisinya.

8. Satukan dengan Kenari Lain

Latih mental burung kenari Anda secara berkala, agar mentalnya menjadi lebih kuat lagi. Caranya yaitu dengan menyatukan burung kenari bermental baik dan burung kenari yang sedang dalam masa latihan untuk berada dalam satu kandang. Ketika keduanya saling serang, biarkan sampai salah satu kalah, lalu pisahkan dan pindahkan agar mereka tida saling melihat. Pisahkan burung kenari Anda di sangkar masing-masing sejauh 2 meter agar mereka saling menyahut dan berkicau kencang.

9. Ulangi Latihan Secara Berkala

Selanjutnya, secara rutin setidaknya seminggu sebanyak 2-3 kali. Dimana Anda harus melakukan penyatuan 2 burung kenari dengan umur yang hampir sama hingga keduanya sama-sama bisa berkicau dengan kencang dan lantang serta memiliki kekuatan mental yang sama. Pada umumnya burung kenari akan terbiasa meniru dan memiliki naluri alami untuk bersaing.

10. Jemur dan Lakukan Aktifitas Bersamaan

Ketika burung kenari sudah biasa ditandingkan, usahakan agar mereka terbiasa didekatkan, mslanya dimandikan dan dijemur bersamaan sehingga bisa sering melihat dan sering adu kemampuan, burung kenari yang mengalami masalah mental lama kelamaan akan merasa memiliki kemampuan karena terbiasa bersaing.

11. Lakukan Pemasteran

Selain itu, tentu saja Anda jangan sampai lupa untuk terus melatih suara burung kenari lebih kencang dengan cara memperdengarkannya rekaman suara burung kenari yang lebih gacor. Hal itu dilakukan, agar burung kenari bisa terus-menerus meniru, lakukan evaluasi terhadap burung kenari Anda, apakah sudah memiliki keberanian untuk berkicau di keramaian dan tidak mengalami stres ketika diajak bepergian.

Baca Juga :   7 Cara "Paling Mudah" Panen Kroto Agar Tidak Digigit

12. Dekatkan dengan Kenari Superior di Arena Lomba

Agar bisa lebih memperkuat mentalnya, Anda harus tetap mengajak burung kenari ke arena lomba dengan jarak yang lebih dekat dengan burung kenari lain. Dekatkan burung kenari Anda dengan burung kenari yang bersuara lebih kencang dan biarkan dia menyahut untuk melatih rasa percaya diri sekaligus menjadi ajang untuk latihan.

13. Adu Nyali dengan Kenari Lain

Apabila burung kenari Anda sudah bermental baik dengan sudah berani berkicau baik sendirian atau dalam keramaian. Mulai biasakan burung kenari Anda dengan persaingan, dekatkan ia dengan burung kenari lain yang memiliki suara lebih lantang dan kencang. Sehingga bisa terus dilatih dan nantinya bisa mengikuti kontes dengan percaya diri yang maksimal.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Cara Mengatasi Mental Burung Kenari, semoga menjadi wawasan yang bermanfaat bagi Anda dan bisa mempraktikkan secara langsung pada burung kenari peliharaan Anda memiliki kualitas terbaik serta unggul dalam kontes. Terima kasih.

Baca juga:

Kendala Dalam Beternak Lovebird yang Perlu Diketahui

Cara Mengatasi Cegukan Pada Anjing Kesayangan Termudah