17 Cara Menjinakkan Musang Pandan Bagi Pemula

Posted on

17 Cara Menjinakkan Musang Pandan Bagi Pemula

17 Cara Menjinakkan Musang Pandan Bagi Pemula – Musang adalah jenis hewan omnivora yang saat ini telah banyak diminati sebagai hewan peliharaan. Jenis musang yang paling terkenal diantara jenis-jenis musang lainnya yaitu musang pandan. Musang jenis ini memiliki aroma yang meyerupai daun pandan dari tubuhnya, sehingga tidak heran apabila hewan ini dinamai sebagai musang pandan. Pada umumnya musang pandan memiliki berbagai macam nama panggilan, mulai dari musang pulut, common palm civet, toddy cat, house musang, musang luwak, dan luwak.

17 Cara Menjinakkan Musang Pandan Bagi Pemula

Dulunya musang atau luwak ini sangat dibenci oleh banyak orang karena sering menjadi hama yang meresahkan. Karena musang pandan sering mengintai ayam-ayam piaraan masyarakat sebagai makanannya. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu saat ini banyak masyarakat yang tertatik dengan musang pandan bahkan berniat untuk memeliharanya. Pada umumnya musang pandan dewasa mempunyai ukuran tubuh dengan panjang mencapai hampir satu meter apabila telah diukur beserta ekornya yang cukup panjang. Ukuran tubuh yang cukup besar tersebut memiliki berat sekitar 2 – 5 kg.

Baca Juga :   15 Cara Memelihara Musang Pandan Untuk Pemula

Seperti halnya mamalia kebanyakan, karakteristik dari musang ini mempunyai tubuh yang diselimuti oleh rambut. Bulu atau rambut yang meyelimuti tubuh musang tersebut umumnya memiliki warna abu-abu kehitaman atau coklat kehitaman. Terkadang terdapat juga motif pada tubuhnya yang berbentuk garis-garis ataupun bintik-bintik. Selain itu, bulu yang ada pada kepala musang ini juga bercorak putih pada bagian wajahnya. Musang pandan termasuk kedalam jenis hewan nocturnal atau sering menghabiskan waktunya pada malam hari. Tidak hanya itu, hewan ini juga memiliki sifat arboreal atau berhabitat di atas pohon. Bagi anda yang tertarik untuk memelihara hewan ini berikut 17 Cara Menjinakkan Musang Pandan Bagi Pemula.

1. Persiapan alat

Dikarenakan habitat asli mereka alam liar, maka perlu waktu dan kesabaran dalam menjinakkannya. Selain itu, taring yang dimiliki oleh musang juga sangat panjang, maka dari itu anda perlu menyiapkan beberapa alat yang akan diperlukan dalam berinteraksi dengan hewan ini. Beberapa peralatan tersebut, yaitu jaket tebal, handuk kecil dan sarung tangan atau glove apabila musang anda masih galak.

2. Persiapan kandang

Anda juga perlu menyiapkan kandang yang kuat dan juga kokoh untuk memelohara musang jenis ini. Pastikan kandang tersebut nyaman dan aman, anda dapat membuatnya sendiri atau membelinya.

3. Perhatikan bahan dasar untuk pembuatan kandang

Perhatikan bahan pembuatan kandang, jangan memakai bahan kayu karena musang dapat merusak atau menggitnya. Lebih baik anda menggunakan kandang dari bahan dasar besi ataupun kawat agar tidak mudah rusak.

4. Ukuran kandang musang pandan

Perhatikan juga ukuran kandang dari musang pandan ini. Jangan terlalu sempit ataupun terlau luas perkirakan ukuran yang pas. Hal ini bertujuan agar musangmasih dapat bermain-main di dalam kandang.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Budidaya Buah Naga Berbuah Cepat dan Lebat

5. Lokasi kandang

Pilih atau letakkan kandang di tempat yang lumayan tenang dan tempatkan pada suhu yang tidak terlalu panas. Karena musang pandan merupakan hewan nocturnal yang akan beristirahat pada siang hari.

6. Peralatan di dalam kandang

Sediakan peralatan di dalam kandang seperti aksesoris untuk bermain musang pandan. Sediakan juga tempat minum atau tempat makan untuk meletakkan makan hewan tersebut. Jangan lupa memberikan alas seperti kain bekas pada kandang tersebut.

7. Perbanyak interaksi

Apabila musang pandan yang anda pelihara masih sangat liar dan galak sebaiknya lebih seringlah dalam melakukan interaksi. Setidaknya jenguk ia setiap hari agar lama kelamaan dapat mengenali aroma anda.

8. Beri nama

Pemberian nama pada hewan piaraan bukan hal yang asing untuk dilakukan, maka tidak ada salahnya apabila anda memberinya nama untuk memudahkan interaksi dengan musang piaraan anda.

9. Memandikan musang pandan

Memandikan musang perlu untuk dilakukan, namun jangan terlalu sering karena dapat menyebabkan kulit terkelupas. Sehingga cukup memandikan musang dua minggu sekali atau seminggu sekali dan jangan lupa untuk selalu berinteraksi dengannya.

10. Letakkan baju bekas

Apabila anda memiliki baju bekas yang tidak terpakai dan masih mempunyai aroma tubuh anda, maka masukkan baju tersebut ke dalam kandang. Hal ini bertujuan agar musang pandan dapat segera mengenali aroma tubuh pemiliknya.

11. Rutin memberikan makanan

17 Cara Menjinakkan Musang Pandan Bagi Pemula yang selanjutnya yaitu jangan sampai telah dalam memberikan makanan pada musang piaraan anda. Berilah makan setidaknya sebanyak 2 hingga 4 kali setiap harinya. Anda dapat memberikan sesuai dengan kebutuhan dan faktor umur dikarenakan kebutuhan makan dan gizi setiap musang berbeda-beda.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Budidaya Ayam Kate Yang Baik Dan Benar

12. Mencoba untuk menggendongnya

Cobalah untuk menggendongya dengan memakai peralatan yang telah kita singgung diatas. Hal ini merupakan upaya bagus untuk melakukan penjinakkan.

13. Rutin membersihkan kandang

Agar musang pandan milik anda tidak mudah terserang penyakit, maka sebaiknya anda rutinn dalam membersihkan kandang. Bersihkan kandang sesering mungkin jika terlihat kotor.

14. Pemberian makan dengan menggunakan tangan

Sempatkan anda memberinya makanan langsung dari tangan anda. Mungkin beberapa saat mereka tidak langsung memakannya, namun lama kelamaan akan mereka makan.

15. Potong kuku

Anda juga perlu melakukan perawatan pada kukunya. Potong kuku musang apabila telah terlihat panjang. Anda dapat meminta bantuan orang lain.

16. Diajak bercengkrama

Sering-seringlah mengajaknya bercengkrama dan memanggil namanya. Meskipun awalnya terkesan aneh, namun jika sering dilakukan maka anda akan mulai terbiasa.

17. Perhatikan kapasitas makanan

Memberikan makanan pada musang pandan memang tidak boleh telat dan harus tepat waktu. Namun, anda harus memperhatikan takaran pemberian makan tersebut. Jangan terlalu berlebihan atau kurang. Hal ini dapat menyebabkan kelebihan berat badan yang dapat menyebabkan musang mudah terkena penyakit.

Demikian pembahasan mengenai 17 Cara Menjinakkan Musang Pandan Bagi Pemula. Bagi anda yang berminat untuk memelihara musang pandan, maka tidak ada salahnya untuk dilakukan. Semoga dapat bermanfaat.

Baca juga: