5 Cara Menanam Orkid Pinang Paling Mudah

Posted on

5 Cara Menanam Orkid Pinang Paling Mudah

5 Cara Menanam Orkid Pinang Paling Mudah – apakah anda sudah pernah tahu apa itu tanaman orkid? Jika belum, anda bisa simak penjelasan berikut ini. Orkid Pinang termasuk tanaman bunga yang punya daya tarik tertentu sehingga banyak yang suka dengan tanaman satu ini. Warna bunga orkid sendiri sangat bervariasi yakni kuning, merah jambu, dengan putih.

Sebenarnya cara menanam orkid pinang sangat mudah serta memerlukan waktu singkat. Itu karena penanaman orkid pinang dapat dilakukan memanfaatkan peralatan sederhana. Nah, berikut ini 5 Cara Menanam Orkid Pinang Paling Mudah.

1. Menyiapkan Wadah Tanam

Langkah pertama ialah menyiapkan tempat untuk menanam orkid pinang. Salah satu jenis wadah yang bisa di pilih adalah pot. Bisa menggunakan pot besar atau kecil. Semua itu tergantung dari sebesar tanaman tumbuh. Semakin besar tempat tanamannya, maka kemungkinan orkid pinang dapat tumbuh besar lebih besar.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan besar kecilnya pot yang akan digunakan ialah adanya lubang dibawah pot. Karena lubang dibawah pot sangat penting supaya air pada pot bisa mengalir. Karena jika airnya menggenang akan membuat akar membusuk bahkan bisa mati.

Kemudian lihat dulu apakah pot yang akan dipakai pot bekas atau baru. Hal ini penting sekali sebab pot bekas umumnya ditumbuhi lumut ataupun sejenisnya sehingga bila dipaksakan, dapat mengganggu tumbuhan orkid. Sebab nutrisi yang menjadi makanan orkid telah diserap lumut sehingga orkid milik anda kekurangan nutrisi serta tak dapat tumbuh dengan maksimal. Oleh karena itu, bila anda memakai pot bekas jangan lupa membersihkannya lebih dulu supaya terbebas dari lumut.

Baca Juga :   Cara Menanam Bunga Mawar Yang Sudah Dipetik Termudah

2. Menyiapkan Media Tanam

Pada penanaman orkid pinang, kita bisa menggunakan 2 media tanam. Yang pertama dengan tanah dan yang kedua dengan arang. Bila mau menggunakan tanah, maka pastikan dulu tanahnya belum pernah dicampur dengan bahan kimia. Sebab tanah yang tercampur bahan kimia membuatnya kehilangan unsur hara. Jenis tanah yang tak ada unsure haranya akan menghambat pertumbuhan tanaman orkid pinang maupun tumbuhan lain yang ditanam.

Sementara itu, anda pun bisa memakai arang untuk media tanamnya. Tapi jenis arang yang dapat dipakai harus terbuat dari batok kelapa. Sebab arang dari bahan ini tak dapat mengikat air.
Sebelum anda memakai arang untuk media tanamnya, usahakan agar arang direndam terlebih dulu kedalam air. Supaya arang menyerap banyak air didalamnya. Sehingga arang yang punya cukup air dapat menjadi cadangan air untuk tanaman orkid selanjutnya.

3. Persiapan Bibit

Sesudah wadah untuk media tanamnya sudah siap, maka yang perlu disiapkan ialah bibit. Meskipun sebenarnya bibit tanaman memerlukan paparan sinar matahari yang cukup, namun ada baiknya tanaman ini di taruh di lokasi yang teduh. Hal ini juga berguna untuk melindungi tanaman terhadap lingkungan yang mengganggu pertumbuhan tanaman orkid.

4. Proses Penanaman

Cara menanam tanaman orkid pinang ini juga harus memperhatikan ketinggian media tanamnya. Itulah sebabnya kenapa tanaman orkid pinang ini sering ditanam di pot gantung yang tak bersentuhan secara langsung dengan tanah.

Nah, penanaman orkid juga harus memperhatikan waktu menanamnya. Anda harus menanam ketika matahari tak bersinar terik. Anda bisa menanam pagi maupun sore. Hal ini harus dilakukan sebab kelembapan tanah dapat mempengaruh tanaman orkid yang baru saja anda tanam. Bila tanaman ditanam ketika tanah kurang lembab, maka kemungkinan orkid akan mengalami keterlambatan proses tumbuh kembangnya.

Baca Juga :   9 Cara Menanam Bunga Lavender di Pot "Paling Mudah"

5. Perawatan Tanaman

Hal penting lainnya ialah merawat bunga orchid dengan baik. Perhatikan kapan penyiraman yang baik bagi tanaman. Anda harus melakukan penyiraman ketika hari teduh baik sore atau pagi. Sebab bila disiram ketika matahari bersinar terik, akan mengganggu proses fotosintesis dengan begitu perkembangannya pundapat terhambat.

Jenis-jenis orkid hias

Nama jenis orkid umumnya disebut dengan nama genusnya. Sebab sangat hibrida antarspesies serta antargenus yang sudah dibuat. Sehingga penamaan orkid mempunyai aturan khusus atau sedikit”menyimpang” terhadap aturan dalam menanam.

Dibawah ini merupakan beberapa nama dari genus orkid hias:

  1. Cattleya, memiliki bunga yang besar serta spektakuler. Akan tetapi agak sulit untuk dipelihara.
  2. Dendrobium termasuk tanaman hias terpopuler dari jenis jenis orkid lainnya.
  3. Grammatophylum memiliki anggota salah satunya Grammatophyllum scriptum atau yang dikenal sebagai orkid Papua raksasa.
  4. Oncidium, didalamnya juga ada orkid “golden shower”
  5. Phalaenopsis, populernya telah mendekati Dendrobium. Sedangkan Orkid bulan termasuk kedalam jenisnya.
  6. Spathyphyllum, yakni orkid tanah yang bisa ditanam di media tanah.
  7. Vanda, umumnya adalah bunga potong.

Pemanfaatan Tanaman Orkid Pinang

Tanaman orkid sudah banyak di manfaatkan oleh masyarakat salah satunya ialah bagian bunganya. Peran penting dari tanaman orkid ini salah satunya untuk pengobatan. Di mulai dari ramu-ramuan atau sempat dipercaya menjadi bahan baku utama dalam pembuatan ramuan cinta di masa tertentu.

Jika orkid muncul di mimpi, ini dipercaya menjadi simbol representasi sebuah kebutuhan mendalam baik itu kelembuatan, kesetiaan dan romantisme,sebuah hubungan. Akhirnya, dipermulaan abad 18, orkid mulai dikoleksi oleh banyak orang dari berbagai penjuru dunia, khususnya karena keindahan tanaman tersebut.

Vanili atau (Vanilla planifolia) adalah anggota dari suku orkid-orkidan. Jenis tumbuhan ini diambil manfaatnya pada bagian buahnya. Agar menghasilkan buah, maka vanili perlu “dikawinkan” dengan bantuan tangan manusia. Sebab serangga penyerbuknya tak mampu hidup pada luar daerah asal itu. Walaupun sekarang mulai ada pemanfaatan bantuan serangga.

Baca Juga :   5 Cara Budidaya Bunga Anyelir dan Perawatannya Lengkap

Itulah 5 cara menanam orkid pinang paling mudah yang dapat kita lakukan setiap waktu. Selamat mencoba.

Baca juga:

Cara Mengetahui Siklus Hidup Jangkrik Yang Benar

Tips Ternak Burung Jalak Suren Bagi Pemula