5 CaraPaling Efektif Membasmi Hama Ulat Kaki Seribu

Posted on

5 CaraPaling Efektif Membasmi Hama Ulat Kaki Seribu

5 Cara Paling Efektif Membasmi Hama Ulat Kaki Seribu – Kaki seribu atau juga dikenal dengan sebutan keluwing merupakan salah satu hewan kebun yang kehadirannya cukup meresahkan. Tentu saja anggapan tersebut tidaklah benar, kaki seribu tidak sama dengan kelabang, dan juga tidak memiliki racun yang berbahaya bahkan cenderung pemalu. Kalau kita sentuh sedikit saja, maka kaki seribu akan melingkarkan tubuhnya sebagai tanda perlindungan diri jika ia merasa terancam.

Meskipun hama ini tidak berbahaya, namun perlu juga adanya tindakan yang tepat untuk membasmi hama ulat kaki seribu ini supaya populasinya tidak semakin mewabah. Jika kalian berpikir dengan membunuhnya atau menyingkirkan satu – dua ekor kaki seribu sudah cukup efektif, maka kalian keliru.

Ulat kaki seribu mempunyai banyak telur dan larva yang sudah siap untuk kembali menyerbu perkebunan kalian, bahkan ada juga beberapa kasus ulat kaki seribu dewasa akan masuk ke dalam rumah. Lalu bagaimana cara membasmi hama ulat kaki seribu ini dengan benar? Nah, Berikut ini akan kami berikan solusinya.

Cara Membasmi Hama Ulat Kaki Seribu

Untuk membasmi hama ulat kaki seribu tidak diperlukan banyak teknik atau cara-cara khusus yang rumit, berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa kalian cobapraktekkan untuk melenyapkan hewan yang memiliki sebutan ulat gagak ini.

Baca Juga :   Cara Mencangkok Tanaman Hias Berkayu

1. Gunakan Furadan

Ada yang berpendapat jika penggunaan furadan tidak dianjurkan karena dapat merusak kesuburan pada tanah. Akan tetapi pendapat tersebut tidak seratus persen benar. Jika penggunaan furadan yang tepat yaitu sesuai dosis dan aturan pemberian bukan menjadi suatu permasalahan.
Taburi tempat-tempat dimana kaki seribu bersembunyi dengan sedikit furadan. Beberapa tempat yang bisa kita taburi seperti di balik batu, didedaunan kering, maupun di pot tanaman. Tunggu dalam beberapa saat maka hama ulat kaki seribu akan mati dengan sendirinya.

2. Berikan Akses Pada Sinar Matahari

Jika kalian kerap menjumpai lahan atau rumah kalian didatangi oleh hama ulat kaki seribu, maka hal tersebut berarti bahwa lingkungan tempat kaliantinggal termasuk lingkungan yang lembab. Sebaiknya kalian sering-sering membuka jendela rumah atau memberikan lubang angin yang cukup supaya sinar matahari dapat masuk ke dalam.
Demikian pula pada kebun pertanian kalian, bersihkanlah dari tanaman yang terlalu tinggi atau rimbun, supaya sinar matahari bisa menembus. Dengan mengurangi kelembapan, maka tempat kalian akan terbebas dari hama ulat kaki seribu.

3. Bersihkan Rumah dengan Karbol

Kaki seributidak terlalu menyukai bau yang menyengat. Gunakan karbol atau pembersih lantai untuk mengepel rumah kalian sehingga akan memberi bau yang tajamseperti beri bau pine di rumah, supaya hama kaki seribu ini akan enggan untuk sekedar mampir ke dalam rumah.

4. Berikan Insektisida atau Kapur Semut

Samahalnya dengan bau karbol yang menyengat, hama kaki seribu juga tidak menyukai dengan kapur semut. Garisilah akses masuk kaki seribu dengan kapur semut untuk menghalangijalan dia masuk ke dalam rumah. Atau juga kalian dapat melingkari lubang yang digunakan untuk sembunyi hama kaki seribu supaya binatang tersebut tetap berada di dalam sarangnya.

Baca Juga :   Cara Mengetahui Siklus Hidup Jangkrik Yang Benar

5. Mengusirnya Secara Langsung

Kaki seribu merupakan hewan yang berjalan lambat, karena itu kalian dengan mudah dapat membunuhnya dan juga menyingkirkannya. Cara ini cukuplah praktis dan tidak membutuhkan banyak upaya untuk dilakukan, akan tetapi kelemahannya tentu saja akan membutuhkan waktu yang lama disamping bau dari kaki seribu yang tidak enak jika kalian dibunuh.Lagi pula cara tersebut tentu tidak akan efektif mengingat di luar sana masih ada banyak telur atau pun larva yang siap untuk berkembang biak lagi.

Dampak Negatif Kehadiran Kaki Seribu

Kaki seribu memang tidak menggigit atau pun menimbulkan kerusakan parah terhadap perkebunan, akan tetapi kehadirannya tentu saja akan menimbulkan dampak negatif, terlebih bila sudah beranak pinak dan mewabah di lingkungan sekitar kita. Inilah alasan mengapa kalian harus membasmi hama kaki seribu.

1. Dapat Merusak Akar

Sebenarnya kehadiran hama kaki seribu pada perkebunan tidaklah sepenuhnya merugikan, karena kaki seribu juga dapat berperan seperti cacing yang mengurai daun dan sampah di dalam tanah sehingga ikut berperan dalam kesuburan. Namun populasinya yang berlebihan dan kurangnya bahan makanan di habitatnya dapat membuat hama ini menjadi memakan akar tanaman yang masih muda. Karena itulah kaki seribu baiknya harus segera dibasmi.

2. Menggundang Hadirnya Kelabang

Dalam rantai makanan, kaki seribu kecil merupakan mangsa atau makanan dari kelabang. Karena itulah kehadiran hama kaki seribu dalam jumlah yang besar bisa mengundangkehadiran kelabang. Keadaan ini tentu saja semakin tidak baik, mengingat kelabang memiliki racun yang sangat berbahaya bagi manusia.

3. Kehadiran Kaki Seribu di Rumah Berbahaya

Kaki seribu yang memiliki ukuran kecil atau ulat gagak bisa saja masuk ke dalam telinga manusia saat tidur, selain itu juga hewan ini akan mengeluarkan semacam lendir yang dapat membuat beberapa orang menjadi alergi dan juga gatal-gatal. Dari pada menghadapi risiko yang tidak menyenangkan tersebut, pasti akan lebih baik jikakalian segeramengambil langkah memusnahkan hewan ini.

Baca Juga :   13 Penyebab Jamur Pada Kucing Anggora dan Cara Mengatasinya

4. Pembengkakan Pada Permukaan Kulit

Pada orang yang tidak tawar dengan kehadiran kaki seribu atau lendirnya, alergi yang ditimbulkan bisa lebih parah dari sekedar gatal-gatal saja. Beberapa akan mengalami pembengkakan pada area tubuh yang terkena interaksi bahkan hingga menimbulkan demam.

Itulah pembahasan tentang 5 Cara Paling Efektif Membasmi Hama Ulat Kaki Seribu. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

6 Cara Menanam Ubi Jalar Sistem Mulsa Plastik Paling Mudah

Cara Menangkap Merpati Liar Bagi Pemula