6 Cara “Sukses” Budidaya Ikan Gurame Di Akuarium Serta Cara Merawatnya

Posted on

6 Cara Budidaya Ikan Gurame Di Akuarium Serta Cara Merawatnya

6 Cara Budidaya Ikan Gurame Di Akuarium Serta Cara Merawatnya – Ikan gurame merupakan salah satu ikan air tawar yang menjadi konsumsi. Bahkan ikan gurame telah banyak dijadikan sebagai menu andalan dibeberapa restoran atau rumah makan. Meskipun ikan jenis ini harganya relative lebih mahal. Akan tetapi, permintaan dari para pembeli tidak pernah surut. Sehingga menyebabkan ikan gurame tidak pernah stag dipasaran bahkan cenderung meningkat. Sebenarnya terdapat dua jenis ikan gurame yang umumnya telah tersebar di berbagai Negara. Kedua jenis tersebut adalah ikan gurame konsumsi dan ikan gurame hias.

6 Cara "Sukses" Budidaya Ikan Gurame Di Akuarium Serta Cara Merawatnya

Ikan gurame hias lebih dikenal dengan sebutan ikan guraame padang. Hal ini diakarenakan ikan gurame hias mempunyai warna putih pada keseluruhan tubuhnya. Sehingga warna tersebut menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki ikan jenis ini. Sebagaimana ikan hias lainnya, ikan gurame hias juga dipelihara di dalam aquarium. Mengingat saat ini banyak masyarakat yang tertarik untuk memelihara atau bahkaan membudidayakan ikan tersebut. Untuk itu, berikut ini 6 Cara Budidaya Ikan Gurame Di Aquarium Serta Cara Merawatnya.

1. Persiapkan wadah atau aquarium

Tahap pertama dalam budidaya gurame hias ini tentu saja menentukan wadah atau aquarium yang cocok. Hal yang perlu anda perhatikan dalam mempersiapkan aquarium adalah:

  • Sediakan aquarium kaca dengan ukuran lebih besar dari aquarium biasanya, dengan panjang sekitar 50 cm lebar 1 meter dan kedalaman 50 cm.
  • Bersihkan aquarium dengan air bersih.
  • Selanjutnya lap denga memakai campuran alcohol 70% untuk mematikan bakteri dan membuat aquarium lebih steril.
  • Bersihkan aquarium agar terlihat lebih bening.
  • Pasang aerator dalam aquarium
  • Kemudian mulai isi perlahan air ke dalam aquarium tersebut.
  • Biarkan selama 3 hari, lalu anda dapat memasukkan beih ikan ke dalamnya.
Baca Juga :   Peluang Usaha, Cara Budidaya Ikan Tombro Yang Menjanjikan

2. Pemilihan benih ikan gurame

Sementara menunggu quarium siap untuk ditaburi benih, anda dapat memilih benih yang sesuai. Ukuran benih yang umumnya digunakan yaitu benih anakan dengan ukuran 2-3 inch atau benih ikan gurame yang telah berusia dewasa. Apabila anda memilih benih untuk budidaya sebaiknya pilihlah benih yang berukuran kecil. Benih ikan gurame hias yang baik memiliki beberapa kriteria, sebagai berikut:

  • Benih ikan haruslah sehat dan tidak terkena penyakit atau hama apapun.
  • Benih ikan gurame harus aktif bergerak dan tidak malas
  • Pipih benih ikan dengan ukuran yang seragam, tidak terlalu besar atau tidak terlalu kecil.
  • Benih ikan gurame yang baik juga harus memiliki warna yang cerah dengan permukaan kulitnya yang Nampak licin.
  • Selain itu, pilih benih yang tidak memiliki cacat.

3. Penanaman benih ikan gurame pada aquarium

Langkah berikutnya dalam 6 Cara Budidaya Ikan Gurame Di Aquarium Serta Cara Merawatnya yaitu dengan melakukan penanaman benih yang telah anda pilih dalam aquarium yang sebelumnya terlah anda sediakan.

Langkah-langkah yang perlu anda lakukan seperti di bawah ini:

  • Setelah benih telah anda pilih, pindahkan pada wadah yang berukuran besar.
  • Hal ini dilakukan untuk memudahkan ikan dalam beradaptasi dengan lingkungannya.
  • Apabila laangsung dimasukkan ke dalam aquarium dikhawatirkan akan stress dan akhirnya mengalami kematian.
  • Untuk itu, pastikan air yang ada di dalam aquarium adalah air bersih yang tidak terkontaminasi oleh apapun.
  • Selanjutnya anda dapat langsung memasukkan benih ke dalam aquarium satu persatu.
  • Perhatikann perkembangan ikan selama kurang lebih satu minggu
  • Jangan lupa untuk memberikannya pakan dan nutrisi lain sesuai yang dibutuhkan serta selalu menjaga kebersihan aquarium.
Baca Juga :   Cara Budidaya Belatung Untuk Pakan Ikan Bagi Pemula

4. Pemberian pakan

Proses pemberian pakan menjaadi salah satu hal utama yang perlu diperhatikan. Dikarenakan banyak sekali pembudidaya yang masih awam, mereka beranggapan bahwa memberikan pakan semakin banyak maka ikan akan semakin besar. Padahal tindakan tersebut tidak tepat. Pemberian pakan yang terlalu banyak malah akan membuat quarium kotor dan makanannya akan mubadzir. Maka dari itu, beberapa hal yang perlu anda perhatikan adalah:

• Takaran dan dosis pemberian pakan

Pemberian pakan terlalu berlebih selain membuat aquarium cepat kotor juga dapat membuat ikan mudah untuk terserang penyakit, seperti jamur senan dan lainnya. Sehingga disarankan pemberian pakan hanya sebesar 5% dari bobot ikan ketika pertamakali dilepaskan. Selanjunya ditingkatkan hingga batas 30%.

• Waktu pemberian pakan

Mengenai waktu pemebrian pakan juga perlu untuk diperhatikan. Pemberian pakan yang tepat minimal 3 kali sehari, yaitu ketika pagi, siang dan malam hari.

5. Penggantian air secara rutin

Faktor yang benar-benar harus diperhatikan ketika anda membudidayakan ikan gurame dalam aquarium adalah penggantian air secara rutin. Dikarenakan air dalam aquarium lebih mudah kotor disebabkan kotoran ikan yang tercampur di air. Maka dari itu, sebaiknya penggantian air dilakukan minimal seminggu sekali, namun jika memungkinkan akan lebih baik jika diganti dalam waktu 3 hari sekali.

6. Tips budidaya ikan gurame dalam aquarium

Saat ini penjual ikan gurame hias masih minim, hal ini disebabkan beberapa diantaranya kurang tertarik untuk membudidayakan atau bahkan mereka mengira pembudidayaan sulit dilakukan apabila di aquarium. Maka dari itu, berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan sebagai panduan budidaya.

  • Pastikan benih ikan gurame hias diperoleh dari benih yang berkualitas baik dan super.
  • Sesuaikan ukuran aquarium dengan jumlah ikan yang dimasukkan di dalamnya, jangan terlalu kebanyakan atau terlalu sedikit.
  • Selalu jaga kebersihan air quarium dengan menggantinya secaraa rutin.
  • Sebelum melakukan penggantian air, pindahkan terlebih dahulu ikan pada wadah lain, kemudian bersihkan aquarium dan selajutnya isikan dengan air yang baru,
  • Anda juga dapat memasng hetter pada aquarium untuk menjaga suhu air tetap hangat.
Baca Juga :   7 Cara Budidaya Ikan Koi "Mudah dan Pasti Berhasil"

Nah, itulah 6 Cara Budidaya Ikan Gurame Di Akuarium Serta Cara Merawatnya yang dapat anda jadikan sebagai panduan apabila tertarik untuk budidaya ikan gurame. apabila anda tertarik untuk mencobanya maka pilihann ini bisa dijadikan sebagai usaha yang menjanjikan. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Menanam Bunga Calandiva Dan Perawatnnya Lengkap

Cara Merawat Tanaman Kakao Agar Berbuah Lebat