8 Cara “Paling Mudah” Menanam Bunga Sedap Malam dalam Pot

Posted on

8 Cara Menanam Bunga Sedap Malam dalam Pot

8 Cara Menanam Bunga Sedap Malam dalam Pot – bunga sedap malam termasuk bunga yang berkembang biak dengan umbi. Prosesnya ialah umbi yang di tanamn akan tumbuh jadi tunas, lalu menghasilkan bunga. Tingginya bisa mencapai 45 cm memiliki daun panjang berwarna hijau. Seperti namanya, bunga ini akan tercium wangi pada malam hari.

8 Cara Menanam Bunga Sedap Malam dalam Pot

Sementara bunga dengan kandungan minyak atsiri ini juga punya sifat peka dengan cahaya. Sehingga cahaya tersebut akan menimbulkan gerakan pada tanaman. Sedangkan gerakan tumbuhnya lebih didominasi dengan rangsang gelap dengan begitu, bunga ini akan mekar di malam hari. Nah, selanjutnya kita bisa mengenal 8 Cara Menanam Bunga Sedap Malam dalam Pot berikut ini.

1. Pemilihan Bibit Bunga Sedap Malam

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah memilih bibit yang unggul. Selain itu, rawat bibit unggul tersebut agar menjadi tumbuhan yang bagus. Pembibitan tanaman yang unggul juga membutuhkan waktu lama. Tidak Cuma memangkas umbi, lalu langsung menanamnya. Untuk memperoleh bibit unggul, anda harus melakukan beberapa langkah dibawah ini:

  • Pastikan agar bibitnya dari induk tanaman tua (yang usianya sekitar 1,5 tahun) atau yang kerap berbunga.
  • Pilih bibit bunga yang masih mempunyai umbi.
  • Pilih umbi untuk bibit bunga yang tidak luka atau lecet
  • Tingginya antara 1 – 2 cm
Baca Juga :   5 Cara Menanam Orkid Pinang Paling Mudah

Bila syarat diatas sudah bisa dipenuhi, langkah selanjutnya ialah persiapkan bibit siap tanam dengan metode berikut ini.

  • Siapkan umbi bunga sedap malam
  • Lalu potong akar-akar umbi itu
  • Selanjutnya keringkan umbi antara 3 – 4 minggu
  • Setelah itu, simpan bibit 1 bulan lebih

2. Persiapan Media Tanam

Pembenihan sudah selesai kemudian baru persiapkan medianya. Media penanaman bunga sedap malam bisa dilakukan di tanah. Sehingga anda bisa menanam langsung di lahan. Bisa di tanam di pot, polybag, atau langsung di kebun. Jika anda ingin menanamnya di pot, silahkan siapkan bahan bahan berikut ini.

  • Tanah
  • Siapkan juga arang sekam secukupnya
  • Pupuk (bisa pupuk kompos ataupun pupuk kandang)
  • Media berupa polybag atau Pot (lubangi bagian bawahnya)
  • Cetok
  • Siapkan sir secukupnya untuk membasahi tanah

3. Penanaman Bunga Sedap Malam

Setelah media dan bibitnya siap, langkah berikutnya adalah penanaman. Ikuti langkah penanaman secara urut dibawah ini:

  1. Campur tanah, pupuk dan arang sekam, jadi satu perbandingannya sama yakni 1:1:1
  2. Lalu masukkan campuran tersebut ke dalam media tanah
  3. Kemudian buat lubang pada bagian tengah kedalaman 5 cm
  4. Setelah itu tanam atau masukkan bibit bunga
  5. Lalu tutup kembali oleh tanah
  6. Kemudian padatkan tanahnya
  7. Siramilah tanah secukupnya jangan terlalu banyak atau sedikit
  8. Taruh di tempat cukup sinar matahari

4. Perawatan Bunga Sedap Malam

Rawat dan pelihara tanaman yang sudah anda tanam di atas. Ingat jangan sampai tanaman layu atau bahkan mati. Untuk merawat tanaman sedap malam, anda perlu lakukan hal hal berikut ini:

5. Penyiraman

Perawatan yang pertama adalah penyiraman. Pastikan agar tanaman cukup air khususnya pada awal pertumbuhannya. Hal ini bertujuan agar pertumbuhan tunasnya lebih cepat. Disarankan agar menyiramnya dua kali sehari, yakni pagi dan sore setiap hari.
Namun, seiring bertambahnya usia tumbuhan, tentunya penyiramannya menjadi berkurang tak sebanyak pada masa awal pertumbuhan. Sehingga anda bisa menyiraminya 1 kali sehari setelah tumbuhan mulai besar.

Baca Juga :   Cara Kawin Silang Bunga Mawar Dengan Mudah

6. Pemupukan

Setelah rutin menyiram, anda juga harus memupuk tanaman sedap malam supaya bisa tumbuh dan berbunga dengan baik. Pemupukan dapat dilakukan ketika usia tumbuhan ini sudah mencapai 6 bulan. Pupuknya bisa anda pilih campuran antara pupuk buatan, misalnya pupuk TSP dan urea yang perbandingannya sama yakni 1:1.

7. Pemberantasan hama

Perawatan berikutnya ialah melindungi tanaman dari hama dan serangan penyakit. Beberapa hama yang biasa menyerang ialah belalang, daun layu, ulat tanah, dan busuk umbi. Jika anda menanamnya di lahan langsung, perlu dilakukan penggemburan tanah serta perbaikan sistem drainase guna menghindari terjadinya pembusukan umbi atau daun layu. Perlu juga dilakukan penyemprotan insektisida maupun fungisida berkala guna mencegah tanaman supaya tidak terserang hama.

8. Pemanenan Bunga Sedap Malam

Berikutnya adalah masa panen. Jika semua perawatan diatas anda lakukan dengan baik, maka hasil panennya pun akan baik. Tanaman tersebut akan menghasilkan bunga lebih lebat, dengan batang sangat kokoh, serta wangi yang semerbak setiap malam.

Jika anda suka dengan bunga ini, maka anda pun bisa membiarkannya tetap berbunga dan tidak memanennya. Tanaman bunga tersebut mempunyai masa produktif berbunga sampai 2 tahun. Sedangkan untuk setiap tanamannya dapat menghasilkan 3 hingga 5 tangkai bunga. Untuk memanen bunga sedap malam, anda bisa mengikuti langkahnya dibawah ini:

  1. Usianya sekitar 7 hingga 8 bulan
  2. Pastikan juga tanamannya sudah berbunga, antara 1 atau 2 kuntum bunga
  3. Lalu pisahkan tangkai bunga dengan rumpun tanaman. (anda bisa menariknya atau memotongnya dengan rapi)
  4. Lalu Ikat tangkai-tangkai tersebut jadi satu dan lihat hasilnya. Bunga sedap malam sangat indah dan wangi di malam hari.

Nah, itulah ulasan tentang 8 Cara Menanam Bunga Sedap Malam dalam Pot. Sementara itu, bunga sedap malam juga punya manfaat seperti bisa mengatasi bisul & bengkak, Menyembuhkan katarak, Menyembuhkan rematik, Mengurangi radang pada tenggorokan, Menyembuhkan sakit flu, Meningkatkan stamina, Dipakai untuk campuran parfum, dijadikan untuk tanaman hias keluarga.

Baca Juga :   6 Cara "Paling Mudah" Menanam Bunga Jengger Ayam di Pekarangan

Baca juga:

Cara Beternak Blackthroat Dengan Kenari

Tips Ternak Cucak Jenggot Dengan Indukan