9 Cara Membasmi Hama Semut Pada Tanaman Cabe Dengan Cara Sederhana

Posted on

9 Cara Membasmi Hama Semut Pada Tanaman Cabe Dengan Cara Sederhana

9 Cara Membasmi Hama Semut Pada Tanaman Cabe Dengan Cara Sederhana – Semut adalah salah satu serangga yang paling mudah dijumlapi dan sering berada disekeliling manusia. Serangga yang satu ini biasanya dapat dijumpai dimana-mana, baik di pekarangan, di dalam rumah, di lahan pertanian, di kebun, sampai di dahan pohon ataupun tanaman lainnya. Secaraa umum semut mempunyai spesies sekitar kurang lebih 12.000 jenis, sebagian besarnya dominan hidup di kawasan tropical. Semut jenis apapun merupakan serangga social yang umumnya membentuk koloni dan memiliki sarang-sarang teratur yang beranggotakan ribuan semut setiap koloni.

Bahkan satu koloni dapat membentuk sekitar kurang lebih 15-20% jumlah biomasa hewan-hewan besar. Sehingga tidak heran apabila kita bisa menjumpai semut selalu berjejer dan berkerumun di suatu tempat. Seperti halnya semut yang menyukai hidup di tanaman cabe.

Habitat semut yang bertempat tinggal di tanaman cabe cukup meresahkan para pembudidaya. Oleh karena itu, mereka berusaha untuk mengatasi atau bahkan membasmi serangga yang satu ini. Cara membasmi semut pada tanaman cabe tersebut tidak terlalu sulit, bisa dengan memakai bahan kimia atau bahan alami yang sederhana. Seperti halnya penjelasan mengenai 9 Cara Membasmi Hama Semut Pada Tanaman Cabe Dengan Cara Sederhana yang perlu anda ketahui.

Baca Juga :   7 Cara Paling Mudah Merawat Tanaman Cabe Agar Cepat Berbuah

1. Menggunakan Buah Mentimun

Cara membasmi semut pada tanaman cabe bisa anda lakukan dengan menggunakan bahan alami dan cukup sederhana, bahkan anda bisa menemukannya di toko sayur. Ya buah mentimun, merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi semut yang ada di tanaman cabe. Cara ini mungkin cukup terbilang aneh. Akan tetapi, kenyataannya mentimun salah satu jenis buah yang memang tidak disukai oleh semut. Anda bisa mencoba dengan cara meletakkan irisan buah mentimun di sekitar tanaman cabe atau di tempat yang sering dilaalui oleh semut. Caranya memang cukup mudah, sehingga anda bisa mencobanya sekarang.

2. Menggunakan Boraks

Boraks merupakan suatu bahan yang terbuat dari campuran garam mineral dengan konsentrasi yang sangat tinggi. Dalam dunia industry bahan yang satu ini sering digunakan sebagai pmebersih, pengawet kayu, solder, pengontrol kcoa serta antiseptic kayu. Sementara pada dunia pertanian, boraks sering dipakai sebagai pupuk penghasil sumber unsur boron. Tidak hanya bermanfaat di dunia industry dan pertanian saja, sebenarnya boraks jugaa bisa digunakan sebagai bahann pembasmi semut. Caranya cukup mudah yakni dengan cara mencampur boraks dengan gula pasir, kemudian ditaburkan ke tanaman cabe yang diserang. Anda bisa juga melarutkan campuran borak dan gula pasir dengan air bersih, kemudian disemprotkan pada tanaman yang diserang semut.

3. Menggunakan Sabun Detergen Atau Cuci Piring

Cara berikutnya yang cukup sederhana dengan ahan yang mudah ditemui aldah dengan menggunakan sabun. Sabun merupakan salah satu bahan surfaktan yang sering dimanfaatkan sebagai pembersih dan pencuci badan ataupun benda lainnya. Selain sebagai pembersih benda sabun juga dapat digunakan untuk membasmi semut. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menyemprotkan larutan sabun ke pada tanaman yang diserang semut.

Baca Juga :   11 Cara Membasmi Hama Ngengat Secara Alami "Paling Efektif"

4. Memakai Cuka

Cuka atau disebut sebagai asam aseta/asam cuka adalah senyawa kimia asam organic biasanya digunakan sebagai penambah rasa asam dan aroma paada makanan. Cuka memiliki rasa yang sangat asam dengan bauk yang menyengat. Rasa dan bau menyengat tersebut membuat serangga salah satunya semut tidak menggemari cuka. Cara membasmi semut dengan cuka yaitu dengan cara menyemprotkan cuka pada tanaman yang dikerumuni semut.

5. Memakai Jus Lemon

9 Cara Membasmi Hama Semut Pada Tanaman Cabe Dengan Cara Sederhana yang selanjutnya yaitu dengan cara menggunakan jus lemon. Sebagian orang sangat menggemari jus lemon, akan tetapi selain digunakaan untuk menyegarkaan dahaga. Jus lemon juga bisa dimanfaatkan untuk membasmi semut yang menyerang tanaman cabe. Mengapa menggunakan jus lemon? Ya karena jus lemon mempunyai rasa yang cukup asam, sehingga membuat semut tidak menyukai rasa tersebut.

6. Memakai Serbuk Kopi

Bubuk kopi juga dipercaya dapat mengatasi hama semut pada tanaman atau suatu tempat yang sering dilewati oleh semut. Meskipun belum diketahui penyebab pasti alasan semut membenci bahan yang satu ini. Anda bisa menggunakan bahan ini dengan menaburkan bubuk kopi pada area yang diserang semut. Maka semut dengan sendirinya akan menjauh dari tempat tersebut.

7. Memakai Bubuk Lada

Selain menggunakan bubuk kopi, bahan dapur lainnya seperti bubuk lada juga bisa anda coba untuk membasmi koloni semut. Lada biasanya digunakan sebagai bahan penambah cita rasa masakan dan dapat juga digunakan sebagai bahan alami pembasmi semut. Caranya cukup mudah, taburkaan bubuk lada pada bagian tanaman yang diserang atau bisa juga menyemprotkan langsung kepada tanaman yang diserang kerumunan semut.

8. Memakai Garam Dapur

Bahan dapur lainnya yang dapat digunakan sebagai pembasmi semut yaitu garam dapur. Bahan yang satu ini sangat mudah ditemukan, bahkan semua orang pasti memilikinya di dapur. Garam dapat digunakan dengan melarutkannya memakai air kemudian disemprotkan langsung pada tempat atau tanaman yang diserang semut.

Baca Juga :   11 Cara Untuk Membasmi Hama Ngengat yang Paling Efektif

9. Memakai Tanah Diatom

Tanah diatom yang memiliki nama lain diatomaceous eart merupakan jenis batu sedimen siliki (kiesegur). Yang sering dipakai untuk membaasmi ktau pada hewan peliharaan. Namun, apabila ingin menggunakannya anda perlu merogoh kocek sedikit dalam, karena harganya lumayan mahal.

Itulah ulasan 9 Cara Membasmi Hama Semut Pada Tanaman Cabe Dengan Cara Sederhana yang bisa anda coba di rumah untuk mengatasi semut yang menyerang tanaman. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat.

Baca juga:

13 Cara Pencegahan Penyakit Pada Bebek

Cara Ternak Burung Kolibri Wulung