Bambu Hias Untuk Pagar dan Desainnya Terbaru

Posted on

Bambu Hias Untuk Pagar dan Desainnya Terbaru

Bambu Hias Untuk Pagar – Menghias halaman rumah tidak hanya harus dihias dengan menggunakan bunga yang dikelilingi pagar besi ataupun beton. Saat ini pembuatan pagar dengan bahan bambu menjadi favorit banyak kalangan, mulai dari orang pedesaan hingga orang yang tinggal di daerah perkotaan. Pagar yang terbuat dari bahan alami ini memang tidak kalah menarik dari pagar besi atau beton pada umumnya. Bahkan dengan pagar yang terbuat dari bambu dapat menonjolkan desain yang lebih unik. Selain itu, dalam pembuatan pagar bambu tidak diharuskan adanya desain atau aturan yang harus diikuti.

Memang pagar bambu mulanya hanya diidentikkan dengaan rumah-rumah di daerah pedesaan. Akan tetapi, seiring berkembangnya desain arsitektur Bambu Hias Untuk Pagar menjadi tren terbaru yang kini mulai memiliki kreasi yang lebih beragam. Selain itu, juga cocok disandingkan dengan berbagai jenis dan tipe rumah semua kalangan masyarakat. Apabila dibandingkan dengan jenis kayu, bambu merupakan bahan yang lebih murah, mudah didapat serta bahan yang ramah lingkungan. Anda juga dapat mengkreasikan pagar bambu untuk kebun atau taman agar terlihat lebih indah. Selain untuk mempercantik tampilan kebun atau taman, pagar bambu juga berfungsi untuk melindungi kebun dari gangguan binatang.

Bambu Hias Untuk Pagar

Meskipun pada umumnya tanaman bambu mudah untuk ditemukan, namun terdapat beberapa jenis tanaman bambu yang dapat digunakan sebagai pagar yang umumnya terdapat disekitar lingkungan kita.

Baca Juga :   10 Tumbuhan Langka dan Keterangannya Paling Lengkap

1. Bambu jepang

Bambu jepang memiliki bentuk yang lurus dan meruncing seperti bambu pada umumnya. Namun, perbedaannya bambu jepang mempunyai warna hijau yang dominan serta memiliki bintik kuning pada bagian batangnya. Bambu jepang memiliki tinggi kurang lebih 8 meter dengan diameter batang sekitar 3 cm dengan jarak ruas 30 cm. Cabang dapat tumbuh dari ruas-ruas bambu dan apabila ditanam dengan berjejer dapat membentuk pagar.
Perawatan bambu jepang harus selalu dijaga ketinggian dan kerapihannya, caranya dengan dipangkas batang dan ranting secara rutin agar semakin rapat.

2. Bambu kuning

Bambu kuning merupakan salah satu jenis bambu yang banyak ditemukan dibeberapa tempat khususnya di perumahan, tempat makan ataupun tempat lainnya yang sering dipajang sebagai tanaman hias. Bentuknya lurus dan meruncing dengan warna kuning yang indah sering digunakan sebagai tanaman hias. Jenis bambu ini dapat ditanam langsung pada media tanah atau menggunakan pot. Tanaman bambu kuning banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara khususnya Indonesia.

3. Bambu cendani

Bambu cendani adalah salah satu jenis bambu yang mempunyai bentuk lebih fleksibel, sehingga tanaman ini sering digunakan untuk dimanfaatkan dalam membuat keranjinan tangan. Selain fleksibel dan mudah dbentuk, bambu cendani dikenal lebih awet dan lebih kuat.

4. Bambu air

Bambu air mempunyai tampilan yang menarik serta mudah perawatannya. Bambu jenis ini pada umumnya diaplikasikan di dalam pot tunggal atau panjang, kemudian diletakkan disisi tembok ataupun lantai. Bambu air membutuhkan media yang lembab dan basah, namun juga membutuhkan cahaya matahari yang cukup secara langsung.

Ciri-ciri tanaman bambu air ini adalah batangnya tegak berwarna hijau terang, dengan tinggi kurang lebih 1 meter, berdiameter kurang dari 1 cm dengan ruas yang berjarak 3-5 cm. Cara pearawatan bambu air ini cukup mudah, yaitu dengan memangkas sesuai keinginan serta bagian batang yang kering dapat dipotong.

Baca Juga :   5 Manfaat Hewan Ternak Bagi Kehidupan Manusia

Meskipun pada umumya banyak jenis bambu yang tumbuh di sekitar kita, akan tetapi tidak semua bambu dapat dikatakan sebagai bambu hias. Hal tersebut diakarenakan terdapat beberapa jenis bambu yang digunakan sebagai bahan bangunan. Bambu disebut sebagai bambu hias karena bentuknya yang sederhana serta memiliki tampilan yang menarik berbeda dari bambu lainnya. Beberapa jenis bambu diatas pada umumnya digunakan sebagai Bambu Hias Untuk Pagar yang saat ini banyak digunakan oleh semua kalangan untuk menghias kebun dan taman.

Kreasi Pagar Bambu

Anda dapat memilih jenis bambu yang cocok digunakan sebagai pagar. Berikut ini beberapa kreasi pagar yang terbuat dari bambu.

1. Pagar bambu pendek

Maksud dari pagar bambu pendek adalah pembuatan pagar dengan bahan bamboo yang dibentuk dengan ketinggian yang rendah. Ukuran dari pagar tersebut tingginya kira-kira kurang dari lutut orang dewasa. Pagar bambu pendek berbentuk menyerupai tabung yang diikat menggunakan tali tambang, tujuannya agar antara satu bambu dengan lainnya dapat terikat dengan rapat.

2. Pagar bambu seperti jaring

Pagar bambu jenis ini dibuat dengan cara ditancapkan dalam bentuk zigzag agar terlihat seperti jarring. Dari bambu satu dengan yang lainnya perlu diikat menggunakan tali, tali tersebut diikatkan pada titik pertemuan antara bambu satu dengan yang lainnya.

3. Pagar bambu sederhana

Desain dari pagar bambu ini cukup sederhana, dan umumnya sering banyak diaplikasikan oleh masyarakat untuk membuat pagar. Pembuatannya cukup mudah, yaitu hanya dengan membelah bambu menjadi dua atau menjadi beberapa lapis serta mengamplas dan membersihkannya. Kemudian kaitkan bambu satu dengan yang lainnya menggunakan bambu yang telah dipotong sedikit lebih kecil namun panjang. Pengaitan bambu dapat dilakukan dengan menggunakan paku.

Baca Juga :   10 Cara Menghilangkan Karang Gigi "Paling Efektif"

Demikian penjelasan mengenai Bambu Hias Untuk Pagar yang terdiri dari berbagai macam jenis dengan bentuk dan warna yang berbeda. Selain mengetahui beberapa jenis bambu hias, pada penjelasan di atas anda juga dapat mengetahui jenis kreasi pagar yang terbuat dari bambu. Semoga dengan menghiasi kebun pagar anda menggunakan bambu dapat memperindah dan menghindari serangan binantang yang dapat mengganggu kebun anda. Semoga dapat bermanfaat.

Baca juga: