Cara Budidaya Pohon Cincau Rambat Sampai Berhasil

Posted on

Cara Budidaya Pohon Cincau Rambat Sampai Berhasil

Cara budidaya pohon cincau rambat sampai berhasil – dibalik kenikmatan cincau saat diolah dalam bentuk minuman, ternyata daun cincau asalnya dari pohon yang tumbuh subur. Pohon cincau kadang tumbuh merambat di tanaman lain lebih besar akan tetapi hanya merambah tak mengambil nutrisinya yang dirambati. Berikut ini akan kami sampaikan bagaimana Cara budidaya pohon cincau rambat sampai berhasil.

Profil Pohon Cincau

Pohon cincau adalah salah satu tumbuhan yang merambat dan bisa hidup dimanapun. Jadi, asal lingkungannya banyak air dan penopangnya tumbuhan ini ada maka langsung bisa tumbuh. Bila kalian tak detail maka tentunya akan mengira sebagai daun sirih. Kedua jenis tumbuhan ini mempunyai kemiripan baik daunnya atau cara tumbuhnya. Akan tetapi jenis ini mempunyai perbedaan mirip tekstur daun serta aroma daunnya. Ciri yang terakhir harus kalian tau, bahwa pohon ini mempunyai biji.

Kandungan cincau ini ada banyak, diantaranya zat lemak, karbihidrat menyerap air, alkaloid siklein, tentradine, kardioplegikum, dimetil tetradine, flavonoida, dan saponoid. Sehingga dapat menyegarkan tubuh, berikut sejumlah manfaat diantaranya : bisa menjadi obat radang lambung, membantu menyembuhkan demam, obat tekanan darah tinggi dan masih banyak lainnya.

Tak salah bila kalian mencoba menanamnya dirumah atau membudidayakannya sendiri baik dipekarangan rumah atau di lahan yang lebih baik yakni menanam dengan langsung di lahan atau pot. Masyarakat sudah mengenal cincau ini terkadang sebagai minuman yang menyegarkan kenyal dan juga lezat.

Baca Juga :   13 Penyebab Jamur Pada Kucing Anggora dan Cara Mengatasinya

Budidaya Pohon Cincau

Walau poho ini gampang hidup dimanapun, namun tetap saja budidaya pohon cincau rambat hingga berhasil memerlukan cara tepat. Kalian bisa memahami pemeliharaannya supaya tumbuh subur. Seperti penanaman lainnya semangka, melon dan waluh terbaik harus memenuhi langkah tak boleh terlewatkan. Nah, lebih jelasnya kalian harus faham bagaimana cara penanaman pepacaya tersebut. Apabila kalian memilih benih yang paling baik supaya persentasinya anakan baik kualitasnya.
Berikut simak Cara budidaya pohon cincau rambat sampai berhasil :

Fase Pembibitan

Jadi, sebelum mempunyai tumbuhan cincau rambat berkualitas, kalian harus faham mengenai proses budidayanya yang benar dan baik lebih dulu. Tahap pertama harus dimulai dari pembibitan. Fase ini penting sekali dan tak boleh lengah sedikit saja. ada 3 cara yang dapat kalian pilih dalam membibit.

1. Pembibitan dengan memakai biji

Sebelum membibit dengan memakai biji harus diperhatikan dulu jenis bijinya. Upayakan biji yang ditanam dengan keadaan sudah matang. Biji cincau matang mempunyai ciri warnanya merah atau hitam. Jangan langsung menanam dalam keadaan masih basah di media tanamnya.

Akan tetapi, upayakan untuk mengeringkan lebih dulu dibawah sinar matahari hingga kandungan air dalamnya mulai menurun. Sambil menunggu biji cincau kering, kalian dapat menyiapkan media tanamnya lebih dulu berbentuk polybag. Sementara medianya harus memakai tanah yang bercampur pupuk kandang. Upaya ini harus kelembabannya lumayan. Sesudah bibit mulai tumbuh, kemudian tunggu hingga 7 minggu hingga siap berpindah di kebun.

2. Pembibitan metode stek

Selain memakai biji yang membutuhkan waktu lama, kalian dapat memakai alternative metode pembibitan lain lebih singkat yakni stek. Pertama kalian pilih batang lumayan tua lalu potonglah melintang memakai pisau tajam.
Rendamlah lebih dulu batang ini dalam air hingga keluar akarnya. Siapkan pula media tanam polybag yang telah diisi menggunakan tanah subur dan mempunyai kelembaban lumayan. Jangan lupa melubanginya disetiap sudut polybag sebagai jalan keluar masuk udara. Barulah saat tumbuh bulu akr batang cincau segera memindahkannya di media polybag. Tunggulah hingga beberapa hari untuk memindahkan dikebun.

Baca Juga :   Cara Burung Gereja Cepat Gacor

3. Pembibitan dengan metode merunduk

Cara pembibitan lain yakni metode merunduk. Pertama bagian batang dimana kalian jadikan bibit terkadang ada bagian batang khusus yang telah mempunyai akar serta siapkan untuk dirundukkan di media polybag yang sudah kalian siapkan. Baru sesudah 4 hingga 5 bulan kalian dapat memindahkannya tanaman di kebun sebenarnya.
Dari metode diatas tadi kalian bisa memilih mana yang lebih gampang. Baru sesudah berhasil dapat kalian pindah di kebun serta lakukan fase pembudidayaan pohon cincau merambat.

Fase Perawatan

Jangan sampai langsung abai di pohon cincau walaupun sudah dipindah medianya tanah sebetulnya. Bila perawatannya tak teratur serta baik, maka hasilnya juga tak akan sesuai yang kita harapkan.
Untungnya juga [erawatan tanaman tersebut tak harus menggunakan cara sulit. Kalian hanya butuh menambahkan pagar disekitar cincau tempat rambat batangnya. selain itu kebutuhan lainnya. jangan lupa menyiraminya paling tak sekali dalam sehari.

Fase Panen

Taukah kalian waktu yang dibutuhkan cincau dari penanaman hingga panen? Ya, kalian hanya memerlukan waktu kurang lebih 6 bulan. Hampir sama ya waktunya pembibitan ini. sesudah usianya 6 bulan kemudian kalian bisa langusng memanen bagian daun cincau untu dijualkan maupun dikonsumsi sendiri menjadi es cincau.
Bila sudha begitu maka kalian dapat melakukan dengan bertahap yakni 2 minggu sekali. Lumayan ya gais?

Nah, Bila sudah berhasil mempunyai tanaman cincau termasuk orang yang beruntung sekali. Kenapa? Sebab hak ini disebabkan pohon cincau dapat selama hingga puluhan tahun. Apalagi frekuensi panen yang luamayan sering. Tidak hanya membuat minuman yang segar, daun cincau pun memiliki manfaat untuk kesehatan lain misalnya mengobati radang lambung. Tertarik? Kalian bisa memakai peluang Cara budidaya pohon cincau rambat sampai berhasil sebagai bisnis yang menguntungkan ya sobat. Selamat mencoba!

Baca Juga :   Burung Pipit - Habitat, Jenis, Manfaat dan Cara Merawatnya Lengkap

Baca juga:

Cara Menanam Daun Kesum Dan Perawatannya Yang Mudah

7 Cara Agar Ayam Cepat Berkokok dengan Mudah