Cara Membuat Pohon Cabe Bonsai

Posted on

Cara Membuat Pohon Cabe Bonsai

Cara Membuat Pohon Cabe Bonsai – Bonsai merupakan tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalamm pot dengan tujuan untuk membuat tanaman hias atau miniature dari bentuk pohon aslinya yang besar. Bonsai diidentikkan dengan pohon besar berkayu yang dikerdilkan atau dibentuk lebh kecil dari pohon aslinya. Akan tetapi, saat ini membuat bonsai tidak harus memakai tanaman yang tumbuh besar dapat juga diterapkan pada tanaman kecil dan tidak memiliki umur yang terlalu lama. Misalnya saja tanaman cabe atau tanaman yang lainnya yang hanya memiliki batang kecil.

Cabe yang kita kenal sebagai bumbu masakan pedas, selain digunakan sebagai bahan masakan dan dibudidayakan ternyata juga dapat dikreasikan menjadi tanaman hias yang memiliki nilai artistic.
Alasan memilih cabe sebagai tanaman bonsai adalah tanaman ini mudah dalam pembentukan yang dapat disesuaikan dengan keinginan. Selain itu, tidak membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menghasilkan bonsai cabe seperti bonsai tanaman pada umumnya. Terdapat berbagaai teknik dalam membuat pohon cabe menjadi bonsai. Berikut Cara Membuat Pohon Cabe Bonsai yang cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu bertahun-tahun.

1. Pilih Pohon Cabe Yang Tepat

Proses awal dalam pembuatan bonsai pohon cabe adalah dengan menentukan pemilihan bibit cabe serta pohon cabe yang tepat yaitu pohon yang memiliki bentuk tidak terlalu tinggi dan sekiranya mudah untuk dibentuk. Pemilihan pohon cabe yang tidak terlalu tinggi dikarenakan agar pohon cabe dapat berkembang dengan baik. Pohon cabe yang lebih pendek akan memudahkan anda dalam membentuk bagian rantingnya. Mempunyai tekstur yang lebih kuat dan kokoh dibandingkan dengan pohon cabe yang lebih tinggi.

Baca Juga :   Cara "Sukses" Budidaya Cabe Merah Di Musim Kemarau Panjang

2. Lakukan Pemangkasan

Dalam proses pembuatan bonsai tidak terlepas dari proses pemangkasan serta proses ini cukup penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar proses pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik. Selain untuk memaksimalkan pertumbuhan, pemangkasan juga dapat menjadi salah satu cara untuk mempercepatpertumbuhan tanaman dan salah satu bagian dari perawatan. Sekarang ini pembuatan bonsai cabe di Indonesia sangat populer, bahkan banyak masyarakat yang menyukainya.

3. Pilih Pot Yang Sesuai

Proses berikutnya dalam Cara Membuat Pohon Cabe Bonsai yang perlu anda lakukaan adalah dengan memilih pot yang disesuaikan dengan ukuran tanaman. Pemilihan pot ini menjadi penting karena harus disesuaikan dengan bentuk akar dari tanaman cabe. Mengingat tanamaan cabe memiliki bentuk akar tunggang yang cukup kuat. sehingga dibutuhkan sedikit pengurangan pada akar agar pohon cabe dapat diletakkan di dalam pot dengan ukuran yang anda inginkan. Ukuran pot yang tepat dan sesuai dapat menghasilkan taaman bonsai yang bagus dan memiliki nilai keindahan.

Jika anda memilih ukuran pot yang terlalu besar dikhawatirkan pohon cabe akan mengalami hambatan dalam pertumbuhan dan pertumbuhannya kurang efektif serta lambat dalam perkembangan.

4. Penyiraman

Layaknya tanaman pada umumnya dalam proses pembuatan bonsai tidak mungkin lepas dari proses penyiraman. Penyiraman telah menjadi hal yang cangat penting bagi semua jenis tanaman. Hal ini disebabkan penyiraman dapat membantu dalam proses pertumbuhan dan tanaman bonsai dapat tumbuh lebih baik dengan adanya penyiraman yang tepat dan sesuai takaran.

Proses penyiraman haruslah dilakukan secara rutin setiap hari, dengan memilih waktu penyiraman di pagi hari. Penyiraman yang dilaakukan secara rutin dapat membuat pertumbuhan tanaman cabe lebih efektif. Selain dapat membuat pertumbuhan tanaman dengan maksimal, pertumbuhan batang dan tunas baru akan lebih cepat sehingga memudahkan untuk segera dibentuk.

Baca Juga :   Cara Budidaya Tanaman Jengkol Yang Bernilai Ekonomi

5. Pemberian Pupuk

Pemberian pupuk dalam proses membuat bonsai pohon cabe adalah hal yang penting untuk dilakukan. Pemupukan yang tepat dan sesuai takaran bisa memaksimalkan proses pertumbuhan, memberikan kecukupan nutrisi sehingga pohon cabe bonsai cepat mengalami pertumbuhan. Apabila anda menginginkan bonsai pohon cabe lebih cepat dalam mengeluarkan tunas, terdapat obat perangsang yang bisa anda aplikasikan.

Jika anda telah membuat pohon cabe bonsai sesuai yang anda inginkan, maka jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan. Bersihkan pot dari berbagai gulma atau rumput yang dapat tumbuh dsekitar pohon cabe dan jauhkan dari berbagai hama yang dapat menganggu pertumbuhan bonsai tersebut. secara singkat pembuatan bonsai pohon cabe bisa anda simak beberapa langkah berikut:

  • Pilih tanaman cabe yang mempunyai batang pendek, potong dengan memakai pisau tajam atau gunting dengan memberi jarak antara pangkal akar dan ranting sekitar 20 cm dan jangan lebih. Potong ranting tersebut hingga pohon menjadi gundul.
  • Setelah pemangkasan ranting selesai, cabut pohon cabe dan pilih beberapa akra yang bagus kemudian sisanya bisa anda buang. Pengurangan akar ini agar tidak kesulitan ketika anda memasukkannya ke dalaam pot.
  • Pilih pot dengan ukuraan dan bentuk yang sesuai, masukkan media tanam berupa pupuk organic yang dicampur dengan tanaah.
  • Tanam tanaman cabe yang telah dipotong sebelumnya ke dalam pot dan timbun semua akar dengan memakai tanah.
  • Lakukan penyiraman rutin, dan tunggi hingga beberapa minggu hingga muncul tunas baru pada batangnya.
  • Setelah pohon cabe terlihat lebih hidup, anda bis amelakukan pemupuan lanjutan dan pemangkasan daun yang besar agar tumbuh daun yang lebih rapi. Lakukan proses ini terus menerus hingga daun Nampak rimbun.
  • Setelah daun tumbuh dengan rimbunnya anda bisa memberikan atau menyemprotkan perangsang buah, agar bonsai cabe cepat memunculkan buah merahnya.
Baca Juga :   Cara Menanam Budidaya Caisim Yang Menguntungkan

Nah, demikian ulasan selangkapnya mengenai Cara Membuat Pohon Cabe Bonsai yang bisa anda aplikasikan di rumah. Caranya cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun. Semoga dapat bermanfaat dan memberikann informasi bagi kita semua.

Baca juga:

Makanan Jalak Suren Agar Sehat Dan Tambah Gacor

Cara Menanam Durian Montong Agar Cepat Berbuah