Cara Memelihara Burung Kakatua Agar Nyaring Dan Jinak

Posted on

Cara Memelihara Burung Kakatua Agar Nyaring Dan Jinak

Cara memelihara burung kakatua agar nyaring dan jinak – kita semua sudah pasti tidak asing dengan nama burung kakatua. Nama ini kerap kita dengar khususnya dari sebuah lagu anak-anak yang terkenal sekali di indonesia. Karakter dari burung ini suka bersosialisasi dan menarik dengan manusia sehingga membuat para pecinta burung suka. Selain tersebut, ia sangat pintar, aktif dan setia terhadap lingkungannya dan suka pamer diri. Hal ini ditunjukkan dari tingkahnya ketika membentangkan sayap, menari kemudian menggerakkan kepalanya naik turun dan meneriakkan diri dengan lucu sekali.

Berikut ini ada beberapa tips dalam cara memelihara burung kakatua agar nyaring dan jinak.

1. Mandikan selama 3 hari sekali/ seminggu sekali

Untuk menjaga kebersihan tubuh kakatua supaya indah bulunya dan mengkilap maka jangan malas untuk memandikannya. Kegiatan rutin memandikan ini merupakan bentuk perhatian dari sang pemilik kepada burung kakatua. Caranya dengan langsung menyiramnya dengan hujan buatan memakai pancuan maupun berendam. Jangan memakai air yang dingin sekali.

Baca Juga :   Makanan Jalak Suren Agar Sehat Dan Tambah Gacor

2. Mandikan di pagi hari

Waktu paling tepat memandikannya ialah di pagi hari bawahnya pukul 9 pagi. Kenapa demikian? Sebab memandikan kakatua dipagi hari bisa membantu kakatua jadi lebih segar serta melancarkan suara kakatua jadi lebih keras daripada biasanya. Bahkan ditambah menjemurnya dibawah terik matahari.

3. Asah paruh dan cakarnya dengan rutin

Hal tersebut penting sekali supaya kukunya dan paruh ini terasah dan tumpul guna meminimalisir kerusakan ketika ia memanjat maupun menggigit. Bagian paruh serta cakarnya ini bagian penting sekali yang dipunyai semua burung, tak terkecuali burung kakatua. Sebab akan lebih baik mengasah keduanya itu kurang lebih 2 kali dalam sehari.

4. Berikan ia makanan tepat dengan rutin

Kenali makanan yang ia sukai. Beberapa pakan tersebut salah staunya buah pepaya dan tongkol jagung muda. Atau bila kalian ingin lebih praktis kalian dapat membeli sprouted yang dijual banyak dipetshop. Ada pula makanan tambahan misalnya potongan buah kelapa, sayuran misalnya kacang panjang dan wortel, biji bunga matahari, keju cair, potongan telur masak dan buah kenari.

Khusus buah kenari ini diberikan kakatua raja, sebab dapat mengupas buah kenari berkulit tebal. Pakan tersebut ditempatkan di wadah khusus yang terbuat dari bahan sintesis steel. Harus diperhatikan, bahwa pakan ini jangan dibiarkan terlalu lama dalam sangkar. Sebab bila makanan kita berikan di pagi hari masih sisa di sore hari, maka harus membuangnya.

5. Berikan ia vitamin dengan berkala

Sebagai pendukung pertumbuhan serta kesehatannya hendaknya memberikan ia vitamin khusus burung yang terjual dipasaran. Kalian bsia memberikan setiap 2 minggu sekali jadi kakatua peliharaan kalian tumbuh sehat serta terhindar dari penyakit. Ada pula vitamin yang manfaatnya dapat mengatasi bulu kakatua yang mana vitamin ini bisa merontokkan bulu lebih dulu lalu menumbuhkan yang baru lagi.

Baca Juga :   10 Cara "Paling Mudah" Mengetahui Kecerdasan Burung Merpati

6. Variasikan makanan setiap hari

Sama halnya mansuia, burung pun bisa merasa bosan bila makanannya sama setiap hari. Untuk itu variasikan makanan ini sehingga bisa lebih senang.

7. Hindari memberikan buah alpukat

Alpukat berbahay sekali untuk burung kakatua, sebab bisa mengakibatkan burung terjadi penyempitan pembuluh darah sampai mati dengan mendadak. Burung yang terjadi keracunan sebab mengonsumsi alpukat kadang menunjukkan tanda sesak napas, tidak mau bertengger dan gagal ginjal kemudian bermasalah dibagian organ hari. Selain tersebut hendaknya kalian pun tidak memberikan biji buah apel maupun pir, bawang putih, cokelat, serta garam untuk kakatua peliharaan kalian.

8. Hindarkan makanan penyedap dan daging

Selain alpukat, makanan yang perlu dihindarkan terhadap burung kakatua ialah makanan penyedap serta daing yang bisa mengakibatkan kegemukan. Kalian pun tak ingin melihat kakatua kesayangan kaian terjadi obesitas sehingga lebih baik kenali dulu kesukaannya supaya lebih mudah memberikan pakan yang sesuai burung kalian.

9. Tempatkan kandangnya di area yang kerap dilalui kalian dan anggota keluarga

Hal tersebut penting untuk dijalankan seab burung kakatua adalah tipe suka sekali bersosialisasi dan mempunyai rasa ingin tau tinggi. Dengan menempatkan area seperti tersebut maka lebih kerap bertemu orang jadi keinginannya bersosialisasi bsia terpenuhi dan merasa diperhatikan pemiliknya. Buatlah kandangnya tinggi dari pandangan mata kalian jadi lebih lebih mudah melihat serta berinteraksi dengannya.

10. Hindarkan terkena sinar matahari langsung

Hal tersebut pun harus diperhatikan dan jangan menempatkan kandang kakatua pada tempat terkena sinar matahari langsung sebab bisa membuat merasa silau serta kepanasan. Tempatkan kandangnya pada tempat lebih terlindungi akan tetapi hangat.

11. Sesuaikan ukurannya kandang dari ukuran kakatua

Jangan sampai kakatua peliharaan ini berasa sesak maupun sempit sebab ukurannya kandang kecil. Saat sudah tumbuh besar perhatikan apa kandangnya cukup atau tidak. Bila dirasa terlalu sempit maka hendaknya segera membuat kadang baru.

Baca Juga :   15 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Paling Efektif

12. Jagalah kebersihan kandang

Kakatua jenis burng yang tak suka dengan tempat kotor, jadi kalian harus memberishkan kadang dengan rutin. Selain itu hindarkan kakatua terhadap infeksi kuman supaya sehat.

Itu tadi mengenai cara memelihara burung kakatua agar nyaring dan jinak. Ya, memang burung kakatua perlu ketelatenan. Jadi meski tak sulit akan tetapi kalian perlu memberinya perhatian serta kasih sayang jadi tak merasa diabaikan dan bisa tumbuh secara baik. Bila kalian terlalu sibuk dan bahkan main sebentar dengannya maka hendaknya pertimbangkan lagi untuk memelihara kakatua. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Merawat Burung Kenari Agar Cepat Gacor

Cara Merawat Burung Pentet Supaya Gacor