11 Cara Memupuk Tanaman Jagung Dengan Sistem Kocor Dan Perawatannya

Posted on

Cara Memupuk Tanaman Jagung Dengan Sistem Kocor Dan Perawatan Tanaman

Cara memupuk tanaman jagung dengan sistem kocor dan perawatan tanaman – budidaya jagung perlu dilengkapi dengan kemampuan guna menyuburkan tanaman jagung misalnya saat kita menjalankan pemupukan. Pemupukan jagung sendiri dapat dijalankan dengan berbagai cara, misalnya ialah cara memupuk jagung menggunakan sistem kocor.

11 Cara Memupuk Tanaman Jagung Dengan Sistem Kocor Dan Perawatan Tanaman

Tak jauh bedanya dengan manfaat pupukurea bagi jagung. Kita dapat memperoleh berbagai manfaat. Nah, berikut ini adalah tips Cara memupuk tanaman jagung dengan sistem kocor dan perawatan tanaman, diantaranya :

1. Pemupukan dengan sistem kocor

Ada banyak sekali alasan kenapa orang memakai sistem tersebut guna memupuk dalam budidaya jagung. Pupuk kotor tersebut sendiri dapat dibuat menggunakan berbagai jenis pupuk misalnya yakni SP 36, KCL, NPK ataupun UREA.

Sehingga, hal ini sama dengan bagaimana caraya membuat pupuk bagi jagung sendiri dirumah, ini merupakan salah satu cara paling baik guna menghasilkan tanaman yang unggul. Hal ini juga sebuah cara supaya dapat lebih menghemat pengeluaran guna membeli pupuk tanaman jagung.
Pupuk kotor tersebut dapat dipakai di baian budidaya tanaman palawija. Hanya saja emmbutuhkan dosisi yang sesuai pada jenis tanaman itu supaya dapat menghasilkan hasil yang lebih maksimal saja.

Baca Juga :   Cari Tahu, Perbedaan Pupuk Urea Dan Pupuk Za

2. Pembuatan pupuk kocor dengan kimiawi

Sebenarnya, selain dalam pembuatan dengan kimia, terdapat cara untuk pembuatan dengan organic, misalnya seperti cara memupuk padi menggunakan pupuk kandang. Maka kali ini kita akan membahas bagaimana caranya untuk membuat pupuk kocor dengan kimiawi, yakni :

  • Pupuk ini akan diracik dengan adanya campuran bahan dari P, K dan N.
  • Jumlah dari kandungannya sejumlah unsur yang nantinya ada dalam pupuk kocor tersebut perlu dimodifikasi lebih dulu supaya hasilnya ini yang diperoleh sebagai hasil yang lebih maksimal, misalnya cara memupuk anggrek menggunakan pupuk kandang.
  • Pengganti komposisi tersebut pun sebagai cara supaya direspon secara baik oleh atanaman nantinya sesudah dipakai.
  • Siapkanlah bahan bahan berwujud air dengan banyak 5 liter, EM4 sebanyak 50 ml, urea sebanyak 1 kg.
  • Pakailah jurigen bersih sebagai tempat penampungan air dan kalian masukkan pupuk urea sampai rata serta mencair.
  • Sesudah itu, masukkan lah pula EM4 dan juga kalian aduk lagi sampai pupuk ini keduanya sudah tercampurkan dengan merata.
  • Sesudah mengalami pencampuran antara seluruh bahan bahan ini maka kalian tutup kembali jerigen ini llau tedukan di tempat yang tak terkena sinar matahari selama kurang lebih 3-4 hari.

3. Pembuatan pupuk kocor dengan organic

Pupuk kocor untuk jagung tersebut pun dapat dibuat dengan alami maupun dengan organic sama seperti dengan cara memupuk cengkeh menggunakan ajinomoto.
Ini adalah cara yang lebih tepat untuk diterapkan, sebab bila tidak akan terlalu makan banyak biaya serta bahan bahannya ini masih dapat diambil dari alam dengan alami.
Berikut ini caranya yakni :

  • Menyiapkan tepung yang asalnya dari daun petai lamtoro dengan banyak 1 kg. urin kambing atau sapi dengan banyak 1 liter, memakai dedak halus dengan banyak 1 kg, terasinya ada banyak 9 gr, EM4 serta gula merah dengan banyak 2 ons.
  • Rebuslah gula merah lebih dulu menggunakan air jadi bisa mendidih dan mencair dengan sempurna.
  • Haluskanlah terasi sampai tidak teraba kasar menggunakan penggilingan serta lalu pakailah jerigen yang masih bersih guna meletakkan seluruh bahannya.
  • Campurkanlah dan aduk seluruh baha jadi satu kemudian pisahkan EM4.
  • Sesuah dicanpurkan ini secara baik, kemudian aduklah dan masukkan bahan yang terakhir yaitu EM4.
  • Lalu asingkan di tempat yang teduh selama kurun waktu 4 hari dan kemudian tutup rapat jerigennya itu.
Baca Juga :   9 Cara Budidaya, Jenis Waluh Dan Cara Merawatnya Agar Berbuah Lebat

4. Dosis dan cara pemakaian

Untuk dapat dipakai secara baik pada tanaman jagung, maka ini adalah sebuah langkah pemakaiannya :

  • Masukkanlah air di dalam ember bersih dan kemudian larutkanlah pupuk ini dengan banyak 70 sampai 100 cc.
  • Lakukan penyemprotannya ini pada setiap tanaman jagung dengan jarak 6 cm pada sore hari
  • Lakukan pemupukannya ulang di setiap sekali dalam 14 harinya.

Cara Merawat Tanaman Jagung Ketika Dimusim Hujan

Untuk merawat tanaman jagung pada waktu musim hujan, maka silahkan simak penuturan di bawah ini :

1. Pilihlah benih jagung yang bisa tahan dari jamur

Ketika musim hujan, bisa dipastikan kelembaban meningkat. Hal tersebut yang bisa mengundang hadirnya jamur serta cendawan dalam tanaman jagung kalian. Contoh sejumlah penyakit kerap ada.

2. Pengaturan drainase baik

Untuk mengatur keluar masukkanya air baik pada lahan jagung milik kalian buat minimal 3 saluran air di masing-masing tengah lahan serta disisi lahan.

3. Pengaturan jarak tanam

Kelembaban tinggi di lahan jagung dapat diatasi menggunakan jarak tanam. Tanaman yang terlalu rapat bisa membuat lahan akan tertutupi serta menyulitkan masuknya sinar matahari.

4. Mengurangi pemakaian pupuk menggunakan kandungan N tinggi

5. Memberikan obat pertanian dengan tepat

6. Periksa lahan dengan teratur

7. Penanggulangan hama dan juga penyakit

Itulah tadi informasi mengenai Cara memupuk tanaman jagung dengan sistem kocor dan perawatan tanaman. Tanaman jagung sebenarnya dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah, bahkan pada jenis tanah yang kering juga. Namun kalian juga butuh ilmu mengenai sistem pemupukan menggunakan sistem kocor ini supaya jagung bisa tumbuh dengan baik dan maksimal. Cara diatas tadi sangat mudah untuk diterapkan dan semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Baca Juga :   Cara "Paling Mudah" Menanam Jagung Hibrida Agar Hasil Melimpah

Baca juga:

Keuntungan Ternak Ayam Broiler yang Harus Anda Ketahui

Cara Memilih Benih Kacang Panjang Yang Unggul Di Tanam