Cara Menanam Bunga Wijayakusuma Terlengkap

Posted on

Cara Menanam Bunga Wijayakusuma Terlengkap

Cara Menanam Bunga Wijayakusuma – Bunga wijayakusuma merupakan bunga yang lebih dikenal dengan sebutan bunga sang ratu malam. Hal ini diakarenakan bunga ini beraktivitas hanya pada satu waktu yakni ketika malam hari. Berbeda halnya dengan bunga pada umumnya yang lebih banyak berkativitas pada pagi hingga sore hari, yang mana dapat menikmati keindahan bunga di pagi hari. Akan tetapi, berbeda dengan bunga wijayakusuma ini yang hanya dapat dinikmati bunganya ketika mekar pada malam hari saja.

Bunga wijayakusuma mempunyai ciri khas yaitu bunganya sangat besar berwarna putih seperti gading serta terlihat sebagai tanaman yang eksotis. Tanaman ini masih berkerabat dengan kaktus yang mempunyai daun berwarna hijau berbentuk pipih dan pada bagian sekitar daun terdapat lekukaan-lekukan kecil serta keras. Sehingga dari keunikannya tersebut banyak orang yang tertarik untuk menanam atau bahkan membudidayakan bunga wijayakusuma.

Cara Menanam Bunga Wijayakusuma

Bagi anda yang tertarik untuk menanam bunga ini ada baiknya memperhatikan beberapa hal mengenai Cara Menanam Bunga Wijayakusuma sebagai berikut.

Baca Juga :   4 Cara Mudah Menanam Nangka Mini di Pot

1. Bibit Tanaman Wijayakusuma

Dalam hal pembibitan tanaman wijayakusuma yang pertama yaitu proses pemisahan. Pemisahan ini maksudnya yaitu pemisahan antara rumput akar dengan rumpun bibit. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memisahkan bibit dari tanaman indukan serta memilih indukan yang dapat dijadikan untuk berkembangbiak. Anda dapat memilih indukan yang bagus dengan memperhatikan kelebatan dari tumbuhan yang ditanam serta postur dari tanaman tersebut harus bagus.

2. Media Tanam

Setelah melakukan proses pembibitan langkah selanjutnya yaitu menyiapkan media tanam. Untuk media tanamnya anda perlu menyiapkan tanah dan tempatnya seperti pot atau polybag ataupun lahan tanam. Agar menghasilkan tanaman yang berkualitas baik dan dapat berkembang dengan optimal anda perlu menyiapkan media tanam berupa tanah, pupuk organic, humus, dan pasir dengan perbandingan 3:1:1:2 yang telah anda campur dan diaduk hingga rata.

Jika akan dilakukan penanaman di dalam pot, anda dapat memakai media tanam pasir, lumut sphagnum, dan batang paku tiang.

3. Langkah Menanam

Dikarenakan tanaman ini masih tergolong dari tanaman kaktus, anda perlu memperhatikan langkah penanaman. Agar bunga wijayakusuma dapat tumbuh dengan subur, berikut langkah-langkahnya:

  • Masukkan bibit bunga wijayakusuma ke dalam media tanam, kemudian tutup kembali bibit tersebut dengan tanah yang ada disekitarnya.
  • Taruh bibit dengan kedalaman 5 cm.
  • Setelah melewati langkah menanam jangan lupa untuk melakukan penyiraman dengan memakai air bersih. Agar bibit bunga wijayakusuma dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

4. Teknik Perawatan

Tanaman wijayakusuma tidak terlalu menyukai banyak air, sehingga hindari air yang terlalu menggenang. Selain itu, siramlah tanaman ini secukupnya agar akarnya tidak mengalami pembusukan dan akhirnya layu dan mati.

5. Penyiraman Bunga

Maka dari itu, dosis penyiraman pada tanaman wijaya kusuma haruslah pas tidak boleh kurang atau lebih. Ketika musim kemarau tiba, anda perlu melakukan penyiraman secara berkala dan teratur.

Baca Juga :   5 Cara "Paling Mudah" Menanam Bunga Lily Casablanca Di Rumah

6. Pemberian Pupuk

Cara Menanam Bunga Wijayakusuma yang selanjutnya adalah dengan memberikan pupuk. Dalam hal ini anda dapat menggunakan pupuk organic, baik memakai bahan dasar binatang atau tumbuhan. Selain itu, anda juga dapat memberikan pupuk buatan. Pemberian pupuk harus memperhatikan intervalnya. Pemberian pupuk sebaiknyaa dilakukan dalam periode waktu 2 waktu sekali. Hal ini bertujuan agar tanaman wijayakusuma dapat tumbuh dengan baik.

7. Cara Penyiangan

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan hama dan melakukan penyiangan. Cabutlah gulma yang tumbuh disekitar tanaman wijayakusuma agar tidak mencuri nutrisi yang seharunya tanaman wijayakusuma serap. Jika diperlukan anda juga dapat memberikan fungisida serta insektisida secara teratur dengan menggunakan dosis yang tepat dan menghindarkan tanaman ini dari daerah yang terkena penyakit.

Langkah Langkah Stek Bunga Wijaya Kusuma

Selain melakukan cara menanam bunga wijayakusuma diatas, anda juga dapat membudidayakan bunga tersebut dengan cara stek. Dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Bahan Yang Diperlukan

Gunakan pisau yang tajam dan telah disterilkan dengan memakai alcohol 95% serta sediakan tissue.

2. Pemilihan Daun

Berbeda dengan tanaman lain, pada tanaman wijayakusuma akan dilakukan stek daun. Anda dapat memilih daun yang tergolong lebih segar, sehat dan berwarna hujau. Jika sudah menentukan, selanjutnya potong daun sebesa 5 cm.

3. Pemberian Hormone

Anda dapat memberikan hormone untuk merangsang pertumbuhan akar dengan cara menyemprotkan pada permukaan daun yang telah dipotong. Duamkan potongan bibit tersebut selama 7-10 hari, kemudian letakkan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari.

4. Pemotongan Daun Sebagai Bibit

Setelah didiamkan selama 7 hingga 10 hari daun yang telah dipotong tersbut dapat ditanam pada media tanam. Gunakan media tanam tanah, pupuk organic, humus dan paris dengaan perbandingan 3:1:1:2

Baca Juga :   5 Cara Budidaya Bunga Anyelir dan Perawatannya Lengkap

5. Langkah Menanam

Langkah selanjutnya yaitu penanaman dengan memasukkan bibit pada kedalaman sekitar 5 cm. apabila telah menanam bibit sebaiknya jangan dilakukan penyiraman terlebih dahulu, sebaiknya anda mendiamkannya selama 10 hari. Kemudian anda dapat melakukan penyiraman.

6. Perawatan

Lakukan penyiraman selama seminggu sekali karena tanaman ini tidak terlalu membutuhkan banyak air.

7. Letak Tanaman

Letakkan bibit tanaman yang telah ditanam pada tempat yang teduh dan terlindungi, namun masih terkena sinar matahari.

8. Proses Pemindahan Tanaman

Apabila telah memasuki waktu 2 bulan, pindahkan tanaman secara hati-hati pada tempat yang telah terkena sinar matahari langsung.

9. Perawatan

Agar tanaman wijayakusuma dapat tumbuh dengan baik, mulailah memberikan sinar matahari yang cukup. Tanaman yang dibudidayakan dengan stek akan mulai berbunga ketika telah memasuki tahun kedua dan ketiga sejak penanaman. Anda memerlukan waktu setahun sekali untuk dapat melihat bunga ini mekar.

Itulah, uraian tentang Cara Menanam Bunga Wijayakusuma yang dimulai dari bibit stek hingga tumbuh menjadi tanaman yang besar. Terdapat juga manfaat dari batang dan daun serta bunganya untuk dapat menyembuhkan penyakit. Semoga penjelasan tersebut dapat memberikan wawasan bagi kita semua.

Baca juga:

8 Manfaat Memandikan Perkutut Malam Hari

Jenis Tanaman Yang Cocok Untuk Tanah Kapu