Cara Menanam Pohon Zaitun Di Indonesia Secara Mudah

Posted on

Cara Menanam Pohon Zaitun Di Indonesia Secara Mudah

Cara menanam pohon zaitun di indonesia secara mudah – apa kalian pernah mendengar minyak zaitun? Atau kalian pernah memakainya sebagai perawatan dan kuliner? Minyak zaitun ini didapatkan asli dari pohon zaitun. Pohon zaitun sendiri jarang kita jumpai di indonesia sebab tumbuhannya hanya dapat tumbuh di sejumlah tempat khusus dalam keadaan iklim khusus.

Bila kalian tertarik mempunyai pohon ini, jangan khawatir sebab disini penulis akan membagikan beberapa tips Cara menanam pohon zaitun di indonesia secara mudah.

Profil Pohon Zaitun

Pohon zaitun dikenal dengan nama olive tree yakni pohon kecil yang mempunyai buah ukuran kecil warnanya hijau. Kalian dapat mengolah buah ini jadi minyak atau mengonsumsinya secara langsung. Ukuran pohonnya normal mempunyai ketinggian kurang lebih 8 hingga 15 meter. Daun zaitun berbentuk tunggal, warnanya hijau keperaka, panjangnya 4 hingga 10 cm dan lonjong.

Sementara bentuk batangnya keriput dan buahnya kecil. Harus kalian tau bahwa pohon zaitun mulai berbuah ketika usianya 5 tahun. Unikya lagi, kalian dapat mempunyai pohon ini hingga ribuan tahun lamanya.
Pohon ini ada teknik khusus yang perlu kalian perhatikan. Sebab pohon ini dapat tumbuh didaerah yang suhunya dingin dan dimusim kemarau panjang. Misalnya seperti didaerah malang, dieng dna juga lembang. Berikut simak ulasan lengkapnya dibawah ini :

Baca Juga :   Manfaat Menanam Sorgum Untuk Petani Selain Menjadi Bahan Pangan

1. Iklim

Pohon zaitun dapat tumbuh didaerah musim panas dan dingin. Sementara suhu dingin ringan misalnya es dapat berpengaruh pada pertumbuhannya.

2. Kekeringan

Harus kalian tau bahwa bila menanam pohon zaitun ini memerlukan keadaan tanah baik, dan ketika kalian memutuskan menanamnya dipot.

3. Persiapan tanah

Tanah baik untuk pohon zaitun selain kering pun harus drainase baik maupun berkualitas terjaga. Tambahkan pula ketika mulai persiapan tanah sebagai media tumbuh pohon zaitun. Harus kalian tau bahwa luas lahan penanaman pohon zaitun ini harus lebar supaya perakarannya dapat berkembang baik.

4. Penanaman

Bila kondisi lingkungan sesuai, maka pohon zaitun dapat tumbuh subur baik di tanah maupun dipot. Sesudah memastikan drainasinya baik, kalian atur juga pH dari tanah agar dapat diatas 6,5 bertambah kapur. Selain tersebut, tambahkan juga pupuk kandang/ sejenisnya yang kaya nitrogen sebagai sumber nutrisi tumbuhan. Menjaga supaya tanaman trus ada dibawah paparan matahari.

5. Pemangkasan

Memang pohon zaitun ini tumbuh lambat sekali. Maka, pangkasnya jarang sekali dijalankan. Akan tetapi, bila kalian menanamnya dipot biasanya pertumbuhannya jauh lebih cepat. Kalian dapat memangkas di bagian ranting yang tak harus mendukung pertumbuhannya.

6. Pengendalian hama

Harus kalian perhatikan bahwa pohon zaitun ini akan sering diserang hama. Maka aturlah dengan memberikan pembasmi hama dengan teratur guna menghindari hama tersebut. Pastikan pula mmeilih jenis insektisida tepat dan sesuai keadaan pohonnya. Jangan hanya memberikannya asal-asalan. Bila perlu kalian dapat memotong bagian dahannya yang sudah terjangkit biar tidak menyebar.

Budidaya pohon zaitun untuk pemula

Bagi kalian yang ingin menanam pohon zaitun dirumah, maka kalian bisa memperhatikan cara menanam pohon ini. Antara lain :

Baca Juga :   Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Azolla

1. Menyiapkan bibit zaitun

Untuk mendapatkan biji zaitun berkualitas baik, maka kamu dapat memperolehnya di toko tanaman dan pasar yang menjual khusus bibit ini. Pastikan juga bijinya sudah bersih dan siap untuk ditanam.

2. Menyiapkan media tanam

Sambil menunggu biji zaitun terlepas dari masa dormannya, lalu siapkan medianya berbentuk tanah, arang sekam, dan pupuk kandang. Jangan lupa mencampurkan ketiga media tanam ini dengan merata berskala perbandingan 1:1:1.

3. Persiapan penanaman

Cara menanam pohon ini dengan menyiapkan pot bila ingin menanamnya dipot maupun lahan yang sesuai keperluan pohon zaitun bila langsung ditanah. Untuk penanaman ditanah ini kalian harus menggali lebih dulu dengan kedalaman cukup tempat media yang sudah disiapkan.
Tujuannya agar pohon zaitun ini mendapatkan unsur hara cukup sebelum dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Bila kalian akan menanam pohon zaitun lebih satu maka berilah tanaman 5 m dengan alur utara selatan agar terkena cahaya matahari semuanya.

4. Perawatan pohon zaitun

Sesudah menanam pohon zaitun, jangan memberikan langsung tumbuh tanpa perawatan. Terutama untuk pohon ini, perhatikan perawatannya antara lain berikut :

  • Pertama dalam sehari kalian harus memerhatikan perawatannya dan upayakan ini dilakukan ketika sore hari. Harus kalian tau bahwa pohon zaitun dapat bertahan dalam panas matahari yang terik serta dapat beradaptasi di cuaca apa saja.
  • Kedua bila usianya sudah mencapai 30 hari, berikanlah pupuk zaitun kembali guna mengganti unsur hara yang sudah hilang sebelumnya. Pupuk yang dapat kalian berikan ini dapat berwujud NPK daun maupun dapat pula pupuk kandang dengan takaran 1 kepalan tangan saja. Sementara untuk waktu pemupukannya dapat dijalankan selama 3 hingga 6 bulan sekali saja.
Baca Juga :   Cara Penangkaran Burung Jalak Bali Bagi Pemula

Walaupun pertumbuhannya ini termasuk lambat, namun kalian bisa memangkas pohon zaitun di setiap tahunnya sesudah ranting sudah mulai panjang serta tidak diperlukan.

Nah, itulah tadi mengenai Cara menanam pohon zaitun di indonesia secara mudah. Cukup gampang kan sobat? Yuk dimulai menerapkan satu demi satu tahapan diatas tadi. Siapa tau kalian berhasil dalam uji cobanya, dan nanti bisa menghasilkan pohon zaitun yang berkualitas baik serta tumbuh subur yang berpotensi untuk dipakai sebagai bisnis yang menguntungkan dirumah. Semoga ulasan diatas tadi bisa menambah ilmu pengetahuannya. Terima kasih

Baca juga:

Cara Budidaya Rumput Azolla

Cara Mencangkok Tanaman Hias Berkayu