Cara Menanam Tomat Lumina F1 dari Mulai Perawatan Sampai Panen

Posted on

Cara Menanam Tomat Lumina F1 dari Mulai Perawatan Sampai Panen

Cara menanam tomat lumina F1 (perawatan sampai panen) – tomat adalah jenis buah yang lumayan familiar dan terkenal meluas oleh kalangan masyarakat indonesia. Tomat menjadi bagian dari sumber vitamin A dan C serta mineral. Secara umum, warga indoensia memakai tomat tak hanya menjadi buah. Akan tetapi untuk bumbu masakan yang bisa memberikan rasa asam alami di masakan pula. Manfaatnya pun mmebuat salah satu jenis buah ini banyak dijadikan media tanam para petani.

Cara Menanam Tomat Lumina F1 dari Mulai Perawatan Sampai Panen

Tomat lumina F ialah salah stau jenis varietas benih tomat terunggul. Selain mempunyai buah besar, produktifitan tomat ini tinggi sekali. Pastinya ini menarik sekali bila di bahas ya sobat. Oke, kali ini penulis akan menyampaikan seputar Cara menanam tomat lumina F1 (perawatan sampai panen).
Tahap budidaya tomat ini dimulai dari :

Cara menyemaian Tomat Lumina F1

Secara umum, teknik serta cara menjalankan persemaian tomat lumina F1 serupa pada tomat umumnya. Yaitu mulai dari pemilihan benih terunggul, berkualitas dan bersertifikat resmi, lalu dilanjutkan mengisi media tanam berbentuk campuran tanah halus serta kompos didalam polybag kecil. Kemudian benih direndam lebih dulu baru ditanami kedalam polybag.

Baca Juga :   Cara Budidaya Terong Belanda Agar Cepat Berbuah

Letakkan hasil dari persemaian di tempat terkena cahaya matahari akan tetapi terlindung dan merangsang perkecambahan maka kalian tutup di bagian permukaan polybag memakai jerami maupun batang alang-alang.

Cara Menyiapkan Lahan Tanam

Lahan tanam tomat ini dibuat dalam wujud bedengan. Yakni yang mana tanah akan diolah lebih dulu melalui pencangkulan maupun dibajak lalu dibentuklah bedengan yang ukurannya sesuai lahan yang dipunya.
Akan tetapi, untuk patokan idealnya bedengan ini berukuran 1×5 m dengan tinggi 30 cm. Sesudah itu buatlah lubang tanam yang kedalamannya 20-25 cm berjarak tanam 60×70 cm. Di dalam setiap lubang tanam tambahkan pupuk kandang maupun kompos kering, lalu diamkan selama seminggu kemudian sesudah bibit siap bisa dijalankan penanaman.

Cara Pindah Tanam Bibit Tomat Lumina F1 di Lahan Tanam

Pindahkan tanam maupun penanaman tomat lumina F1 bisa dijalankan sesudah bibit usianya 14-15 hari sesudah tanam maupun bisa dilihat pertumbuhannya bibit sendiri.
Kadang bibit yang sudah siap dipindah lapangan sudah berjumlah daun sejati dengan banyak 5-7 buah serta mempunyai tinggi minim 15cm/ satu jengkal.

Kamu bisa memilih bibit yang sehat dan tak terjangkit hama maupun penyakit, lalu sobek plastik polibag bibit kemudian tanamkan bibit didalam lubang tanam. Sesudah itu tutuplah kembali lubang tanam sampai merata dan pastikan pula akarnya bibit tomat ini tertanam semuanya.
Pilihlah bibit sehat dan juga tak terjangkit hama maupun penyakit, lalu sobek bagian plastiknya polybag bibit dan tanamkan bibit itu di dalam lubang tanam. Sesudah itu kamu tutup lagi lubangnya tanam sampai merata dan ppastikan pula bibit tomat lumina F1 ini sudah tertanam semuanya.

Cara Merawat dan Memelihara Tomat Lumina F1

• Penyiraman

Seminimalnya tanaman perlu disiram dengan banyak 2 kali dalam sehari khususnya di waktu masa awal tanam. Kemudian intensitas penyiraman bisa dikurangi serta disesuaikan keperluan dan usia tanaman.

Baca Juga :   Cara Budidaya Cabe Merah Dalam Polybag Agar Cepat Berbuah

• Pemasangan ajir

Pemasangan ajir dijalankan di waktu tanaman usianya 1 BST, ajir yang dipakai berwujud ajir bambu. Pemasangan dijalankan dengan cara menancapkan ajir di setiap sisi tanaman lalu dijalankan pengikatan supaya tanaman serta ajir ini terikat secara kuat dan tak rebah.

• Pemupukan

Pemupukan dijalankan setiap 2 sampai 3 minggu sekali memakai pupuk NPK yang dicairkan dan diberikan melalui pengocoran di tanaman. Dosis pemupukan yang diberikan ini adalah 10 hingga 15 gram perliternya. Pemupukan dilanjut melalui pemupukan daun dengan menyemprotkan di waktu tanaman usianya 25 Hst dan 50 Hst. Untuk yang terakhir pemupukan buah yang dijalankan tepat di waktu tanaman sudah mulai mengeluarkan bunga yang berdosis 20 gr perliternya.

• Penyiangan

Penyiangan dijalankan dengan membuang gulma maupun rumput dari bedengan, penyiangan ini bisa dijalankan dengan manual maupun memakai alat sabit. Seharusnya penyiangan sering dijalankan supaya pertumbuhan tanaman tomat ini baik dan meminimalisir serangan HPT.

• Pemangkasan tunas

Pemangkasan dijalankan diwaktu usia tanaman 1,5 Bst. Hal tersebut dijalankan dengan membuag tunas daun dan menyisakan bagia tunas berwujud V. Hal tersebut adalah usaha supaya merangsang pembuahan dan memutus pertumbuhan tanaman tomat lumina F1 baik dan meminimalisir serangan HPT.

• Pemangkasan buah

Pemangkasan buah dijalankan melalui cara membuang buah yang ukurannya kecil maupun tumbuh abnormal. Jadi nanti opada ketika panen hanya bisa menyisakan buah yang ukurannya besar dan berkualitas baik. Kadang di waktu pemangkasan jumlah buah yang disisakan sekitar antara 15 sampai 20 buah di setiap satu tanaman.

• Panen dan pasca panen

Panen tomat bisa mulai dijalankan di usia 90 Hst, akan tetapi bisa pula dijalankan melalui cara melihat pertumbuhan tanaman itu sendiri.
Saat buah tomat masak dan sudah mencapai usia maksimum maka di waktu itu tomat bisa dipanen dan dipetik. Untuk frekuensinya panen tomat ini bisa dijalankan setiap 3-5 hari sekali dan panen bisa dijalankan sampai 9-12 kali dalam setiap panen yang hasilnya akan terus terjadi penurunan.

Baca Juga :   Panduan lengkap Cara Budidaya Tanaman Oyong Yang Menguntungkan

Itulah tadi mengenai Cara menanam tomat lumina F1 (perawatan sampai panen). Tomat lumina F ini tomat paling unggul sekali dan besa sekali yang mempunyai berbagai manfaat bagi kebutuhan masyarakat. Semoga menjadi bahan referensi ilmu pengetahuan kalian. Terima kasih

Baca juga:

Manfaat Bercocok Tanam Bagi Kehidupan Sehari-Hari

6 Cara “Paling Mudah” Menanam Zukini Hingga Tumbuh Subur Dan Berbuah