Cara Menanam Zaitun Dari Biji Termudah

Posted on

Cara Menanam Zaitun Dari Biji Termudah

Cara menanam zaitun dari biji – buah zaitun terkenal kaya akan manfaatnya, jadi membudidayakan buah zaitun ini sangat menguntungkan. Buah yang sudah disebutkan didalam al-qur’an ini termasuk jenis pohon kecil yang tumbuh disepanjang tahun. Buah mudanya bisa dimakan mentah ataupun diawetkan jadi beragam jenis produk. Produk zaitun terkenal sekali sebagai minyak ekstrak. Fugsinya minyak ini kaya akan khasiat dan banyak sekali.

Tanaman yang asalnya dari suku oleaceae ini termasuk jenis perdu hijau abadi dengan sbunga yang bentuknya lonceng. Tinggi tanamannya jarang yang ada lebih 15 meter, terkecuali varietas pisicottana. Di kebudayaan barat, tangkainya zaitun ini yang berdaun termasuk lambang dari perdamaian. Selain dari buahnya lezat ini kayu tanaman satu tersebut berkualitas tinggi sekali. Teksturnya kayunya pun bagus sekali, keras serta indah.

Cara menanamnya zaitun dari biji

Budidaya zaitun juga dapat melalui bibitnya. Membudidayakan tanaman satu ini lewat bibit juga tak sulit kawan. Tanaman yang buahnya kaya akan vitamin E ini dapat bertahan di suhu 7 sampai 35 derajat celsius. Dari suhu ini, tanaman kaya khasitnya cocok sekali bila di tempatkan di indonesia. Nah, bagi kalian yang penasaran dengan tekniknya budidaya buah zaitun memakai biji maka simak ulasan berikut ini :

Baca Juga :   13 Gejala Dehidrasi Pada Anjing yang Wajib Diketahui

1. Hal yang harus diperhatikan sebelum kalian menanam zaitun

  • Iklim
    Tenaman yang satu ini dapat tumbuh di musim panas sampai dengan musim dingin. Akan tetapi khusus untuk temperatur yang dingin, es dapat berpengaruh pada pertumbuhan buah zaitun sendiri. Pastikan di waktu musim mekar zaitun dapat masuk di musim panas juga. Hal tersebut akan memaksimalkan penyerbukan tanman lewat angin.
  • Kekeringan tanah
    Bila tanah terlalu lembab maupun basah, pohon zaitun bisa saja rusak. Pastikan bila kalian menanam zaitun di tanah yang keadaannya baik. Bila tanaman di pot, maka pastikan pengairannya ini optimal. Aturlah pH dari tanah dengan takaran diatas 6,5 dengan menambahkan kapur. Pemakaian pupuk kandang yang kaya akan nitrogen pun perlu kalian pakai untuk memaksimalkan perkembangan biji.

2. Persiapan lahan

Mula-mulanya kalian siapkan lahan yang telah dibekali dengan drainase memadai. Siapkan pula lahan untuk tempat menanam buah zaitun dan pupuknya yang berkualitas. Lahan yang disiapkan ini hendaknya berukuran lebar jadi ini tidak akan menghambat pertumbuhan dari akar. Kalian pun dapat menambahkannya pupuk kompos guna meningkatkan nitrogen supaya menimbulkan pertumbuhan tanaman secara cepat.

Lalu lubangi lahan dengan cara menggali hingga berukuran lubang 50x50x50 cm. Kalian pun perlu menyiapkan media dari tanah yang telah bercampur dengan pupuk kandang dan sekam untuk penutup dari lubang tanamnya. Kemudian kalian istirahatkan lubang tanamnya selama 2-3 hari. Biarkanlah sinar matahari ini menerpa area lubang supaya bakterinya tanah menjadi mati.

3. Persiapan bibit serta media tanam

  • Persiapan bibit
    Supaya tanamanannya berkualitas, kalian dapat memakai bibit zaitun yang terdapat di toko – toko tanaman maupun pasar khusus. Pastikan pula bijinya siap untuk ditanam, tak cacat, mempunyai bentuk normal dan bersih.
  • Persiapan media tanam
    Media tanam dari pohon zaitun ini isinya tanah, arang sekam dan pupuk kandang. Berilah ketiga unsur tersebut dengan skala perbandingannya 1:1:1. Lalu campurkan ketiganya ini dengan skala itu sampai merata.
Baca Juga :   Manfaat Menanam Sorgum Untuk Petani Selain Menjadi Bahan Pangan

4. Persiapan penanaman

Kalian dapat menanam zaitun di pot maupaun langsung di tanah. Namun, yang terpenting media tanamnya ini harus sudah siap dengan campuran dari arang sekam dan pupuk kandang misalnya seperti yang sudah dibahs pada nomor dua tadi. Kalian bisa langsung menanam biji di potnya. Bila menanamnya di lahan, maka tempatkan di galian tanah yang mempunyai kedalaman lumayan guna tempat media tanam.

Tujuan memakai meia tanam walaupun langsung ditempatkan di lahan supaya tenamannya pohon ini lebih dari satu, dan berikanlah jarak dari tanaman kurang lebih 5 meter saja. Alur dari tanamnya pun yakni utara dan selatan, supaya tanaman yang terkena oleh sinar matahari bisa secara optimal.
Supaya tanaman kokoh dan juga tidak miring maka kalian dapat memadatkan penutup lubangnya tanaman dengan cara menepuk atau diinjak dengan ringan. Jangan sampai nanti terlalu padat sebab akan membuat pertumbuhan dari tanaman akar ini terhambat.

5. Perawatan zaitun

Zaitun adalah tanaman yang cocok didaerah panas. Penyiramannya ini hanya sehari sekali. Akan tetapi kalian pun bisa menambah kapasitas penyiramannya bila kelembaban tanah sedikit bawah standar. Jangan lupa untuk membersihkan area tanam dari hulma, tanaman yang mengganggu serta berbagai hama. Karena tanaman satu ini sensitiff sekali dengan pertumbuhan tanaman liar.

6. Pemberian pupuk

Bila pohon zaitun usianya 30 hari, kalian dapat memberikan pupuk sebab unsur hara tanahnya mulai hilang. Jenis pupuknya pun berwujud NPK daun atau pupuk kandang. Sementara takarannya hanya 1 kepal saja. Untuk pemupukan kalian dapat melakukannya dengan kurun 3 sampai 6 bulan sekali saja. Pangkaslah ranting panjang dan tak harus setiap tahun.

7. Pengendalian hama serta penyakit

Seperti tanaman lain, ada beberapa masalah penyakit dan hama pada zaitun. Seperti bercak daun cerospora, batang, akar membusuk dll. Untuk mengendalikannya ini kalian bisa memakai pestisida berdosis tepat. Selain itu kalian emmakai insektisida tepat. Bila diperlukan potonglah bagian dahannya hama itu supaya tak menyebar.

Baca Juga :   10 Cara "Paling Mudah" Memberi Pakan Burung Beo

Demikianlah tahapan dari Cara menanam zaitun dari biji. Zaitun memang cenderung dikhasiatkan sebagai minyak. Namun fungsinya bisa dipakai untuk berbagai jenis penyakit, dan bisa diformulasikan sebagai kecantikan. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

12 Cara Membuat Kucing Akrab Dengan Kucing Lain

Cara Budidaya Daun Bidara Dengan Mudah