Cara Mengatasi Bulu Rontok Kucing Anggora

Posted on

Cara Mengatasi Bulu Rontok Kucing Anggora

Cara Mengatasi Bulu Rontok Kucing Anggora – Kucing anggora merupakan salah satu jenis kucing yang diminati banyak orang untuk dipelihara, kucing anggora memiliki wajah unik dan bulu di tubuhnya yang menggemaskan dan menimbulkan kesenangan ketika memegang atau mengelusnya.

Persoalan yang kerap dialami kucing anggora ialah bulu rontok dan tercecer dimana mana sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi siapa saja. Jika bulu kucing telah rontok anda perlu melakukan beberapa hal untuk mengurangi kerontokannya. Dibawah ini beberapa tips dan cara mengatasi bulu rontok kucing anggora sebagai perawatan terbaik bagi kucing anggora.

1. Tetap Jalankan Perawatan Rutin

Rontoknya bulu pada kucing anggora normalnyayaitu saat kucing anggora sedang hamil, ketika memang waktunya untuk pergantian bulu baru, dan ketika sedang musim panas karena kucing tidak tahan dengan cuaca yang terlalu panas.
Jadi kalian tak perlu khawatir jika masih dalam kondisi wajar. Tetap jalankan perawatan keseharian rutin seperti biasanya dan jaga kebersihan dengan cara segera membersihkan bulu yang rontok agar tidak mengganggu kucing anggora itu sendiri dan orang-orang di sekitarnya.

Baca Juga :   9 Jenis Tanah Yang Baik Untuk Tanaman Terlengkap

2. Hindarkan dari Stres

Kucing anggora yang sedang stres juga akan mempengaruhi bulunya rontok. Karena pembuluh darah yang mengirim nutrisi ke seluruh tubuh tidak bekerja maksimal sehingga pasokan nutrisi ke bulu nya pun berkurang.
Untuk mengatasi bulu rontok tersebut kalian harus menghilangkan stresnyadulu. Beri dan ajak dia bermain serta luangkan waktu untuk mengajaknya jalan-jalan di sekitar rumah supaya dia mendapatkan hiburan dan jauh dari stres.

3. Periksa Shampo Mandi

Kucing anggora tidak boleh dimandikan dengan shampo sembarangan. Kucing yang tidak cocok dengan produk shampo tertentu dapat mengalami bulu rontok karena alergi. Konsultasikan dengan dokter hewan kepercayaan kalianuntuk mendapatkan saran shampo yang terbaik sesuai kondisi bulu kucing anggora.

4. Mandikan Kucing Anggora

Mandikan kucing anggora secara rutin dan jangan memberikan tekanan keras ketika mengusapkan shampo ke badannya. Kucing anggora yang jarang dimandikan akan membuat bulunya kotor sehingga banyak bakteri di dalamnya dan merangsang kerontokan. Sebaiknya lakukanlah perawatan dengan disiplin.

5. Perawatan Setelah Mandi

Jagalah bulu kucing anggora supaya tetap kering setelah dimandikancaranyayaitu dengan menggunakan hairdryer ataupun kipas angin setelah memandikannya.

6. Periksa Kadar Vitamin

Lakukan pemeriksaan jumlah kadar vitamin yangkalian berikan pada kucing anggorakemudian konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran jumlah dan jenis vitamin yang tepat. Vitamin memang bagus untuk kesehatan kucing anggora, tetapi jika berlebihan akan membuat kulitnya kering dan bulu rontok. Sebaiknya berikan vitamin sesuai kebutuhan saja.

7. Periksa Produk Makanan

Tidak semua makanan dapat diberikan kepada kucing, ada makanan yang baik dan tidak baik untuk kucing terutama kucing anggora yang membutuhkan makanan dengan gizi terbaik untuk kesehatan tubuh dan bulunya. Periksa kandungan makanan yang kalian berikan, konsultasikan pada dokter hewan untuk mengetahui jenis dan porsi makanan yang terbaik untuknya.

Baca Juga :   Cara Burung Gereja Cepat Gacor

8. Sisir dengan Sisir Khusus

Gunakan sisir khusus kucing untuk menyisir bulu kucing kalian, jangan menggunakan sisir biasa yang kasar atau hanya menggunakan tangan, sisir yang baik juga berperan untuk menjaga kesehatan bulu bulunya.

9. Cukupi Gizinya

Gizi kucing anggora yang cukup dan seimbang tercermin dari tubuhnya yang sehat dan bulu subur yang tidak mudah rontok. Perhatikan ulang porsi makanan dan keseimbangan nutrisi yang kalian berikan, beri makanan sesuai usia dan kebutuhan kucing anggora. Karena kurang gizi juga salah satu sebab terjadinya rontok pada bulu kucing anggora

10. Cegah Dehidrasi

Minuman akan berpengaruh pada kesehatan dan keelastisan kulit kucing anggora. Kucing anggora yang dehidrasi akan memiliki kulit yang kering dan bulu rontok.

11. Jaga Suhu Lingkungan Sekitar

Kucing anggora tidak tahan dengan cuaca panas, bulunya akan rontok untuk menghilangkan panas dari tubuhnya. Di musim panas, letakkan dia di ruangan dengan suhu yang sejuk seperti AC atau kipas angin di ruangannya, suhu terbaik untuk kesehatan kucing anggora dan menjaga kesehatan bulunya adalah 20 sampai 25 .

12. Hindarkan dari Kelembaban

Tingkat kelembaban terbaik untuk kucing anggora adalah 40 sampai 50%, jika lebih atau kurang akan berpengaruh pada kesehatan bulunya.

13. Periksa Adanya Kutu atau Jamur

Kutu dan jamur menyebabkan bulu kucing anggora rontok. Timbulnya kutu dan jamur merupakan dampak dari tidak sesuainya suhu dan tingkat kelembaban lingkungan kucing anggora dan perawatannya sehari hari. Periksa apakah terdapat kutu atau jamur pada kulitnya, umumnya ditandai dengan kulit yang lebih kering dari sekitarnya dan sikap tidak nyaman dari kucing tersebut dengan terus menggaruk atau menggigit bagian tersebut.

Baca Juga :   Syarat Wadah Untuk Pembenihan Ikan Belut Yang Benar

14. Beri Obat Bulu Rontok

Jika kalian sudah berusaha mengatasi kerontokan bulunya tetapi masih tetap hingga menyebabkan ketidaknyamanan pada kucing kalian, langkah terbaik adalah membawanya ke dokter hewan untuk diberikan obat bulu rontok dan mencegah masalah yang lebih lanjut.

15. Periksa Kondisi Kesehatan

Sebelum membawanya ke dokter tak ada salahnya untuk memeriksa kondisi kesehatannya, periksa nafsu makannya, keaktifannya, dan kondisi kulitnya. Bulu rontok pada kucing anggora juga bisa menjadi suatu ciri penyakit.
Ketika kalian sudah memahami sepenuhnya kondisi kesehatan umum pada kucing kalian, kalian dapat berkonsultasi dan memberikan gambaran yang lebih jelas sehingga dokter hewan pun dapat memberi pengobatan serta saran yang terbaik.

Itulah pembahasan tentang Cara Mengatasi Bulu Rontok Kucing Anggora secara tepat. Dengan cara diatas, bulu kucing anggora akan lebat dan berkurang rontoknya. Selamat mencoba.

Baca juga:

Cara Memberi Minum Burung Hantu Paling Tepat

Cara Budidaya Ikan Corydoras