Cara Mengatasi Ikan Arwana Kurang Nafsu Makan

Posted on

Cara Mengatasi Ikan Arwana Kurang Nafsu Makan

Cara Mengatasi Ikan Arwana Kurang Nafsu Makan – Hal menarik dari memelihara ikan arwana adalah ketika waktu makan. Ikan arwana biasanya diberi pakan hewan jangkrik hidup atau hewan kecil jenis lain. Saat pemilik melempar makanan ikan, maka ikan arwana yang lapar pasti akan cepat menyantapnya.
Namun, itu bisa berkurang saat ikan arwana kekurangan nafsu makan. Berikut ini beberapa cara mengatasi ikan arwana kurang nafsu makan yang bisa kalian terapkan dalam ikan arwana peliharaan:

1. Pancing Dengan Makanan Kesukaan Arwana

Cara pertama untuk mengatasi ikan arwana yang kurang nafsu makan yaitu dengan memberikan makanan kesukaan arwana.
Dalam memilih makanan kesukaan arwana, maka harus disesuaikan dengan ukuran ikan arwana. Untuk ikan arwana yang masih kecil, maka bisa dengan memberikan cacing beku. Namun untuk ikan arwana yang dewasa bisa diberikan cacing tanah. Cacing beku atau cacing tanah sama-sama bisa diberikan untuk ikan arwana dengan ukurannya dibawah 18 cm.
Sementara jika panjangnya melebihi 18 cm dapat kita beri makanan berupa jangkrik, ulat jerman, udang, dan ulat hongkong. Bila ukurannya lebih dari 25 cm bisa diberikan apa saja sesuai kesukaan arwana.

Baca Juga :   Cara "Sukses" Budidaya Ikan Arwana Di Akuarium

2. Tambahkan Dengan Arus

Cara terbaik selanjutnya yaitu menambahkan arus dalam akuarium untuk merangsang rasa lapar dari ikan arwana.
Menambah arus dapat membuat ikan arwana berenang melawan arus itu, sehingga akan merangsang rasa laparnya. Hal yang perlu diperhatikan ketika akan menambahkan arus ialah memastikan arus tidak terlalu kencang sebab bisa membuat ikan arwana stress.

3. Jangan Berikan Pakan Terlalu Banyak

Banyak pemilik arwana yang berpikir jika memberikan banyak makanan pada ikan arwana, maka akan membuat tubuhnya bisa semakin cepat besar. Meski memang benar, namun interval tetap harus diperhatikan yakni jangan terlalu banyak diberikan dalam sekali waktu makan dan membuat arwana hingga kekenyangan. Sebab ikan arwana akan mogok makan hingga 1 sampai 2 hari karena masih kekenyangan.

Sehingga nantinya membutuhkan lebih banyak waktu untuk mencerna makanan dan baru akan kembali makan jika proses pencernaannya sudah selesai. Sebaiknya beri makanan yang cukup dalam sekali pemberian makan dan bisa dilakukan sebanyak 2 hingga 3 kali sehari tergantung dari selera makan arwana.

4. Variasikan Makanan

Pakan yang sama dan itu itu saja tak dapat mencukupi seluruh kebutuhan gizi ikan arwana sehingga dirinya merasa bosan. Jadi, berikan makanan bervariasi pada arwana setiap hari untuk mencegah penurunan nafsu makan ikan arwana.

5. Memastikan Kestabilan Air

Metode lainnya ialah selalu menjaga keadaan air pada akuarium. Jangan mengurangi jumlah air pada akuarium terlalu banyak, hanya perlu 20 sampai 30% saja setiap 2 sampai 3 hari sekali. Pastikan juga air pengganti yang kalian gunakan sudah terbebas dari kaporit dan air mengandung banyak oksigen.

6. Cuci Kapas Dengan Berkala

Tahap ini juga penting dilakukan karena air akuarium yang kotor akan berdampak ikan arwana mengalami stress sehingga menurunan nafsu makannya.
Cuci kapas dan ganti dengan yang baru. Apabila akan mengganti kapas dengan yang baru, maka pastikan kapas baru tersebut sudah direndam dalam air selama 24 jam sebelum digunakan.

Baca Juga :   Tips Mudah Budidaya Lele Berkumis Bernilai Jual Tinggi

7. Atur Pemanas dan Penerangan Dengan Baik

Selanjutnya adalah pengaturan pemanas atau heater. Pengaturanheater yang paling tepat untuk ikan arwana sekitar 30 derajat celcius. Selain itu, faktor penerangan juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Pastikan penerangan akuarium cukup juga tidak terlalu gelap untuk mengembalikan nafsu makan ikan arwana.

8. Tambahkan Perlengkapan Akuarium

Berbagai kebutuhan ikan juga harus tercukupi, baik dalam hal makanan maupun peralatan yang terdapat pada akuarium supaya tak mengurangi nafsu makan arwana dalam akuarium.
Keadaan akuarium yang indah dan selalu bersih mampu menambah nafsu makan arwana sekaligus juga membuat arwana tak terjangkit penyakit. Perlengkapannya seperti tambahkan aerator, filter, lampu TL, dan juga heater.

9. Setting Akuarium Seperti Habitat Asli

Ikan Arwana tak ingin makan dapat diakibatkan juga oleh lingkungan yang ada pada akuarium yang tak sesuai terhadap lingkungan asli. Jadi, akan meningkatkan pola stress arwana.
Sebaiknya lengkapi akuarium dengan berbagai perlengkapan supaya membuat akuarium terlihat seperti habitat aslinya seperti tumbuhan air, pasir dan juga bebatuan.

10. Berikan Kelabang

Kelabang merupakan makanan yang dapat menambah nafsu makan ikan arwana, baik untuk pertumbuhan dan untuk mencerahkan warna ikan arwana karena mengandung beta karoten. Selain itu, kelabang juga merupakan salah satu jenis makanan kesukaan ikan arwana sehingga sebaiknya hanya diberikan ketika ikan arwana tidak nafsu makan, karena dapat membuat arwana tidak mau makan makanan yang lain.

11. Berikan Pil Penambah Nafsu Makan

Cara mudah lain untuk mengatasi ikan arwana yang tidak nafsu makan yaitu memberikan pil penambah nafsu makan khusus arwana yang bisa didapatkan di toko penjual ikan dan perlengkapan arwana. Pil ini bisa diberikan sebanyak satu kali dalam sehari atau disesuaikan dengan dosis dan ikuti juga petunjuk pada kemasan dengan benar.

Baca Juga :   Cara Budidaya Ikan Lele Dalam Waktu 2 Bulan

12. Halangi Pandangan Ikan Arwana

Cara terakhir yaitu Menghalangi pandang ikan arwana. Pada bagian depan akuarium yang tak ada halangan pandangannya menjadikan arwana terganggu oleh lalu lalang yang ada didepannya yang membuatnya kurang nyaman. Sehingga, tutup bagian dengan akuarium dengan koran atau penutup lain
agar arwana nyaman serta nafsu makannya pun menjadi normal. Bila nafsu makannya telah kembali, maka penutupnya pun dapat dibuka lagi.

Itulah pembahasan tentang Cara Mengatasi Ikan Arwana Kurang Nafsu Makan yang bisa kita ikuti. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Ciri – Ciri Burung Nuri yang Mudah dan Perlu Untuk Diketahui

Cara Melestarikan Burung Jalak Bali