Cara Menyembuhkan Penyakit Pada Bebek

Posted on

Cara Menyembuhkan Penyakit Pada Bebek

Cara Menyembuhkan Penyakit Pada Bebek – Ketika ingin mulai beternak bebek, maka hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah tentang penyakit bebek agar keuntungan yang bisa didapat bisa maksimal. Penyakit pada bebek terbagi menjadi dua yaitu penyakit menular dan tidak menular. Untuk cara penyembuhan penyakit pada bebek juga sangat bervariasi yang disesuaikan dengan jenis penyakit. Berikut ini tentang cara pengobatan yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi penyakit pada bebek.

1. Mengatasi Avian Influenza

Penyakit Avian Influenza atau AI dapat menyerang sistem kekebalan tubuh bebek yang disebabkan oleh virus. Beberapa tanda yang bisa dilihat adalah bengkak di area sekitar mata, keluar cairan dari hidung bebek, bersin bersin, keluar air mata dan merupakan penyakit yang bisa menular ke bebek lainnya, sehingga harus segera diatasi dengan cara memisahkan bebek yang sakit dengan bebek yang sehat. Meski penyakit ini belum bisa diobati, tetapi sudah ada vaksin yang dapat digunakan untuk mencegah penyakit Avian Influenza pada bebek.

2. Mengatasi Colera

Colera adalah salah satu penyakit menakutkan bagi para peternak sebab angka kematian akibat penyakit ini sangat tinggi. Colera pada bebek disebabkan karena bakteri pasteurella multocida yang biasanya menyerang anak bebek berusia 4 bulan ke atas. Gejala yang ditimbulkan adalah sesak nafas dan diare. Jika bebek terkena colera, maka segera pisahkan dengan bebek sehat kemudian berikan preparat sulfa serta antibiotik untuk bebek yang sakit.

Baca Juga :   Tips Memelihara Burung Jalak Kapas Bagi Pemula

3. Mengatasi Salmonellosis

Penyakit salmonellosis pada bebek terdiri dari 3 jenis yaitu avian paratyphoid, pullorum atau berak kapur dan juga fowl typhoid. Untuk gejala dari avian paratyphoid pada bebek yaitu nafsu makan yang menurun, diare dan terlihat tidak bergairah. Sedangkan untuk gejala pullorum adalah kotoran berwarna putih, tidak nafsu makan, sering terkejut dan juga terlihat seperti merunduk. Sementara untuk gejala fowl typhoid adalah kotoran berwarna hijau agak coklat, tidak nafsu makan dan mudah terkejut.

Bebek yang telah terkena penyakit ini akan tumbuh dengan lambat sebab usus bebek sudah terluka. meski penyakit ini sudah sembuh, namun bibit penyakit masih mungkin terbawa bersama kotoran. Untuk mengatasinya, kalian bisa memberikan antibiotik dan juga beberapa jenis obat lainnya seperti koleridin, tetrachlor, sulfamix dan juga trimezyn.

4. Mengatasi Cacar

Cacar bisa terjadi pada semua bebek tidak memandang usia dengan gejala timbul bintik bintik kecil atau seperti benjolan pada kepala dan kaki bebek.
Cacar pada bebek terbagi menjadi dua yaitu cacar kering dan juga cacar basah. Penyakit cacar dapat menyerang rongga mulut bebek sehingga kesulitan makan atau minum yang akibatnya bebek lemas dan akhirnya mati. Pengobatan yang dapat dilakukan yaitu mengelupas benjolan hingga berdarah kemudian berikan yodium tingture atau betadine.

5. Mengatasi Berak Darah

Penyakit berak darah dapat terjadi pada semua umur bebek dengan gejala seperti tidak nafsu makan, berat badan yang menurun dan semakin lama bisa membuat bebek lumpuh. Penyakit ini merupakan jenis penyakit menular dari kotoran. Langkah pencegahan yang bisa dilakukan adalah menjaga kebersihan kandang, kelembaban kandang dan juga diberikan antibiotik yang dicampur pada minum atau pakan bebek.

Baca Juga :   13 Cara Mengatasi Kucing Muntah Cacing Agar Cepat Sembuh

6. Rickets Duck

Rickets duck atau kekurangan vitamin D yang disertai dengan kekurangan kalsium serta fosfor dapat menyebabkan penyakit tulang dan kelumpuhan. Bebek yang terkena penyakit ini mengalami kelainan pada persendian kakinya.
Untuk pencegahan penyakit ini dengan menambahkan kalsium, fosfor dan vitamin D pada pakan. Untuk mengatasi kekurangan vitamin D juga bisa menambahkan 2% tepung tulang dalam pakan bebek dan biarkan terkena sinar matahari.

7. Botulism

Botulism atau limberneck pada bebek terjadi ketika bebek memakan bangkai atau daging yang sudah lama. Bangkai yang sudah berulat ini mengandung kuman Clastridium Botulinium yang berbahaya karena memproduksi racun. Gejala yang terlihat yaitu bebek tidak dapat berdiri tegap dan tubuh lunglai sesudah 1 hingga 3 hari makan bangkai tersebut dan beberapa jam kemudian bebek akan mati.
Untuk mencegahnya, pisahkan bebek sakit dengan sehat agar tidak menular dan untuk pengobatan tradisional bisa diberikan 1 sendok makan minyak kelapa dan air minum yang bersih.

8. Coryza

Coryza pada bebek disebut juga dengan penyakit menular yang terjadi karena mikroorganisme. Penyakit ini umumnya akan menyerang bebek pada awal pergantian musim dengan kontak langsung bebek sakit dan bebek sehat.

Gejala yang ditimbulkan yaitu keluar cairan kental dari mata dan biasanya menyerang bebek berusia 1 minggu sampai dengan 2 bulan namun juga dapat terjadi di semua umur. Untuk pengobatan bisa disuntik dengan Streptomycin Sulphat dengan dosis 0.4 gram berdasarkan patokan berat badan yang dilakukan 1 kali sehari selama beberapa hari.

9. Alfatoksikosis

Penyakit ini biasanya menyerang hati sehingga organ hati bebek akan membesar. Pencegahan yang dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan kandang dan menaburi lantai dengan kapur. Sedangkan pengobatan bisa dilakukan dengan pemberian antibiotika yang dicampur pakan atau minuman.

Baca Juga :   Cara Mencangkok Tanaman Hias Berkayu

10. Sinusitis

Sinusitis bisa terjadi pada bebek dewasa karena pemeliharaannya yang buruk, kurang mineral pada pakan dan juga tidak ada kolam untuk bermain. Gejala yang ditimbulkan yaitu bengkak pada sinus, keluar cairan jernih dari hidung dan sekresi mata berbusa.

Pencegahan bisa dilakukan dengan memelihara bebek secara baik. Sedangkan untuk pengobatan bisa dilakukan dengan suntikan antibiotika Streptomycin pada sinus yang sakit sebanyak 1/2 gram yang dilarutkan dengan 20 cc air untuk bebek dewasa dan dilakukan dua hari sekali.

Itulah pembahasan tentang Cara Menyembuhkan Penyakit Pada BebekĀ yang harus kita ketahui. Selamat mencoba.

Baca juga:

5 Cara Merawat Pohon Mangga Yang Sedang Berbunga

9 Cara Membasmi Hama Semut Pada Tanaman Cabe Dengan Cara Sederhana