12 Cara “Sukses” Merawat Ayam Bangkok Super Jalu Supaya Menang Terus

Posted on

Cara Merawat Ayam Bangkok Super Jalu Supaya Menang Terus

Cara merawat ayam bangkok super jalu – ayam bangkok merupakan ayam yang asalnya dari thailand berkualitas dan kerap dipakai menjadi ayam petarung. Ayam ini mempunyai sifat petarung paling kuat sama dengan ayam liar jadi akan bertarung habis-habisan dengan tujuan pertahan wilayah mereka.
Namun merawat ayam ini memerlukan trik khusus agar ayam bangkok super jalu ini bisa berkualitas. Berikut ini kami berikan ulasan mengenai Cara merawat ayam bangkok super jalu.

Cara Merawat Ayam Bangkok Super Jalu Supaya Menang Terus

1. Memilih indukan

Sama halnya memelihara ayam lainnya, saat memelihara ayam ini perhatikan kualitas indukannya. Pilihlah indukan aktif, lincah serta sehat. Selain tersebut ayam bangkok tak diperkenankan cacat/ sedang sakit. Sebab bisa memengaruhi kualitas indukan dan faktor lain.

2. Pemilihan kandang

Lokasinya kandang antara lain :

  • Lokasi kandang jaraknya minim 5 m dari tempat tinggal
  • Kontur tanah diupayakan perlu datar dan ada sejumlah pohon pelindung yang dapat mengatur sirkulasi udara air yang lancar tidak ada sumbatan
  • Upayakan lokasinya kadang ditumbuhi rumput karena sebagai ganti tambahan makanan mereka.
  • Mempunyai saluran air lancar tanpa sumbatan.
  • Kandangnya menghadap arah matahari terbit
  • Kandangnya dipagari semen/ batu
Baca Juga :   10 Tips Memilih Burung Merpati Balap Berkualitas

3. Pemilihan jenis kandang

Untuk memelihara ayam ini pun dapat dijalankan dengan sejumlah jenis kandang yakni kandang umbaran satuan, kandang tidur, dan kandang postal.
• Kandang umbaran satuan fungsinya kawain dan dipakai menjadi kandang anakan 1,5 hingga 3 bulan.
• Kandang postal ialah kandang khusus ayam jenis ini yang masih baru menetas berukuran 1 m
• Kandang tidur ialah kandang khusus bagi ayam pada malam hari beralaskan panggung jaraknya 1,5 m.

4. Perawatan bibit

Setelah ayam bangkok yang betina bertelur, maka kalian perlu menyiapkan kandang ayam lainnya guna meletakkan telur serta biarkan induknya mengerami telur sampai menetas.
Setelah menetas pisahkan bibit ayam bangkok terhadap indukannya. Rawatnya bibit ayam ini secara baik agar menghasilkan ayam bangkok unggulan.

5. Pemberian pakan bibit ayam bangkok

Saat merawat bibit ayam ini pemberian pakan pun penting sekali bila diperhatikan. Sejumlah peternak beranggapan bila ayam ini usia 1 hingga 2 hari Cuma diberikan air karena keperluan nutrisi ayam ini terpenuhi dari kuning telur dari bulunya.
Akan tetapi setelah lewat usia 2 hari, maka pemberian pakannya berwujud pur dengan jumlah cukup.

6. Pemberian suplemen tambahan

Anak ayam bangkok mulai besar dan perlu diberikan pakan berkomposisi berbeda yaitu campuran susu bubuk bayi serta pur yang perbandingannya 1:5 bagi anakan ayam bangkok usia 1 sapai 4 bulan berbeda cara menernak.
Hal ini penting sekali dijalankan untuk pembentukan bulu, tulang dan sjeumlah bagian tubuh anak ayam lain.

7. Pencabutan bulu bibit ayam

Bulu anak ayam ini yang sudah tumbuh lebat sekali dapat menghabiskan porsi gizi terhadap asupan makan ayam bangkok. Untuk itu, hendaknya kalian mencabut sebagian dulu ayam ini saat usianya mencapai 3 mingguan. Pencabutan bulu ayam ini dapat dijalankan dengan memotong bulu pada bagian ekor maupun sayap.
Setelah ayam ini masuk di usia 2 bulan, maka kalian dapat mencabut bulu ayam ini yang rontok di bagian punggung serta bulu leher. Setelah ayam ini masuk udia 2 bulan , maka bulunya di punggung serta leher dapat dicabut guna mengoptimalkan penyerapan makanan guna pertumbuhannya.

Baca Juga :   7 Cara Ternak Hamster Anggora Yang Baik dan Benar

8. Perawatan intensif anakan

Untuk memelihara ayam ini di masa perawatan ayam dari awal sampai usianya 6 bulan maupun sampai memiliki bulu rawis dan leher yang sudah tumbuh pula hendaknya Cuma dipelihara dalam kandang saja seperti budidaya ayam pedaging.
Hal tersebut perlu dijalankan gua menghindari ayam kehilangan energi yang banuak sebab bermain. Energi yang dipunya ayam hendaknya dipakai pertumbuhan tubuh jadi tak terbuang sebab bermain. Bila masih ingin dibiarkan untuk bermain, maka hendaknya jangan lebih 30 menit saja perharinya.

9. Pakan ayam di bawah 3 bulan

Untuk pemberian pakannya masih umur dibawah 3 bulan, sehingga akan terhadi pertumbuhan sistem gerak signifikan jadi pemberian pakan penting sekali diperhatikan. Pilihlah pur pakan yang mengandung kalsium dan tinggi protein.
Pemberian pur tersebut dapat dijalankan dengan langsung maupun dicampur air hangat bersama pur.
Akan tetapi ingin memberikan pakan dengan dicampur, sehingga pastikan pula keberishan kandang secara baik bila kondisinya lembab di tempat pakan ayam yang dapat mengakibatkan pertumuhan dapat meracuni ayam.

10. Pemberian pakan usia 3 sampai 6 bulan

Ayam bangkok usia antara 3 sampai 6 bulan memerlukan kalsium protein, lemak dan karbohidrat guna pertumbuhan otot dan dagingnya sama dengan memelihara cara menernak ayam petelur dirumah.

11. Pemberian pakan diatas usia 6 bulan

Untuk ayam yang sudah menjelang dewasa, sehingga dapat diberikan pakan lebih keras daripada pakan biasnaya. Akan tetapi perhatikan pula jenis ayam yang kalian punya. Bila ayam jenis pukul maka dedaknya makanan baik sekali bila diberikan. Akan tetapi bila ayam bangkok jalu maka baik sekali diberikan gabah, konsentrat dan beras merah.

12. Mandikan ayam

Untuk menjaga penampilan dari ayam maka perlu dimandikan secara teratur. Akan tetapi, dalam memandikannya ini tak diperbolehkan asalan sebab dapat berpengaruh terhadap perfomanya saat bertarung.
Nah, mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai Cara merawat ayam bangkok super jalu. Latihan fisiik ayam bangkok super jalu ini juga diperlukan agar bertarungnya bisa lebih lincah. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa membantu kalian. Terima kasih.

Baca Juga :   15 Cara Memelihara Musang Pandan Untuk Pemula

Baca juga:

Cara Menanam Buah Tin Agar Berbuah Lebat

Cara Memelihara Anak Kucing Tanpa Induk Dibawah Umur