20 Cara Mudah Ternak Kroto dengan Media Besek, Paralon, Toples Paling Murah

Posted on
20 Cara Mudah Ternak Kroto dengan Media Besek, Paralon, Toples Paling Murah
5 (100%) 1 vote[s]

Cara Ternak Kroto dengan Media Besek, Paralon, Toples Paling Murah

Cara ternak kroto – mungkin untuk pemula yang akan membudidaya kroto adalah sebuah hal yang tabu/ jarang mengetahuinya. Sebab, memang belum banyak orang yang menjalankan budidaya kroto. Akhirnya kamipun berinisiatif membagikan informasi tentang cara ternak kroto. Dengan melihat beberapa cara ternak kroto berikut ini, tentunya anda bisa berternak dengan cara yang tepat dan menguntungkan.

Cara Ternak Kroto dengan Media Besek, Paralon, Toples Paling Murah

Cara Ternak Kroto

Terdapat 2 (dua) cara ternak kroto, yakni dari budidaya dan alam. Berikut ini akan kami bagikan cara untuk ternak kroto dari keduanya, antara lain :

1. Beternak bibit kroto dari alam

Kemungkinan kalian sering melihat beberapa orang membawa gala yang panjang menggunakan jaring. Nah, sebenarnya mereka ini sedang mencari bibit kroto yang ada di alam bebas. Jadi bisa disebut bahwa cara inilah yang mereka lakukan ketika beternak kroto dialam. Mereka menjual hasil tangkapannya ini dimalam hari lalu menjualnya dipasar pagi hari.

Baca Juga :   15 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Paling Efektif

2. Beternak bibit kroto yang dari budidaya

Beternak kroto dengan budidaya ini dilakukan melalui cara pembelian bibit kroto dipeternak lain. Jadi hal ini sebagai alternatif kedua bila sulit memperoleh kroto dialam bebas. Akan teteapi, kalian tidak harus membeli kroto dari peternak lain supaya dapat menghemat biaya budidaya.

Cara Lain Budidaya atau Ternak Kroto

Sebenarnya selain diatas tadi masih ada cara lagi untuk ternak kroto, diantaranya :

1. Beternak bibit kroto tidak menggunakan ratu

Alternatif ini yakni dengan beternak tanpa ratu semut. Kadang dijual dengan terpisah dengan penjual dengan harga ratu kroto yang lebih mahal. Namun, cara ini membutuhkan modal, maka kalian bisa beternak kroto tapa ratu. Caranya kalian hanya dengan merangsang saja, namun hal ini sama dengan beternak kroto dialam bebas.

2. Beternak bibit kroto toples

Kemudian cara budidaya kroto menggunakan toples. Beternak kroto memakai media toples tersebut mempunyai kelebihan serta kekurangan, diantaranya :

  • Kelebihan : wadahnya mudah diperoleh serta relatif murah, proses panennya mudah sekali dilakukan, teknik penjualannya sangat cepat dan bisa emngamati perkembangan serta pertumbuhan kroto secara mudah sebab toplesnya bening.
  • Kelemahan : sebenarnya beternak memakai kroto toples ini kelemahannya hanya wadahnya mudah penuh sebab keterbatasan tempat.

3. Beterak bibit kroto menggunakan besek

Untuk beternak memakai media besek sebenarnya hampir sama menggunakan media toples. Perbedaannya hanya dalam kapasitas ruangan. Berikut kelebihan dan kekurangannya :

  • Kelebihan : mempunyai ruang lumayan luas, terbuat dari bahan akami jadi medianya tidak gampang rusak serta temperaturnya dan kelembaban optimal sangat baik bagi pertumbuhan kroto.
  • Kelemahan : media besek cenderung mahal, tidak gampang memperoleh media besek sebab terbatasnya media dan jarang dijumpai serta tidak dapat mengamati pertumbuhan dan perkembangan kroto.
Baca Juga :   7 Cara Ternak Hamster Anggora Yang Baik dan Benar

4. Beternak bibit kroto menggunakan paralon

Kalian pun memakai paralon menjadi media ternak bibit kroto. Media tersebut banyak peternak kroto memakai media paralon sebagai salah satu inovasi media besek dan setoples. Berikut kelemahan dan kelebihan kroto memakai media paralon.

  • Kelebihan : media paralon paling mudah untuk diperoleh sebab banyak yang menjualkan, media lebih awet, kerapian terjamin dan lebih menampung banyak.
  • Kelemahan : pengemasan bibit paling sulit dilakukan, sulit menjalani panen, lebih susah mengamati pertumbuhan serta perkembangan kroto.

5. Beternak bibit kroto menggunakan kardus

Kemungkinan memakai karduus sangat aneh sekali, tetapi sudah banyak peternak kroto memakai meda kardus menjadi wadah budidaya. Berikut kelemahan dan kelebihannya menggunakan media kardus :

  • Kelebihan : ukurannya sangat variatif, kardus paling mudah diperoleh sebab stoknya banyak serta cenderung murah.
  • Kelemahan : kalian tidak dapat memantau pertumbuhan dan perkembangan kroto, permanen paling sulit dilakukan serta bila salah kardusnya maka krotopun tidak dapat hidup nyaman.

Tips Beternak Kroto

Ada sejumlah point terpenting bila kalian akan membudidayakan kroto, khususunya kalian yang masih pemula menjadi peternak kroto pemula atau yang berpengalaman. Poin-poin ini dapat membawa kalian sebagai pebisnis ternak. Berikut ini poin-poin pentingnya :

1. Lingkungan

Kalian memakai lingkungan yang sangat benar mendukung budidaya kroto. Ciri-cirinya :

  • Cahaya yang redup
  • Sirkulasi udara baik
  • Suhu udara 26-30 derajat celsius
  • Kelembaban udara hingga 60-72%

2. Kandungan kroto

Untuk kandang yang baik ialah terbuat dari rak berbahan serat dan usahakan jumlahnya bibit sesuai yang kalian ternak. Jangan melebihi kapasitas kandang hingga mengakibatkan sempit dan terganggunya sirkulasi udara kroto.

3. Keamanan

Keamanan dalam beternak jangan dispelekan. Kalian dapat memberikan air di 4 kaki kandangnya kroto. Supaya semut tidak berceceran pad alantai dan upayakan kabur dari kandang, sehingga membuat semut-semut nyaman.

Baca Juga :   15 Cara "Paling Efektif" Merawat Golden Retrievers Agar Jinak

4. Pakan kroto

Upayakan kroto bisa tumbuh dan berkembangbiak secara baik dan sehat. Berikan pakan berwujud ulat hongkong, jangkrik, pisang, atau belalang. Kalian pun bisa memberikan minum dengan air gula dengan perbandingan 1:4 sehingga diperoleh kroto yang sehat pula.

Pakan Kroto

Berikut ini beberapa macam pakan kroto yang bisa kalian jadikan referensi untuk berternak, diantaranya :

  1. Ulat hongkong
    Ulat hongkong kaya akan protein, nutrisi, ekstrak non nitrogen, air, lemak kasar, dan nutrisi.
  2. Ulat pisang
    Kandungan nya kayak akan enzim dan protein.
  3. Cacing tanah
    Mempunyai kandungan protein, karbohidrat, asam amino.
  4. Belalang
    Mengandung banyak nitrogen, gizin menjadi energi dan protein pula.
  5. Jangkrik
    Mengandung protein, omega 3, serta kalori menjadi asupan perkembangbiakan kroto.

Lokasi Budidaya Kroto

Utuk lokasi harus jauh terhadap keramaian, rendah ketinggian dan sangat suka mempunyai suhu ±26 derajat celsius dan kelembabannya kurang lebih 60-70%.

Nah, itulah beberapa penjelasan bagaimana cara ternak kroto dengan baik dan benar. Kalian dapat memulainya sekarang juga dengan panduan budidaya diatas tadi. Kalian harus benar-benar menjaga kebersihan dari kandangnya. Selamat mencoba.

Baca juga: