Cara Terpenting Menanam Bunga Sri Gading yang Belum Banyak Diketahui

Posted on
Cara Terpenting Menanam Bunga Sri Gading yang Belum Banyak Diketahui
5 (100%) 1 vote[s]

Cara Terpenting Menanam Bunga Sri Gading yang Belum Banyak Diketahui

Bunga sri gading – mempunyai nama lain yakni bunga sirih gading. Bunga ini termasuk salah satu tanaman yang masuk dalam kategori tanaman hias tervaforit bagi pecinta tanaman yang kadang dimanfaatkan sebagai hiasan ruangan atau pekarangan kalian dan dari sejumlah kasus telah ditemukan bunga sri gading ini menjadi hiasan ruangan tempat instansi, sekolah dan masih banyak lainnya.

Menanam Bunga Sri Gading

Bunga sri gading tumbuh dengan cara merayap dan tidak rewel. Yang dimaksud dengan rewel disini yakni bunga sri gading lebih tahan dengan berbagai keadaan ini memang ditentukan dari kualitas tanaman tersebut sebab suatu tanaman yang rawan terjangkit “penyakit” sebab asalnya dari bibit yang kurang berkualitas.
Nama latin bunga sri gading ialah empipremnum aureum, dimana tumbuhan jenis tersebut masih dalam 1 keluarga/ spesies keluarga araceae dimana asalnya dari mo’orea, polinesia negara perancis.

Bunga srigading berkembang pada negara maupun daerah yang mempunyai iklim mulai tropis hingga daerah sub tropis di seluruh dunia, misalnya negara australia utara dan daerah asia tenggara hingga berkembang di sejumlah negara pakistan, india, hawali, sampai bangladesh.

Mitos Tentang Bunga Sri Gading

Berdasarkan pendapat dari orang, bunga sri gading ini dianggap menjadi pohon setan/ devil’s lvy. Kenapa? Sebab memang perkembangan tanaman ini tak dapat dikontrol maupun tidak dapat dibasmi sebab bunga ini dikatakan invasif dibandingkan tanaman jenis lainnya dimana akibat invasif tersebut dapat membuat tanaman terseut dapat menutup tanah dengan lebih cepat daripada tanaman lainnya.

Baca Juga :   5 Cara Mudah Menanam Bunga Tanaman Lee Kuan Yew dan Perawatannya Lengkap

Akan tetapi, disejumlah negara misalnya india dan pakistan, bunga ini malah dikenal menjadi tanaman uang/ bahasa inggrisnya money plant sebab bunga ini dipercaya dapat memberikan keuntungan untuk siapa saja yang memeliharanya dan kadang para penduduk yang ada pada negara pakistan, india atau bangladesht menaruh jenis bunga ini ditoko mereka dengan harapan membuat toko mereka laris ramai pengunjung.

Akan tetapi meski demikian, masih jarang orang mengetahui mengenai cara menanam bunga ii sebab mungkin minimnya pengetahuan serta informasi mereka yang diperoleh. Akan tetapi, kalian tak harus khawatir sebab dikesempatan kali ini akan kami bagikan pembahasan mengenai cara menanam bunga sri gading.

Cara Menanam Bunga Sri Gading

Berikut ini kami jelaskan tentang bagaimana cara menanam bunga sri gading dan cara merawatnya, antara lain :

1. Cara menanam bunga sri gading di pot

  • Pertama memilih benih dengan kualitas terbaik
  • Membuat sebuah media berbentuk campuran tanah subur dengan pupuk organik atau menggunakan campuran tanah menggunakan pupuk kandang/ kompos.
  • Kemudian menyiakan pot sesuai besarnya bunga sri gading tersebut
  • Selanjutnya kalian harus memerhatikan bibit yang dtanam ini mempunyai potongan batang dengan jarak lumayan jauh terhadap pukuk, yaitu jarannya sekitar 10cm.
  • Dan yang terakhir ialah kalian harus memerhatikan saat menanam, arah maupun posisi dari tanaman ini tak terbalik sebab dalam sejumlah hasus posisi saat menanam bunga ini terbaik, jadi mengakibatkan tanaman tidak dapat tumbuh secara vauk atau malah justru dapat mati.
    Kalain harus tau bahwa bila kalian menaruhnya bunga ini dalam kanvas maka kalian perlu mengganti airnya 2 hingga 3 hari sekali supaya air ini tak dijadikan tempat perkembangbiakan jenik lalu berubah jadi nyamuk.
Baca Juga :   6 Cara Menanam Tanaman Hias Daun Suplir Yang Baik dan Benar

2. Cara menanam bunga sri gading dalam air

  • Pertama kalian harus memotong bagian atas yang sudah mempunyai akar panjang sekitar 15 cm.
  • Kemudian kalian masukkan batang ini dalam wadah yang memang sebelumnya sudah diisi dengan air. Air ini kemudian akan dipakai supaya mengandung mineral asli mislanya menggunakan air sumur.

3. Cara merawat bunga sri gading

Sebenarnya cara merawatnya ini tak jauh berbeda dengan yang lain, sebab memang perawatannya dilakukan tak sulit. Berikut caranya :

  • Bila sudah mengalami musim kemarau, maka sebaiknya kalian harus menyirami tanaman tersebut setiap hari sebab dikhawatirkan bila kalian jarang menyiramnya maka akan mengakibatkan bunga sri gading jadi kering.
  • Secara umum, perawatan ini tak dianjurkan dengan menyiram tanaman tersebut saat hari masih sangat panas maupun menyiramnya dengan langsung didaunnya, sebab akan mengakibatkan daun menjadi rusak.
  • Akan tetapii, kalian perlu menyiramnya maupun tanaman jenis lain saat udara masih terlihat sejuk seperti saat sore hari atau malam hari apalagi kalian juga bisa menyiramnya sejak dini hari. Hal tersebut fungsinya selain untuk mencegah daun dari tanaman sri gading supaya tak rusak, maka menyiramnya ini di waktu waktu yang sudah kami sebuatkan tadi guna mengindarkan air ini menyuap dibandingan terserap tanaman tersebut sendiri.

Bagi kalian yang sudah pernah melihat bunga ini sudah pasti sangat suka dan pastinya akan membudidayakannya. Namun ada juga beberapa diantara kalian yang masih belum faham apa yang dimaksud dengan bunga sri gading itu sendiri atau bisa pula menemukan bunga ini dan mempunyai bunga ini namun tidka mengetahui bahwa ini dikenal dengan nama bunga sri gading. Maka artikel ini menjadi sumber pengetahuan bagi kalian ya sobat.

Baca Juga :   7 Cara Menanam Melati Belanda Bagi Pemula "Paling Mudah"

Oke sobat. Sangat mudah kan menanam bunga sri gading ini? Tanaman ini di sejumlah negara banyak sekali mitosnya, ada yang dijadikan sebagai pohon setan, ada yang sebagai tanaman uang dan masih banyak lagi mitos lainnya. Dengan pengetahuan dan juga informasi yang kami berikan ini harapannya nanti supaya menamabah wawasannya, mempermudah kalian dalam menanam bunga sri gading dan mempermudah dalam hal perawatannya. Terima kasih.

Baca juga: