Ciri – Ciri Burung Merpati Mau Bertelur

Posted on

Ciri – Ciri Burung Merpati Mau Bertelur

Ciri – Ciri Burung Merpati Mau Bertelur – Bagi kalian para peternak burung, mengetahui kapan burung peliharaannya akan bertelur merupakan sesuatu hal yang sangatlah penting. Dengan mengetahui kapan burung peliharaaan anda akan bertelur, maka disini anda harus mempersiapan makanan, kandang, perawatan burung dan juga lain sebagainya supaya lebih mudah untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa ciri ciri merpati mau bertelur yaitu.

1. Betina terlihat lebih gelisah

Ciri yang pertama yaitu perubahan psikis yang akan terjadi pada burung merpati yang mau bertelur seperti kegelisahan. Burung merpati betina akan cenderung terlihat menjadi lebih gelisah pada saat burung itu ingin bertelur. Kegelisahan itu misalnya mewujud dalam gerakan yang berulang-ulang dilakukan di dalam kandang (tidak harus gerakan yang gesit atau cepat).

2. Mengumpulkan jerami

Perubahan psikis-fisik yang akan terjadi pada burung merpati Anda ketika dia ingin bertelur atau adanya aktivitas mengumpulkan jerami untuk membuat sebuah tempat pengeraman dan penetasan telur yang ia bawa. Ketika burung merpati akan bertelur nanti sudah tersedia tempat yang nyaman baginya untuk bertelur. Perlu anda ingat bahwa aktivitas ini hanya terjadi jika tidak tersedia tempat yang menurutnya nyaman dibuat untuk bertelur di dalam kandang yang sudah disediakan.

Baca Juga :   9 Manfaat "Penting" Menanam Tanaman Obat Di Pekarangan Rumah

3. Tidak banyak bergerak

Salah satu perubahan psikis-fisik yang akan terlihat jika burung merpati betina akan bertelur selanjutnya yaitu aktivitas gerak yang dilakukan oleh burung merpati betina mulai berkurang. Berkurangnya aktivitas yang dilakukan ini bukan berarti burung merpati betina akan terlihat benar-benar pasif seutuhnya, namun pengurangan ini mengacu pada penurunan kadar aktivitas geraknya seperti terbang, berlarian, dsb.

4. Perut membesar

Selanjutnya adalah perubahan fisik berupa ukuran perut yang tak sama dengan biasanya. Burung merpati betina yang akan bertelur sudah memiliki telur yang ada di dalam perutnya. Hal itu akan membuat ukuran perutnya menjadi membesar sampai pada saat akhir ia ingin bertelur. Oleh karena itu dengan memerhatikan bagian perutnya maka kita bisa melihat apakah burung merpati betina Anda sudah dapat akan bertelur atau tidak.

5. Makan lebih sedikit

Ciri bahwa burung merpati Anda akan bertelur selanjutnya adalah adanya penurunan nafsu makan yang akan terlihat dari berkurangnya intensitas burung merpati untuk menyantap makanan. Walaupun ciri ini bukan menjadi ciri yang utama, dan juga bisa jadi jarang terjadi, akan tetapi Anda dapat menjadikan ciri ini sebagai salah satu indikator untuk mengetahui burung merpati Anda akan bertelur atau tidak.

6. Mencari tempat yang aman

Ciri burung merpati betina yang akan bertelur selanjutnya adalah berkaitan dengan mencari tempat yang aman untuk menetaskan telurnya. Sebagai seorang ibu yang ingin menghasilkan yang terbaik untuk calon anak-anaknya kelak, maka salah satu hal yang perlu disiapkan oleh sang induk ketika dia akan bertelur adalah adanya tempat yang aman bagi calon anak-anaknya untuk menetas. Oleh karena itu burung merpati akan mencari tempat yang dirasanya aman untuk menelurkan telur-telur yang ada di dalam tubuhnya.

Baca Juga :   Kegunaan Pupuk AB Mix Untuk Tanaman

7. Mencari tempat yang hangat

Sebagai seorang ibu yang ingin menghasilkan yang terbaik untuk calon anak-anaknya kelak, selain mempersiapkan tempat yang aman, hal lain yang perlu disiapkan oleh sang induk ketika dia akan bertelur yaitu tempat yang hangat untuk menetas.

Oleh karena itu burung merpati betina akan berusaha mencari tempat yang aman untuk menetaskan telur-telur yang ada di dalam tubuhnya dan tempat yang memiliki kehangatan supaya telur tersebut bisa tumbuh dengan optimal. Jika tak ada tempat hangat, pastinya dirinya tetap menelurkan di tempat menurut kebutuhan calon anak-anaknya tersebut.

8. Menolak untuk kawin

Salah satu ciri dari burung merpati betina yang akan bertelur berikutnya yaitu perilaku burung merpati yang berusaha untuk menolak perkawinan yang ingin dilakukan oleh pejantan pada dirinya. Hal itu sangatlah wajar mengingat burung betina tersebut sebentar lagi akan mengeluarkan telurnya sehingga dia tidak akan ingin dikawini oleh pejantan yang dapat merusak telur-telur yang akan dikeluarkan nantinya. Dengan demikian bila ada pejantan yang berusaha untuk mengawininya burung merpati akan bertindak lebih agresif dari biasanya.

9. Dikejar-kejar burung jantan (sudah melalui masa giring)

Salah satu ciri burung merpati betina Anda akan bertelur selanjutnya yaitu apabila dia sudah melalui masa giring sebelumnya. Masa giring merupakan masa ketika burung jantan mengejar-ngejar burung merpati betina untuk melakukan perkawinan namun sebelumnya sudah melakukan perkawinan. Biasanya tidak lama setelah melalui masa giring tersebut burung merpati betina Anda akan segera mengeluarkan telurnya. Namun bisa jadi setelah masa giring ini burung merpati betina Anda masih akan melakukan perkawinan sehingga ia akan bertelur setelah masa perkawinan yang kedua ini terjadi.

Baca Juga :   Cara Merawat Pot Gantung Dan Tanaman Hiasnya

10. Menjadi lebih agresif

Salah satu perubahan fisik yang akan terjadi pada burung merpati betina berikutnya yaitu meningkatnya agresivitas yang dimilikinya baik pada lingkungan sekitar maupun pada sesama jenis burung merpati bahkan pada pejantan yang menjadi pasangannya.

Perubahan mood yang terjadi ini karena burung merpati betina akan menjadi lebih berhati-hati terhadap segala potensi yang dapat mengancam calon anaknya nanti menjadi tidak menetas dengan sempurna. Karena itulah sebaiknya Anda haruslah lebih berhati-hati saat mendekati burung merpati yang sedang mengalami “masa kehamilan” dan sebentar lagi akan bertelur.

Itulah pembahasan tentang Ciri – Ciri Burung Merpati Mau Bertelur. Jika burung merpati anda memiliki cirri cirri diatas, anda bisa menyiapkan tempat hangat untuk bertelur. Dan siapkan semuanya dengan baik. Semoga bermanfaat,

Baca juga:

Cara Menjinakkan Burung Gereja Liar Dan Gesit

Makanan Burung Gereja Yang Bernutrisi Tinggi