12 Ciri Hewan Aves Terlengkap Beserta Contohnya Lengkap

Posted on

Ciri Ciri Hewan Aves Terlengkap Beserta Penjelasannya

Ciri ciri hewan aves terlengkap beserta penjelasannya – aves merupakan salah satu jenis makhluk hidup yang tergolong dalam kelompok kingdom hewan (animal). Kingdom hewan dibedakan jadi 2 (dua) bagian yakni vertebrata dan invertebrata. Yang mana kedua jenis tersebut mempunyai perbedaan antara vertebrata serta invertebrata baik dalam evolusi, struktur tubuh, sistem reproduksi dan kemampuan mereka dalam beradaptasi bersama lingkungan. Berikut ini Ciri ciri hewan aves terlengkap beserta penjelasannya.

12 Ciri Hewan Aves Terlengkap Beserta Contohnya Lengkap

1. Tubuh dipenuhi bulu

Ciri ciri hewan aves pertama ialah hewan tersebut dipenuhi bulu dalam tubuhnya. Bulu aves ini fungsinya untuk melindungi tubuh mereka terhadap suhu di lingkungan (luar tubuh mereka). Dengan mereka mempunyai bulu yang tertutupi kulit jadi mereka bisa mengatur suhu tubuh mereka baik panas maupun dingin.

2. Rangka tubuh yang ringan serta tulang keropos

Struktur rangka tubuh hewan aves ringan sekali dan tulang yang keropos. Hal tersebut memudahkan mereka dalam menjalankan pergerakan, khususnya di bagian sayap mereka.

Baca Juga :   15 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Yang Banyak di Cari

3. Berkembang biak melalui bertelur (ovipar)

Aves berkembangbiak melalui cara pertemuan diantara aves betina dengan aves jantan. Lalu aves betina bisa menghasilkan telur dimana dapat kita sebut menjadi contoh hewan ovipar. Telur yang dihasilkan terhadap pembuahan ini akan melahirkan aves baru. Adapun untuk pembentukan calon aves baru dapat menetap harus masa waktu dierami. Masa menetas tiap aves ini berbeda beda dan bergantung dengan proses pengeramannya.

4. Hewan homoioterm (berdarah panas)

Cara kerja hewan aves yang tergolong homoioterm dengan cara mengatur suhu tubuh lewat proses berkeringat maupun proses radiasi. Proses radiasi dalam sistem pengaturan suhu hewan berdarah panas sebab adanya emisi terhadap energi elektromagnet jadi panas ditransfer menuju ke obyek lain yang tak langsung. Dalam aves sistem pengaturan suhu telah diatur lewat laju metabolisme memakai perubahan hormon. Dengan begitu suhu dalam tubuh aves dapat konsisten tetap.

5. Bersayap dan sepasang kaki

Fungsi sayap serta kaki hewan aves ialah memudahkan mereka dalam berpindah tempat (akomodasi). Kadang sejumlah hewan aves memakai sayapnya guna bermigrasi di tempat lain.

6. Bernafas menggunakan sejumlah paru-paru serta kantung hawa.

Kantung hawa dalam hewan aves fungsinya bila aves kekuragan udara jadi cadangan udara dalam kantung hawa yang fungsinya ketika dibutuhkan saja.

7. Habitat perairan dan daratan

Sejumlah aves bisa hidup di 2 habitat yakni perairan dan juga daratan. Kadang daratan dipakai oleh aves menjadi tempat guna istirahat ataupun terjadi telur yang mereka hasilkan. Sejumlah hewan aves ada yang sedang mencari makanannya didaratan dan perairan/ sistem mereka berpindah tempat ini dapat memakai sayap serta kaki mereka.

8. Bagian bulu dalam tubuh aves terdiri atas plumae, plumulae dan filoplumae

Bagian bulu dalam tubuh aves ini terdiri atas 3 (tiga) bagian yang mempunyai fungsi berikut ini :
• Plumae fungsinya menjaga keseimbangan ketika terbang
• Filoplumae fungsinya menjaga suhu tubuh hewan aves
• Plumulae fungsiya memberi bentuk hewan aves

Baca Juga :   8 Manfaat Memandikan Perkutut Malam Hari

9. Sistem ekskresi memakai ginjal serta tidak terdapat kandung kemih

Dalam hewan aves, sistem ekskresi dijalankan ginjal dengan membentuk metanefros. Metanefros ialah ginjal yang mempunyai glomerulus dalam jumlah banyak. Ketidakadaannya kandung kemih mengakibatkan saluran ureter langsung masuk dalam kloaka.

10. Bagian jantung terdapat 4 (empat)

Jantung dalam hewan aves tak sama dengan bagian jantung dalam hewan vertebrata. Pada hewan aves, jantung bisa dibedakan jadi 4 (empat) ruang mencakup atrium kiri, atrium kanan, ventrikel kanan serta ventrikel kiri.

11. Sistem peredaran darah tertutup

Sistem peredaran darah yang tertutup darah tertutup dalam hewan aves dapat dilihat dari struktur peredarah darah yang Cuma terdiri atas jantung serta pembuluh darah. Proses sistem peredaran darah dalam aves terdiri 2 (dua) yakni peredaran darah kecil serta peredaran darah besar.

12. Organ reproduksi antara betina dengan jantan berbeda

Organ reproduksi jantan aves terdiri atas sepasang testis, vas deferens serta kloaka. Pada organ reproduksi bentina aves terdiri atas 3 yakni ovarium kanan dan ovarium kiri, oviduk dan kloaka.
Sesudah kalian tau tentang ciri ciri hewan aves. Kemudian kalian harus menambah pengetahuan mengenai klasifikasi hewan vertebrata misalnya amphibi, reptil, ikan dll.

Contoh hewan aves

Cntoh hewan aves adalah hewan yang mempunyai ciri khas yakni kantung udara bagian paru berfungsi ketika terbang mirip elang, gagak, dll. Hewan aves adalah hewan yang termasuk vertebrata yang mempunyai tulang belakang. Aves berkembang biak dengan bertelur atau ovivar. Kelas aves dibagi dalam 28 ordo. Berikut sejumlah ordo kelas aves, diantaranya :

  1. Casuariiformes (kasuari)
  2. Psittaciformes (nuri)
  3. Galiformes (unggas)
  4. Passeriformes (penyanyi)
  5. Falconiformes (pemangsa)
  6. Strigiformes (burung hantu)
  7. Columbiformes (merpati)
  8. Dll.

Berikut contoh hewan yang tergolong kategori burung :

  1. Aquila verreauxii
  2. Polemaetus bellicosus
  3. Blekok sawah (ardeola speciosa)
  4. Haliaeetus albicilla
  5. Pithecophaga jefferyi
  6. Haliaeetus leucocephalus
  7. Aquila chrysaetos
  8. Harpia harphyja
  9. Aquila audax
  10. Haliaeetus pelagicus
Baca Juga :   6 Makanan dan Minuman "Terbaik" Untuk Kucing Kampung

Nah, itu dia ya sobat Ciri ciri hewan aves terlengkap beserta penjelasannya. Hewan ini mempunyai sifat homoikoterm maupun berdarah panas. Hewan burung ini mempunyai sistem peredaran darah dalam aves yaitu peredarah ganda. Aves melakukan perkembang biakan dengan cara bertelur atau dikenal dengan nama ovivar. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan pengetahuan yang lebih mendalam tentang hewan aves beserta cirinya. Terima kasih

Baca juga:

Cara Menanam Daun Mint Termudah

Jenis Tanaman Hidroponik Yang Mudah Ditanam dan Modal Sedikit