12 Contoh Ikan Predator Air Tawar Terlengkap Beserta Penjelasannya

Posted on
12 Contoh Ikan Predator Air Tawar Terlengkap Beserta Penjelasannya
5 (100%) 1 vote[s]

Contoh Ikan Predator Air Tawar Terlengkap Beserta Penjelasannya

Conroh ikan predator air tawar terlengkap beserta penjelasannya – makhluk hidup pasti dikelompokkan menjadi pemangsa serta yang dimangsa. Konsep dari interaksi diantara kedua makhluk hidup yang seperti itu bisa dikenal menjadi predasi. Contoh simbiosis predasi dan penjelasnya bisa dikaitkan ke dalam istilah biologi yang tergolong ke dalam rantai makanan.

12 Contoh Ikan Predator Air Tawar

Jika teman teman masih ada yang belum memahami tentang rantai makanan maka bisa melihat artikel kami sebelumnya. Rantai makanan bisa berarti menjadi perpindahan energi dari satu makhluk hidup menuju makhluk hidup lainnya dengan membentuk sebuah rantai makanan. Nah, sesudah kalian tau mengenai predasi serta rantai makanan, maka disini kami akan melanjutkan pembahasan berikutnya yakni Contoh ikan predator air tawar terlengkap beserta penjelasannya.

Contoh Ikan Predator Air Tawar

Berikut ini adalah contohnya ikan predator air tawar, antara lain :

1. Ikan arapaima gigas

Ikan arapaima gigas merupakan ikan purba yang ukurannya besar dan tergolong ke dalam keluarga osteoglossidae. Ikan arapaima gigas asalnya dari wilayah ameriika selatan. Keadaan tubuhnya besar, yakni bisa mencapai panjang kurang lebih 3 meter dengan ukuran bobot 200 kilogram. Berdasarkan fisik ikan arapaima gigas mempunyai ciri fisik yang hampir mirip dengan ikan arwana. Sejumlah hewan yang digunakan mangsa dari ikan arapaima gigas ini ialah ikan kecil, lobster, kepiting, udang, hingga hewan daratan yang terjebak dalam air.

Baca Juga :   Budidaya Lele Dumbo Kolam Terpal (Rangka Besi) Untuk Pemula

2. Ikan flat nosed catfish

Menurut asalnya, ikan ini dibagi menjadii dua wilayah yakni amerika selatan dan asia. Kelompok ikan ini asalnya dari amerika selatan. Menurut fisiknya, ikan ini mempunyai kumis. Contohnya seperti tiger shovelnose catfish, red tail catfish, serta pictus cat.

3. Ikan alligator

Ikan ini merupakan ikan purba yang telah hidup semenjak puluhan juta tahun lalu. Menurut kategori jenisnya ikan ini mempunyai 7 jenis ikan yang bisa bertahan hidup sementara 19 jenis yang lain telah punah. Asal ikan ini asalnya dari amerika utara serta amerika tengah. Bila dilihat fisiknya, ikan ini mempunyai gigi tajam bentuknya kerucut berjumlah banyak dan mempunyai mulut moncong. Contoh ikan ini atractoteus tristoecus, dan lainnya.

4. Ikan hujeta

Ikan ini merupakan jenis ikan asal amerika selatan tergolong jenis predator. Ikan ini menurut bentuk fisik mempunyai bentuk bentuk mirip paruh burung sedikit melengkung kebawah di rahang bawah lebih pendek terhadap rahang atas. Adapun bagian gigi halus sebagai mangsa ikan ini sulit bernafas.

5. Ikan knifefish

Ikan knifefish ialah ikan yang asalnya amerika selatan. Ikan ini memangsa korbannya menggunakan cara diam serta korbannya ialah ikan yang ukurannya paling kecil ikan knifefish tergolong ikan yang sangat agresif. Berdasarkan fisiknya, ikan ini merupakan ikan yang mempunyai tubuh pipih mirip pisau. Misalnya seperti pisau. Contohnya white ghost, brown ghost dan black ghost.

6. Ikan palmas

Ikan palmas ialah ikan yang asalnya dari afrika barat. Ikan tersebut tergolong ikan pemangsa yang berukura tak jauh beda dengan ikan palmas. Berdasarkan fisiknya, ikan ini tubuhnya mirip naga yang coraknya pasir. Contohnya ialah polypterus, barred nirchir dan ornate bichir.

Baca Juga :   Perbedaan Lele Sangkuriang Jantan Dan Betina Penting Dalam Pembenihan

7. Ikan peacock bass

Ikan ini merupakan ikan yang asalnya dari amerika selatan yang mempunyai tubuh warnanya kuning kehijauan serta sangat cerah. Contoh ikan ini ialah monoculus peacock bass, Orinoco peacock bass dan oscelaris.

8. Ikan fahaka puffer

Jenis ikan ini bentuk badannya bulat serta lonjong. Berwarna sangat cantik, yakni bagian ekornya warnanya merah sedangkan untuk tubuhnya bagian atas warnanya belang hijau dan coklat kehijauan. Namun dibagian bawah tubuh ikan tersebut warnanya putih,

9. Ikan jaguar cichlid

Jenis predator dari keluarga cichlid berikutnya ialah jaguar. Habitatnya sama dengan wolf cichlid yang asalnya dari amerika serika. Berdasarkan keterangan hobis ia mempunyai gigi dan rahang kuat skeali. Jaguar dapat bertumbuh besar sampai 50 cm menggunakan perawatan baik.

10. Ikan belida

Ikan belida tergolong jenis ikan yang asalnya dari Negara Indonesia. Bkadang belida hidupnya pada sungai sungai serta rawa rawa. Dulu ikan ini bermanfaat menjadi bahan utama sehingga membuat krupuk serta empek empek. Akan tetapi, semakin jalannya waktu maka ikan ini menjadi sulit dijumpai sampai akhirnya hari ini lebih banyak bermanfaat menjadi ikan predator air tawar.

11. Ikan dzat atau datnoid

Ikan ini termasuk ikan artis atau yang kerap masuk di tv. Habitat asli dari ikan ini ialah di amerika. Yang sangat penting ialah dapat membedakan antara ikan pacu dengan ikan predator piranha, karena keduanya ini hampir sama. Ikan ini sifatnya tim/ keroyokan. Yakni hanya dapat menyerang mangsanya jika sedang bergerombolan serta jika sendirian ini akan berubah jadi penakut.

12. Ikan arwana

Ikan merupakan jenis ikan predator terpopuler. Sejumlah spesies arwana yang asalnya dari indoensia misalnya sumatera dan Kalimantan barat. Walaupun ini jenis predator namun arwananya yang emmiliki ciri khas berbeda dari ikan predator yang lain.

Baca Juga :   4 Cara Paling Mudah Budidaya Gurame di Kolam Beton Beserta Tipsnya

Ikan ini banyak jenisnya serta setiap jenis arwana mempunyai keindahan warna serta sisik berbeda beda. Ada silver, emas dan merah. Ikan ini pun diyakini membawa keberuntungan jadi harganya juga mahal.

Demikianlah pembahasan mengenai Contoh ikan predator air tawar terlengkap beserta penjelasannya. Beberapa ikan predator ini dijumpai di berbagai Negara, seperti amerika, asia dan masih banyak lainnya. Baiklah sekian informasinya dari kami, semoga bermanfaat pengetahuannya ini. Terima kasih

Baca juga: