Inilah, Fungsi Dan Kandungan Pupuk NPK Mutiara (Pupuk Biru) Lengkap

Posted on
Inilah, Fungsi Dan Kandungan Pupuk NPK Mutiara (Pupuk Biru) Lengkap
3.7 (73.33%) 6 vote[s]

Inilah, Fungsi Dan Kandungan Pupuk NPK Mutiara (Pupuk Biru) Lengkap

Inilah, Fungsi Dan Kandungan Pupuk NPK Mutiara (Pupuk Biru) Lengkap – Pemupukan didefinisikan salah satu upaya memberikan sejumlah unsur hara baik organik (pupuk kandang atau kompos) atau pupuk anorganik (pupuk tunggal atau pupuk majemuk) yang akan dimanfaatkan tanaman untuk pertumbuhan primer maupun pertumbuhan sekunder. Aktivitas pemupukan merupakan bagian yang tidak bisa dihilangkan dalam rantai pemeliharaan atau perawatan tanaman,pemupukan terbaik pada tanaman berdasarkan 3 T yaitu ; tepat waktu,tepat dosis,tepat pemberian.

Dewasa ini,siapa yang tidak mengenal jenis pupuk NPK mutiara atau pupuk biru ini,pupuk ini Terkenal dan Populer dikalangan pembudidaya baik di sektor Hortikultura, Pangan, Perkebunan. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kelumit, mengenai kandungan,fungsi serta manfaat pupuk NPK Mutiara ke tanaman, sehingga kita dapat bersama mengetahui, jenis pupuk apa yang terbaik dan akan direkomendasikan untuk aplikasikan ke tanaman.

Inilah, Fungsi Dan Kandungan Pupuk NPK Mutiara (Pupuk Biru) Lengkap

Pupuk NPK Mutiara

Merupakan golongan jenis pupuk buatan (anorganik) bersifat majemuk (Pupuk yang mengandung lebih dari satu unsur), berbentuk granul (butiran) dan berwarna biru. Pupuk NPK mutiara dibuat melalui proses Odda dalam pelarutan batuan fosfat menggunakan asam nitrat. Jenis pupuk NPK Mutiara mengandung sekitar 16 % N (Nitrogen), 16 % P2O5 (Phospate), 16 % K2O (Kalium), 0,5 % MgO (Magnesium), 6 % CaO (Kalsium) dan kerena banyak kandungan unsur dalam jenis pupuk ini terkenal dengan istilah pupuk NPK 16-16-16.

Baca Juga :   Jajar Legowo (4:1) Cara Efektif Menghemat Pengunaan Pupuk Tanaman Padi

Harga pupuk NPK Mutiara di pasaran terbilang cukup mahal,pupuk ini tergolong jenis pupuk impor dari negara Norwegia. Harga pupuk NPK Mutiara ini, dapat mencapai Rp.12.000-15.000/kg  dan harga dalam 1 sak (50 kg) Rp.600.000/sak. Meskipun pupuk ini lumayan mahal,ternyata jenis pupuk ini sangat laris manis dipasaran dan banyak di cari para pembudidaya, karena kandungan formula lebih Joss gandoss ke tanaman dibandingkan jenis pupuk dalam negeri.

Keunggulan Dan Fungsi Pupuk NPK Mutiara

Keunggulan Pupuk NPK Mutiara Antara Lain; Menjaga keseimbangan unsur hara makro (Nitrogen, Phospor, Kalsium )dan mikro (Kalsium (Ca) Magnesium (Mg) Mangaan (Mn), Besi (Fe), Belerang (S),Tembaga (Cu), Seng (Zn) Boron (Bo) dan Molibden (Mo).) Memiliki kandungan unsur hara mikro seperti CaO dan MgO sebagai unsur hara pelengkap dan dibutuhkan oleh tanaman. Pupuk ini dibuat melalui proses Odda sehingga, bersifat mudah larut dan bereaksi.

Beberapa Fungsi Pupuk NPK Mutiara

  • Dapat membantu,mempercepat, memperbanyak, memperkuat tanaman serta memudahkan akar dalam menyerap hara pada tanah. Mempercepat pertumbuhan tunas dan mencegah kekerdilan pada tanaman. Mencegah tanaman mengalami kerontokan bunga dan buah, sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian. Membantu dalam proses fotosintesis tanaman dalam membentuk zat gula,tepung dan protein lebih meningkat. Meningkatkan Produktivitas hasil panen.
  • Memperbaiki dan menjaga pertumbuhan Pertumbuhan primer (pertumbuhan ukuran panjang pada bagian batang tumbuhan karena adanya aktivitas jaringan meristem primer) serta pertumbuhan sekunder (pertambahan besar dari organ tumbuhan karena adanya aktivitas jaringan meristem sekunder yaitu kambium pada kulit batang, kambium batang, dan dan akar).
  • Penggunaan pupuk NPK Mutiara ini tidak hanya terbatas hanya dalam pengunaan serta pengaplikasi untuk tanaman tertentu dapat juga diberikan untuk tanaman pangan, hortikultura, ataupun perkebunan. Pupuk ini memiliki reaksi ke tanaman yang cepat mudah diserap dan dapat serap oleh setiap tanaman manfaat hebat dari pupuk NPK mutiara ini.
  • Dalam pengaplikasiaan dan penggunaan jenis pupuk ini pada dasarnya sama dengan jenis pupuk majemuk pada umumnya, namun untuk lebih memaksimalkan hasil,salah kunci keberhasilan dalam pemupukan adalah T3 (tepat waktu pupuk,tepat dosis,tepat pemberian),oleh kerena itu jenis pupuk ini pengaplikasi dan pemberian kesetiap jenis tanaman seperti; pangan, hortikultura, dan perkebunan memiliki teknik perbeda-beda.
Baca Juga :   Membuat Sendiri Pupuk Kompos Dengan Dekomposer

Pemberian pupuk untuk jenis tanaman perkebunan,dengan karakteriktik serta morfologi akar,berdominan berakar tunggang. Pemberian pupuk NPK mutiara dapat diberikan dengan cara disebar dan dibenam (tanam),mengunakan cangkul umumnya membentuk lingkaran atau titik 4 atau 5.

Pemberian pupuk untuk jenis tanaman hortikultura dan jenis tanaman pangan memiliki kemiripan dan karakteristik serta morfologi akar berdominan beakar serabut. Pemberian pupuk NPK Mutiara diberikan dengan cara dibenam atau dikocor. Cara kocor adalah teknik pemberian pupuk dengan cara terlebih dahulu melarutkannya kedalam air dengan takaran tertentu,selanjutnya diberikan ke tanaman mengunakan gayung atau gembor.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Inilah, Fungsi Dan Kandungan Pupuk NPK Mutiara (Pupuk Biru) Lengkap dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa di postingan berikutnya. 

Baca Juga: