14 Jenis Ikan Louhan, Cara Budidaya dan Merawatnya Lengkap

Posted on
14 Jenis Ikan Louhan, Cara Budidaya dan Merawatnya Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Jenis Jenis Ikan Louhan Dan Cara Merawatnya Terlengkap

Jenis-jenis ikan louhan dan cara memeliharanya – jika kita berbicara tentang ikan hias yang mempunyai ciri khas sisik dan jenongnya ini sudah pasti terbayang akan keindahan ikan louhan bukan? Nah, pada dasarnya terdapat beberapa jenis ikan louhan di dunia ini. Berikut ini akan kami bahas mengenai jenis-jenis ikan louhan dan cara memeliharanya.

Jenis Jenis Ikan Louhan Dan Cara Merawatnya

Jenis Jenis Ikan Louhan

Ikan louhan adalah salah satu jenis ikan hias yang mempunyai karakteristik khusus, yakni kepalanya jenong dan sisiknya berwarna warni cantik. Ikan louhan ini dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut :

1. Louhan super red dragon (SRD)

Jenis ikan louhan pertama ini ialah jenis yang sangat popular dan banyak sekali diincar. Alasannya ialah mempunyai jenong yang terbesar dibandingkan dengan yang lain. Ketenarannya ini bahkan sampai di Negara singapura, Thailand, kamboja, Vietnam, Malaysia dan masih banyak lagi lainnya.

2. Louhan golden base

Louhan jenis satu ini mempunyai ciri khas tubuhnya yang ada warna merahnya dan tidak mempunyai bintik hitam di bagian tubuhnya. Perpaduan warna yang cantik ini sehingga menarik serta cocok untuk dikoleksi. Ikan louhan hampir sama dengan jenis ikan pada umumnya, hanya saja warnanya lebih merata.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Atau Proses Pembenihan Ikan Arwana Bagi Pemula

3. Louhan red synspilum (SRS)

Ikan louhan ini terlihat kombinasi warna yang sempurna orang dengan merah bata disemua bagian tubuhnya. Ikan ini dikenal dengan nama “kamfa thailand”. Ikan jenis louhan ini mempunyai daya tahan tubuh luamayan tinggi dan tak mudah diserang penyakit sehingga mampu bertahan hidup lebih lama dibandingkan ikan louhan yang lain.

4. Louhan cencu

Ikan ini cirinya ada bintik-bintik putih keabuan serta mirip mutiara di bagian tubuhnya. Yang membedakan diantara jenis ini ialah menurut motif mutiaranya dan dominan di tubuhnya. Berikut alasannya :
• Jenis klasik tubuhynya yakni mempunyai warna dominan merah serta mutiaranya sedikit.
• Jenis modern tubuhnya Nampak banyak mutiaranya dan berukuran lebih besar.

5. Louhan golden red

Ikan satu ini langka dan mempunyai banyak sekali keunikannya. Salah satunya mempunyai mutiara di bagian tubuhnya yang sangat cantik dibanding lainnya. ikan ini sebetulnya dari Negara Thailand, namun di Indonesia sudah banyak yang menjualnya. Sesuai namanya, ikan ini mempunyai perpaduan warna emas kemerahan.

6. Louhan kamfa

Louhan kamfa ini mempunyai ciri diantaranya sebagai berikut :

  • Mempunyai bintik bagian ekor dan siripnya
  • Ada bintik hitam besar di tubuhnya
  • Mempunyai mata yang cekung
  • Mempunyai warna putih/ kuning
    Luhan kamfa ini pipinya tidka tembel/ tebal, ikan ini kepalanya lebih ramping.

7. Louhan super red texas (SRT)

Ikan jenis ini tergolong dalam jenis ikan lohan yang asalnya dari Negara Thailand. Ciri khasnya mempunyai warna terang dengan pola bintik di bagian kepala hingga ekor mirip buah strowbery. Ada beberapa tipe louhan ini, yakni :
• Mutiara rintik/ bintik
• Mutiara pasir
• Mutiara kasar

8. Louhan rainbow king

Louhan rainbow king mempunyai warna tubuh beraneka ragam dan warnanya mirip pelangi seab ada kira-kira 5 warna berbeda dibagian tubuhnya. Nah, keunikan ini mempunyai harga yang lebih mahal sebab warnanya yang mempesona. Namun banyak sekali yang membudidayakan dengan curang. Misalnya penjual louhan rainbow king ternyata jenis kamfa.

Baca Juga :   Cara Budidaya Belatung Untuk Pakan Ikan Bagi Pemula

9. Louhan kemalau

Ikan louhan kemalau ini mempunyai ciri diantaranya sebagai berikut :

  • Mempunyai corak mutiara dengan membentang di bagian tubuhnya dari kepala hingga ekor.
  • Mempunyai kombinasi warna yang menarik
  • Jenong dan juga kepalanya mempunyai warna merah tua
  • Tubuh hingga ekor mempunyai warna merah muda

Ikan ini mempunyai keunikan yang lain yakni di bagian mutiara tubuhnya yang kadang Nampak ketika kecil. Nantinya saat ikan ini tambah dewasa maka mutiara ini mulai bermunculan.
Selain jenis jenis diatas lagi masih banyak ikan louhan lainnya, seperti louhan strom dan louhan super red monkey.

Tips Memelihara Ikan Louhan

Untuk kalian yang masih pemula dalam memelihara ikan louhan, maka berikut ini akan kami bagian sedikit tips supaya lancar.

1. Harus mempunyai akuarium

Kalian bisa menyiapkan akuarium dengan ukuran idealnya 3-4 kali lebih besar dari ikan. Alasannya, sebab ikan ini tergolong agresif dengan senang berkeliling sehingga membutuhkan akuarium lebih besar dan bisa bergerak bebas. Selain akuarium saja, hal yang perlu kalian perhatikan ialah : aerator, thermometer dan heater, filter serta lampu TL.

2. Mengontrol akuarium

Persiapkan segala sesuatu untuk mengontrol akuarium. Misalnya seperti suhu air, kebersihannya dan juga pH air. Pengawasan ini dilakukan setiap hari atau bis akalian tambahkan garam ikan supaya air bebas terhadap penyakit.

3. Interior akuarium

Untuk mencegah dari stress, sediakan pula suasana yang nyaman dalam akuarium, seperti pasir dan bebatuan serta tanaman air.

4. Makanan ikan

Yang paling penting sobat dari pemeliharaan ikan louhan ini adalah makanannya. untuk makanan sendiri dibagi 2 macam, yakni makanan alami dan buatan. Contohnya yaitu :
• Makanan alami; cacing sutra, cacing rambut, kutu air, cacing darah, jentik dan udang.
• Makanan buatan; pellet khusus untuk ikan louhan.

Baca Juga :   Cara Mudah Membuat Pakan Ikan Terapung Dengan Mesin Ekstruder

Nah, kami rasa itu saja penjelasan tentang jenis-jenis ikan louhan dan cara memeliharanya. Ikan louhan ini terkenal dengan kepala yang jenong dan mempunyai keindahan warna sisik dibagian tubuhnya. Bagi kalian yang mau memelihara ikan ini, maka artikel ini bisa dijadikan salah satu referensi dirumah ya. Semoga bermanfaat.

Baca juga: