Manfaat Bunga Pukul Sembilan Bagi Kesehatan

Posted on

Manfaat Bunga Pukul Sembilan Bagi Kesehatan

Manfaat Bunga Pukul Sembilan – Bunga pukul sembilan yang mempunyai nama latin Portulaca grandiflora merupakan salah satu jenis bunga yang sering kita kenal sebagai bunga krokot. Sesuai dengan namanya bunga ini dikatakan sebagai bunga pukul Sembilan karena mempunyai kebiasaan mulai mekar sekitar pukul Sembilan pagi. Biasanya bunga ini sering ditanam dihalaman rumah atau di dalam pot, bahkan ada yang menganggapnya sebagai bunga rumput. Namun, tahukah anda bahwa bunga pukul Sembilan ini ternyata memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan manusia. Banyak senyawa yang terkandung di dalam bunga tersebut, dimana senyawa-senyawa tersebut mampu dalam mencegah serangan beberapa penyakit. Berikut uraian mengenai Manfaat Bunga Pukul Sembilan.

1. Menyembuhkan sakit tenggorokan

Manfaat yang pertama yang dimiliki oleh bunga pukul Sembilan yaitu dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Selain mengobati sakit tenggorokan dengan mengkonsumsi bunga ini dapat menghilangkan rasa nyeri yang dirasakan ketika penderita mengalami sakit tenggorokan. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara bunga pukul Sembilan digiling hingga menjadi halus, kemudian campur gilingan bunga tersebut dengan air. Selanjutnya anda bisa memakai air campuran bunga pukul Sembilan sebagai obat kumur sehingga dapat mengaatasi sakit tenggorokan.

2. Menyembuhkan sakit hepatitis

Selain dapat mengatasi sakit tenggorokan, bunga pukul Sembilan dapat juga untuk mengobati penyakit hepatitis. Dengan mengkonsumsi rebusan bunga pukul Sembilan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari. Anda juga dapat mengkonsumi air perasan bunga pukul Sembilan secara langsung. Caranya ambil bunga pukul Sembilan sekitar kurang lebih 30 gram, kemudian giling hingga halus dan peras airnya dengan memakai sepotong kain bersih lalu air yang telah terkumpul tersebut dapat langsung diminum.

Baca Juga :   Cara Menanam Bunga Iris Kuning di Halaman Rumah

3. Sakit kepala

Sakit kepala yang begitu mengganggu dalam berkatifitas setiap harinya dapat diobati dengan mengkonsumsi air rendaman dari bunga pukul Sembilan. Caranya anda bisa merendam bunga tersebut dalam air panas, atau merebusnya dalam air mendidih, kemudian anda bisa mengkonsumsi air rebusan tersebut setelah dingin. Jika anda merendamnya maka membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 15 menit. Konsumsi air rebusan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

4. Menyembuhkan bisul serta koreng

Manfaat Bunga Pukul Sembilan yang lainya adalah dapat menyembuhkan koreng dan bisul. Biasanya koreng bekas luka sulit untuk hilang, anda bisa mencoba memakai ramuan bunga pukul Sembilan ini untuk mengobati koreng tersebut. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengambil beberapa bunga pukul Sembilan, kemudian giling tangkai bunga pukuls embilan dan tempelkan gilingan tersebut pada bagian tubuh yang mengalami koreng atau bisul.

5. Menyembuhkan gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan seperti perut kembung dan kurangnya nafsu makan dapat diatasi dengan mengkonsumsi bunga pukul Sembilan. Hal tersebut karena bunga ini memiliki kandungan saponin, flavonoid dan polifenol pada bagian daun serta batangnya. Selain itu bunganya juga memiliki kandungan betanin, portual, betacyanin dan betandin.

6. Mengatasi rasa nyeri pada persendian dan rematik

Aliran darah yang tidak lancar dapat menimbulkan beberapa penyakit. Bunga ppukul Sembilan selain bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan juga dapat digunakan sebagai obat untuk memperlancar aliran darah dan memiliki sifat tonik (penguat bagi tubuh). Dikarenakan bunga pukul Sembilan ini memiliki kandungan fosfor, kalsium, dan zat besi maka bermanfaat juga untuk mengatasi nyeri persendian. Selain itu, dapat juga digunakan untuk mengobati bengkak yang disebabkan oleh memar, radang kulit serta luka bakar.

Baca Juga :   Cara Budidaya Tanaman Bunga Rosella Yang Menguntungkan

7. Mencegah penyakit hipertensi

Saat ini penyakit hipertensi semakin banyak yang mengalaminya, untuk melakukan pencegahan dan mengatasi penyakit tersebut, anda bisa mengkonsumsi bunga pukul Sembilan. Bunga ini dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan dapat menghambat terjadinya pembekuann darah.

8. Sebagai obat memar

Begitu banyak manfaat yang diberikan bunga pukul Sembilan apabila diguanakns ebagai obat. Selain dapat mengatasi penyakit dalam, bunga ini juga dapat mengobati memar dan menghilangkan rasa sakit dari memar tersebut.

9. Dapat mencegah penyakit eksim

Penyakit eksim yang umumnya dialami oleh bayi, dapat diatasi dengan mengolesi bunga pukul Sembilan pada bagian tubuh yang sakit. Selain itu, kandungan alami dari bunga ini sangat aman untuk kulit bayi.

Anda tiak perlu khawatir apabila mengkonsumsi dan memakai bunga pukul Sembilan sebagai obat dalam ataupun obat luar. Hal ini dikarenakan bunga ini dapat bekerja tanpa adanya risiko efek samping. Apabila anda menggunakan bunga pkul Sembilan ini sebagai obat dalam, maka cara membuat rambuannya cukup mudah. Dengan cara siapkan bunga pukul Sembilan bagian tangkai, daun dan bunganya sekitar 15 – 30 gram yang direbus dengan beberapa cc air hingga mendidih. Setelah mendidih dan agak asat airnya anda bisa mengangkat dan menunggunya hingga dingin. Setelah dingin air rebusan dapat disaring dan diminum sekita 2 hingga 3 kali setiap harinya.

Selain dikonsumsi air rebusannya anda bisa mengkonsumsi dengan cara dibuat juss kemudian langsung diminum. Apabila anda kurang suka rasa atau baunya, maka dapat dicampur dengan buah atau ditambah dengan sedikit gula agar terasa lebih enak. Sementara jika anda memakai bunga pukul Sembilan ini sebagai obat luar maka caranya juga cukup mudah yaitu dengan cara menyiapkan dan mencuci beberapa gram bunga, daun serta tangkai dari bunga pukul Sembilan. Kemudian giling bunga tersebut hingga halus, selanjutnya tempelkan hasil penggilingan halus tersebut pada bagian yang sakit. Seperti misalnya pada bisul, sakit bekas gigitan serangga, memar, ataupun koreng. Air perasan dari tumbukan bunga ini dapat djuga dioakai untuk mencuci muka dan mengkompres eksim dan luka bakar.

Baca Juga :   6 Cara Merawat Bunga Lily Putih Dengan Mudah Supaya Selalu Merekah

Nah, itulah penjelasan mengenai Manfaat Bunga Pukul Sembilan yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi air rebusan atau menumbuknya menjadi halus sebagai balutan luka memar dan lainnya, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Budidaya Udang Sistem Bioflok Supaya Panen Meningkat

Cara Budidaya Ikan Nila Bagi Pemula