Manfaat Hidroponik Bagi Kehidupan Manusia

Posted on

Manfaat Hidroponik Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat hidroponik bagi kehidupan manusia – bioteknolohi meurpakan pemanfaatan sebuah prinsip ilmiah memakai makhluk hidup guna menghasilkan produk dan juga jasa untuk kepentingan manusia. Hidroponik adalah sebuah contoh bioteknologi sederhana yang bisa berperan di dalam peningkatan produksi dan juga pertanian. Ada banyak sekali Manfaat hidroponik bagi kehidupan manusia.

Hidroponik ini merupakan sebuah sistem pertanian modern/ sebuah teknik budidaya tanaman memakai media tanah (media air serta bahan yang sifatnya porus, seperti arang sekam, batu apung, pasir dan batuan kali). Oleh sebab itu media tanamnya ini bukan anah, tumbuhan hidroponik mendapatkan makanan berasal dari sejumlah zat anorganik yang diberikan ketika penyiraman.

Tanaman yang lazim untuk ditanam dengan hidroponik yakni buah-buahan, sayur-sayuran dan tanaman hias. Tanaman yang ditanam ini mendapatkan nutrisi maupun makanan dari air yang mengandung zat anorganik dengan diberikan lewat pipa air melalui cara penyiraman. Tanaman hidroponik supaya tak roboh maka tancapkan di dalam media selain tanah misalnya kerikil, pasir, batu apung, arang dll.

Kelebihan dan kekurangan hidroponik

a. Kelebihan hidroponik

Sejumlah keuntungan yang dapat diperoleh dari tanaman hidroponik yakni :

  • Produksi tanaman jauh lebih unggul bila dibandingkan dengan metode tanam menggunakan tanah.
  • Tanaman bisa terbebas terhadap penyakit serta hama
  • Penggunaan pupuk jauh lebih hemat serta tanaman bisa tumbuh dengan lebih cepat.
  • Bisa mengganti tanaman secara mudah
  • Memudahkan pekerjaan atau perawatan tanaman
  • Tanaman bisa memberikan hasil dengan berkelanjutan
Baca Juga :   Cara Merawat Pot Gantung Dan Tanaman Hiasnya

b. Kekurangan hidroponik

Sejumlah kekurangan metode tanam hidroponik, antara lain :

  • Membutuhkan biaya lebih pada awal mulanya, khususnya bila berencana menanam tanaman dengan hidroponik di dalam skala besar.
  • Memerlukan sejumlah alat khusus. Sejumlah alat guna metode tanam hidroponik ini masih jarang dijumpai.
  • Membutuhkan pengetahuan dan juga ktrampilan khusus sebab metode tanamnya tidak di lahan tanah.
  • Dan memerlukan ketelitian lebih tajam, sebab nutrisi bagi tanaman perlu benar benar diawaso dengan cermat.

Jenis tanaman hidroponik

Berikut ini contoh contoh jenis tanaman hidroponik yang kerap dibudidayakan, antara lain :

1. Selada

Selada ialah jenis tanaman yang kerap dilakukan dengan hidroponik. Tanaman ini mudah dibudidayakan, dan banyak mengonsumsinya sehingga tak heran bila tumbuhan tersebut sebagai pilihan ditanam dengan hidroponik sebab nilai ekonomisnya tinggi.

2. Cabai

Tanaman cabai tergolong jenis tanaman yang kerap ditanam melalui hidroponik pula, sebab mempunyai bilai ekonomis tinggi. Selain tersebut dikonsumsi oleh banyak masyarakat pula, cabai selalu digunakan untuk bumbu masakan maupun menjadi bahan membuat sambal.

3. Kangkung

Kangkung adalah jenis sayur yang sama sama dikonsumi banyak masyarakat indonesia. Ini hidroponik paling mudah, dan bisa menghasilkan bibit unggu jadi banyak yang menanamnya.

4. Bayam

Selain kangkung bayam juga masuk kategori konsumsi terlaris di indonesia. Menanam bayam melalui hidroponik bisa menghasilkan kualitas bayam paling baik. Sehingga dimanfaatkan sebagai pilihan peluang usaha.

5. Timun

Timun cocok sekali bila ditanam dengan hidroponik, timun kerap dikonsumsi oleh masyarakat sebagai menu pelengkap menjadi coel sambal dan makanan lainnya. Sehingga tak heran bila dipakai sebagai pilihan yang dibudidayakan sebab mempunyai nilai ekonomis yang tinggi pula.

Manfaat hidroponik bagi kehidupan manusia

  1. Hidroponik tak bergantung di tempat serta musim (ketinggian dan luas tanah) sebab bisa dikelola manusia dengan khusus serta keadaan lingkungan terkontrol.
  2. Teknik budidaya maupun bertanam dengan hidroponik bisa dijalankan orang yang tak mempunyai lahan. Apalagi tanaman hidroponik ini bisa diterapkan bagi penghuni apartemen sempit.
  3. Bisa menghasilkan mutu dengan lebih baik
  4. Manusia bisa menghemat pemakaian pupuk sebab pemberiannya diatur berdasarkan keperluan tanaman
  5. Terbebas dari serangan hama serta penyakit yang asalnya dari dalam tanah
  6. Penanaman dengan hidroponik bisa membuat produk bioteknologi sederhana serta baru yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan seharinya
  7. Bisa dijalankan bagi pria ataupun wanita baik mudah bahkan tua
  8. Alam manusia dan juga ternak telah bekerja sama dalam sebuah sistem hidroponik jadi akan mendorong kerja sama yang sifatnya timbal balik sehingga saling menguntungkan.
  9. Biayanya cenderung tak dibutuhkan namun hanya membutuhkan tenaga serta waktu
  10. Tenaga kerja yang dibutuhkan bisa terpenuhi dari desa ataupun keluarga petani dan tanpa perlu datang dari luar negri.
Baca Juga :   Cara Memilih Bibit Durian Musang King Yang Unggul

Macam macam metode hidroponik

Dalam perkembangannya, ada 2 macam metode yang dikenal dalam menanam hidroponik. Yakni kultur air dan pasir.

1. Kultur air

Kultur air merupakan metode memakai air menjadi medium khusus maupun substrat tanamnya. Di dalam metode hidroponik kulutr air ini, tanaman yang akan dibudidayakan pad atempat dalam air yang telah bercampur dengan unsur hara guna pertumbuhan serta perkembangannya. Supaya tumbuhan yang telah dibudidayakan bisa berdiri tegak, maka dibutuhkan penyangga batang serta akar tumbuhan.

2. Kultur pasir

Kultur pasir ialah metode hidroponik menggunakan arang, pasir, batu-batuan maupun sabut kelapa untuk medium maupun subtrat tanamnya. Sama halnya dengan sebuah metode hidroponik kultur air, di dalam medium tanam akan dicampurkan sebuah unsur hara yang dibutuhkan tumbuhan guna pertumbuhan dan juga perkembangannya.

Nah, bagaimana? Apa kalian sudah faham mengenai Manfaat hidroponik bagi kehidupan manusia. Bercocok tanam dengan menggunakan hidroponik ini mempunyai banyak sekali manfaatnya yang patut kita coba di tempat masing-masingnya dirumah. Salah satunya yang sudah kami sebutkan manfaat itu adalah bisa dijalankan tanpa mempunyai lahan besar, seperti diapertemen pun bisa dilakukan. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Ternak Ayam Kapas Agar Hasilnya Maksimal

Manfaat Menanam Sorgum Untuk Petani Selain Menjadi Bahan Pangan