10 Manfaat Tangkai Daun Talas untuk Luka Hewan Ternak

Posted on

Manfaat Tangkai Daun Talas dan Cara Menggunakannya

tanipedia.co.id – Tangkai tumbuhan talas  adalah termasuk tumbuhan yang hampir seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan yaitu bagian tangkai, tangkai tangkai, dan juga pelepah, umbinya baik itu induk maupun anakan dapat dimakan. Hanya bagian akar serabutnya yang tidak bisa dimakan atau belum diselidiki kemungkinan bisa dimanfaatkan.

Manfaat Daun Talas

Ternyata tumbuhan yang termasuk liar ini memiliki banyak bagi hewan ternak. Tumbuhan talas yang merupakan suku araceae memiliki nama latin colocasia esculentia schott. Di indonesia tumbuhan ini mempunyai banyak nama tergantung dari daerahnya berasal. Di sambas dikenal dengan keladi,jawa dikenal dengan sebutan gelo/talesdi flores ” ufi lole”, di makassar “paco”, di bugis “aladi”, di maluku “bete”.

Tumbuhan ini juga dikategorikan sebagai tumbuhan semak sebab memiliki tangkai yang lebat serta memiliki khasiat dan manfaat besar untuk hewan ternak. Khasiat dan manfaat tangkai tumbuhan talas bagi hewan ternak di peroleh sebab kandungan kimia yang terdapat didalam  umbi, tangkai tangkai dan tangkai colocasiaesculenta mengandung polifenol. Demikian juga tangkai tangkai serta umbi yang mengandung saponin. Selain itu khasiat dan manfaat umbi tangkai tumbuhan talas ( colocasia esculanta ) adalah sebagai obat sakit maag , sakit berak berdarah.

Baca Juga :   Cara Budidaya Tanaman Stevia Menambah Nilai Ekonomi

Cara pengobatan penyakit maag yaitu ambil secukupnya umbi tumbuhan talas kemudian direbus dan dimakan seperti cemilan pada waktu bersantai. Sedangkan cara pengobatan berak berdarah yaitu sediakan kira-kira 100 gr umbi colocasia esculenta ,kemudian dikupas lalu dicuci bersih, kemudian diparut dan diperas serta disaring airnya diminum sekaligus sampai habis.

Sedangkan khasiat dan manfaat kulit tangkai tangkai tumbuhan talas adalah untuk pembalut luka yang baru. Kulit tangkai tangkai tumbuhan talas diremukkan hampir halus dan dipakai untuk membalut luka yang ingin di sembuhkan. Selain itu pula ternyata tangkai tumbuhan talas ini memiliki kandungan kandungan gizi yang tinggi sehingga bisa dijadikan obat untuk medis diantaranya zat besi, kalsium, garam fosfat, zat protein, vitamin a, dan b.

Zat–zat tersebut terdapat pada tangkaiya yang sangat baik untuk mengobati berbagai penyakit medis diantaranya untuk mengobati diare,untuk mengobati disentri, untuk mengobati biduren, untuk mengobati radang ginjal, serta untuk mengobati nyeri sendi dan otot. Nah, berikut selengkapnya 10 Manfaat Tangkai Daun Talas untuk Luka Hewan Ternak.

1. Pembentukan & pertumbuhan otot pada luka

Tangkai daun talas mengandung kandungan zat protein yang lebih tinggi dibanding kadar zat protein yang terdapat pada ikan lele maupun pada ikan mas / nila. Namun masih setara dengan kandungan zat protein yang terdapat pada ikan bandeng. Dari 100 gram tangkai daun talas anda dapat memperolah 25,2 gram zat protein.

Coba anda bandingkan dengan kadar zat protein untuk  per 100 gramnya  yang terdapat pada ayam yang hanya 18,2 gram, pada daging sapi hanya 18,8 gram, maupun telur yang hanya 12,8 gram. Kandungan zat protein yang tinggi akan menguntungkan anda sebab akan banyak membantu dalam proses pembentukan otot pada tubuh hewan ternak.

Baca Juga :   Tanaman Talas (Indentifikasi Dan Teknis Pengendalian Hama Penyakit)

2. Mempercepat penyembuhan luka

Daging tangkai daun talas juga banyak mengandung albumin dalam kadar yang sangat tinggi. Perlu anda ketahui bahwa albumin adalah salah satu jenis zat protein yang sangat penting dalam proses penyembuhan luka pada tubuh hewan ternak.

3. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh agar luka cepat kering

Zat albumin juga berfungsi untuk menjaga kestabilan regulasi cairan dalam tubuh. Jika kondisi tubuh hewan ternak kadar cairan berkurang, maka zat protein yang masuk dalam tubuh akan pecah sehingga tak dapat berfungsi secara normal. Kandungan normal albumin dalam tubuh mencapai 60%.

4. Sehat untuk pencernaan hewan

Tangkai daun talas mempunyai struktur daging yang lebih empuk, anda tidak perlu mengkhawatirkan pencernaan hewan ternak sebab ia sangat mudah di cerna. Hal ini sebab tangkai daun talas memiliki zat protein kolagen yang lebih rendah dibanding kadar zat protein yang terkandung pada daging ternak darat lain. Hanya 3% hingga 5 % dari total kandungan zat protein kolagen.

5. Penyembuhan berbagai penyakit sebab luka

Dapat membantu proses penyembuhan berbagai penyakit yang menimbulkan luka pada hewan ternak seperti penyakit  terjatuh, berkelahi, luka kulit, jamur, dll.

6. Memperbaiki gizi buruk agar luka cepat sembuh

Dapat memperbaiki gizi buruk yang banyak terdapat pada hewan ternak sebab dalam 100 gr tangkai daun talas saja sudah sangat cukup memenuhi berbagai kebutuhan gizi yang sangat penting untuk hewan ternak terutama untuk anakan.

7. Membantu penyembuhan cacat

Tangkai daun talas memiliki kandungan yang dapat berfungsi untuk membantu penyembuhan pada pengidap hewan ternak yang cacat.

8. Mempercepat penyembuhan luka pasca operasi

Tangkai daun talas dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka pasca operasi.  Ini sebab kandungan albumin yang tinggi pada tangkai daun talas, sehingga secara cepat dapat membantu proses pembentukan sel  dan jaringan baru pada bagian tubuh hewan ternak anda  yang telah rusak akibat proses operasi.

Baca Juga :   5 Cara Mudah Menanam Rumput Taman dan Jenis Jenisnya Lengkap

9. Membantu mengatasi pembengkakan di tubuh sebab luka

Selain untuk penyembuhan luka, kandungan albumin dalam tangkai daun talas yang cukup tinggi juga dapat membantu mengatasi pembengkakan yang terjadi di tubuh hewan ternak.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh agar luka cepat sembuh

Anda yang ingin hewan ternak punya daya tahan tubuh lebih baik? Jangan lupa berikan tangkai daun talas secara rutin, konsumsi tanaman ini akan membuat tubuh hewan ternak anda tidak mudah terserang berbagai penyakit akibat perubahan cuaca maupun sebab faktor lain da jika luka cepat sembuh.

Cara Memberikan Tangkai Daun Talas untuk Hewan Ternak

“pembuatan ekstrak tangkai tangkai tumbuhan talas dilakukan dengan metode maserasi, yaitu tangkai tangkai tumbuhan talas dikeringkan dengan menggunakan oven lalu diserbukkan.

Langkah selanjutnya, serbuk tangkai tangkai tumbuhan talas ini diambil sebanyak 100 gram kemudian dimaserasi dengan etanol 70% sebanyak 1000 ml selama 72 jam. Setelah 72 jam, filtrat dievaporasi dengan menggunakan rotary evaporator. Hasil evaporasi dimasukan ke dalam oven pada suhu 40 derajat C hingga diperoleh ekstrak kental.

“berdasarkan kandungan kimia yang terkandung dalam tumbuhan tumbuhan talas yang diduga berpotensi sebagai alternatif obat luka, maka potensi ekstrak etanol tangkai tangkai tumbuhan talas (colocasia esculenta l.) Misalnya sebagai alternatif obat luka pada kulit kelinci (oryctolagus cuniculus),”

Baca juga tentang:

Sebagai informasi tambahan, tumbuhan tumbuhan talas memiliki kandungan diantaranya yaitu flavonoid dan saponin. Flavonoid merupakan senyawa polifenol yang memiliki fungsi sebagai senyawa antibakteri dengan cara membentuk senyawa kompleks terhadap zat protein ekstraseluler yang mengganggu integritas membran sel bakteri.

Flavonoid merupakan senyawa fenol yang dapat bersifat koagulator zat protein. Sedangkan saponin mempunyai tingkat toksisitas yang tinggi melawan fungi, sehingga membantu dalam proses penyembuhan luka. Semoga dengan adanya artikel kali ini bisa bermanfaat untuk Anda semuanya. Sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih karena sudah membaca artikel kali ini.