7 Cara Menanam Melati Belanda Bagi Pemula “Paling Mudah”

Posted on
7 Cara Menanam Melati Belanda Bagi Pemula “Paling Mudah”
5 (100%) 1 vote[s]

Cara Menanam Melati Belanda Bagi Pemula

Melati belanda – melati belanda merupakan tanaman bunga hias yang mempunyai sifat merambat. Ada banyak ragam nama tanaman ini diantaranya chinese honeysuckle dan quisqualis indica. Bunga hias yang dapat hidup dengan cara merambat sekarang ini menarik sebab kombinasinya ada 4 warna yakni pink, putih, hijau dan merah yang dihasilkannya saat berbunga. Berikut ini tips menanam melati belanda bagi pemula.

Cara Menanam Melati Belanda Bagi Pemula

Bunga hias ini mempunyai warna yang tak mutlaj, ia mempunyai banyak kuncup bunga yang nantinya akan bermekaran saat waktu yang berbeda sehingga akan terkesan jadi 4 warna.
Yuk simak selengkapnya bagaimana sih tips dalam menanam melati belanda:

1. Pilihlah lokasi

Silahkan kalian pilih tempat yang cerah serta lembab. Sedangkan tanaman honeysuckle bisa mentolerir kebanyakn tempat meskipun tidka lembab, akan tetapi akan tumbuh dengan lebih subur di bawah terik sinar matahari. Bila memungkinkan, maka pilih yang menanam melati belanda kalian di tempat yang bisa menerima sinar matahari penuh. Lokasinya ini yang kalian pilih harus mempunyai tahan dengan pertahanan air baik. Tanpa sinar matahari, maka tanaman melati belanda tidak akan mengeluarkan bunga banyak dan mereka dapat menggugurkan daunnya.

2. Pasang penyangga

Karena bunga melati belanda ini bunganya merambat saa dengan bunga gallic vine, maka pasanglah penyangga guna tenaman kalian bila dibutuhkan. Sesudah kalian memilih lokasi, maka tentukan apakah tanaman ini akan fungsinya menjadi penutup tanah maupun bila melati belanda akan memanjat stuktur penyangga ini nantiya. Bila kalian ingin memakai melati belanda menjadi penutup tanah, maka kalian tidak harus memasang struktur pendukung.

Baca Juga :   10 Cara Menanam Bunga Tulip di Daerah Tropis

Bila kalian ingin membiarkan melati belanda ini merambat, maka harus menanamnya di dekat dinding maupun pagar yang telah ada atau memasangnya dengan tralis, dinding, tiang maupun pagar. Bila kalian tak menanam melati belanda di dekat pagar maka masukkan struktur pendukung di dalam tanah sebelum kalian menanam melati belanda. Bila kalian memasang struktur sesudah menempatkan tanaman di tanah, maka kalian bisa merusak sistem akar tanaman itu.

3. Cara menanam bibit

Seperti menanam bunga kucing, kalian bisa menanam bunga melati belanda sebelum ada musim penghujan. Sesudah ancaman kekeringan di musim kemarau, maka kalian dapat menanam melati belanda di kebun kalian. Bila kalian memakai melati belanda menjadi penutup tanah, maka tanam mereka diantara 220-25 cm daru struktur pendukung serta 50 cm dari tanaman yang lain. Berikut ini caranya:

  • Gali lubang dengan kedalaman sistem akar tanaman sekarang. Lubangnya harus mencapai dua hingga tiga kali lebih besar dari wadahnya.
  • Campurkan kompos baru dalam tanah yang kalian keluarkan dari lubang.
  • Lepaskan melati belanda dari wadahnya yang kalian keluarkan dari lubang.
  • Kendurkan tanah tanaman di ujung jari kalian sebelum diletakkan dalam lubang.
  • Tambahkan setengah campuran tanahh dalam lubang. Airkan area guna mengeluarkan kantong udara yang tak diinginkan. Biarkan seluruhnya air mengalir.
  • Isi sisa lubang menggunakan campuran kompos tanah.
  • Airkan melati belanda yang tela ditransplantasikan dengan barengan.
  • Bila kalian membuat melati belanda kalian merambat, maka pasanglah tanaman tersebut ke struktur pendukung menggunakan penanaman batang yang diikat di penyangga itu. Bagian yang dilintasi tanaman perlu diletakkan diantara batang serta struktur pendukung.

4. Perawatan sesudah menanam

Ada sejumlah tindakan yang bisa kalian lakukan guna memastikan kesehatan serta kemakmuran tanaman melati belanda, diantaranya :

  • Segera sesudah tanam, selanjutnya tutupi dasar tanaman melati belanda menggunakan lapisan kompos dengan kedalaman 7 cm, diikuti lapisan mulsa. Mulsa ini akan membantu tanah akan menahan air.
  • Bila daerah kalian ialah daerah dengan curah hujan kecil, maka siramlah dengan teratur tanaman melati belannda tersebut.
  • Sesudah melati belanda kalian berbunga, selanjutnya pangkas tanaman itu.
Baca Juga :   6 Cara Mudah Merawat Bunga Bougenville Agar Cepat Berbunga

5. Cara menanam di pot

Berikut ini langkah-langkah bila kalian ingin menanam melati belanda yang ada dalam pot, diantaranya :

  • Isi pot kalian kurang lebih separuh penuh tanah menggunakan kompos.
  • Masukkan tanaman dalam pot besar jadi dasar tanaman masuk, sirami menggunakan air di dasar wadah/ pot.
  • Bila kalian perlu angkatlah melati belanda lalu tambahkan tanah/ kompos dalam panci hingga mencapai penuh.
  • Jenis melati belanda yang kalian pilih ini bergantung dengan ukurannya, iklim wilayah serta ketersediaan pembibitan.
  • Sebelum kalian membeli bibit melati belanda, maka pastikan jenisnya tak dianggap bermasalah dan bisa tumbuh dengan baik.

6. Perawatan harian

Berikut ini perawaran melati belanda, yakni :

  • Pemangkasan pada melati belanda yang dilakukan ketika musim kemarau/ musim panas
  • Bila kalian ingin memakai tanaman merambat tersebut untuk pengendalian erosi.
  • Tanaman tersebut akan kembali tumbuh serta merambat di setiap tahunnya dengan menyediakan bunga mekar serta madu manis guna kalian serta para satwa liar.

7. Pengendalian gulma

Adapun pengendalian gula untuk melati belanda diantaranya :

  • Melati belanda akan merambat serta memanjat penyangga adalah tanaman yang ditutupi dengan bunga harus indah dan manis ketika berbunga.
  • Informasi gulma honeysuckle jepang diperkenalkan menjadi penutup tanah di tahun 1806.
  • Gulungan honeysuckle jepang mudah dibedakan terhadap spesies aslinya.
  • Seperti pada sebagian besar melati belanda asli yang bersatu di tangkai jadi membentuk satu daun.
  • Daun kadang warnanya hijau muda yang warnanya hijau kebiruan bagian bawah.
  • Daun honeysuckle jepang terpisah, tumbuh saling melawan batang dan warnanya hijau tua.

Nah, mungkin itu saja dulu ya sobat tips tips menanam melati belanda bagi pemula. Beberapa cara ini bisa kalian manfaatkan untuk menanamnya sendiri dirumah. Melati belanda akan menjadi penghias rumah kalian. Terima kasih.

Baca Juga :   Teknik Menanam Bonsai Agar Berbentuk Indah & Unik

Baca juga: