Cara Menanam Jambu Air Citra Dan Syarat Tumbuhnya Lengkap

Posted on

Cara Menanam Jambu Air Citra Dan Syarat Tumbuhnya Lengkap

Cara Menanam Jambu Air Citra Dan Syarat Tumbuh – Jambu air merupakan tumbuhan yang berasal dari suku jambu-jambuan yang memiliki nama latin Syzygium aqueum. Jambu air memiliki banyak jenis, salah satunya adalah jambu air citra. Jambu air jenis ini banyak ditemukan di Negara Indonesia, dimana sering ditanam dipekarangan rumah. Namun, saat ini minat untuk menanam jambu air dipekarangan rumah sedikit demi sedikit berkurang. Masyarakat banyak yang beralih mendekorasi pekarangannya dengan tanaman hias. Bagi anda yang masih tertarik dan ingin menanam jambu air citra karena mudah dalam menanamnya, tidak ada salahnya apabila memperhatikan beberapa penjelasan tentang Cara Menanam Jambu Air Citra Dan Syarat Tumbuh.

Syarat Jambu Air Citra Dapat Tumbuh Dengan Baik

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa faktor yang perlu diperhatikan dalam menanam jambu air citra adalah syarat agar jambu tersebut dapat tumbuh dengan baik. Beberapa faktor tersebut diantaranya, seperti tanah, suhu, drainase, ketinggi dan waktu penanaman juga menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam menanam jambu air citra. Di bawah ini penjelasan lebih lanjut tentang faktor-faktor tersebut.

• Tanah

Kondisi tanah grumosol dan adosol sangat cocok sebagai media tanam dalam perkembangan dan pertumbuhan jambu air citra. Apabila jambu air citra tidak ditanam pada tanah yang andosol dan grumosol maka anda dapat memperbaiki strukturnya dengan mencampur tanah dengan tambahan pupuk organic agar unsur kimia dan fisik tanah dapat berubah.

Baca Juga :   Cara Budidaya Buah Rambutan Binjai Yang Menguntungkan

• Curah Hujan Dan Iklim

Faktor lainnya yang dapat menjadi syarat agar jambu air citra dapat tumbuh dengan baik yaitu kondisi iklim dan curah hujan. Jambu air jenis ini dapat tumbuh dengan kondisi iklim tropis. Sementara curah hujan sedang bisa menjadi penanda tanaman ini dapat tumbuh dengan baik. Umumnyaa jambu air citra yang ditanam pada wilayah yang mempunyai curah hujan sedang akan menghasilkan buah yang manis dan tidak begitu mengandung banyak air. Sementara apabila jambu air ditanam pada wilayah dengan curah hujan tinggi, maka akan menghasilkan buah yang tidak terlalu manis dengaan kandungan air yang banyak.

• Ketinggian Tempat

Faktor berikutnya yaitu ketinggian tempat. Faktor ini cukup penting karena dapat mempengaruhi kondisi penyinaran matahari selama masa perkembangan dan pertumbuhannya. Lahan dengan kondisi dataran rendah hingga 500 mdpl sangat cocok sebagaai tempat untuk budidaya atau menanam jambu air.

Tahapan Cara Menanam Jambu Air Citra Yang Baik

Sebelum melakukan penanaman jambu air citra, terlebih dahulu sebaiknya anda menyiapkan peralatan yang akan digunakan. Tahap selanjutnya adalah penanaman dengan beberapa teknik sebagai berikut.

1. Penaman jambu biji citra dengan biji

Pada tahap ini anda harus menyemai biji dari jambu air. Metode penanaman dengan cara ini bisa dibilang membutuhkan waktu yang cukup lama. Berikut penjelasan yang perlu diperhatikan.

  • Langkah pertama, siapkan bahan dan alat yang diperlukan.
  • Umumnya penanamaan dengan biji jambu secara langsung dilakukaan pada potray atau di tanah langsung. Campurkan tanah dengan kompos atau anda juga bisa memakai pupuk kandang.
  • Selanjutnya taruh media tanam pada potray atau media tanam jika langsung ditanam di tanah atau lahan tanam.
  • Kemudian masukkan biji jambu air citra dalam lubang tanam yang sebelumnya telah anda buat memakaai lidi atau tongkat kayu kecil.
  • Tutup dengan tanah disekitar dan siram dengan air.
Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Budidaya Buah Kiwi Yang Banyak Manfaatnya

2. Penanaman jambu air sebagai bibit

Proses penanaman jambu air sebagai bibit dapat dilakukan apabila biji yang sebelumnya telah anda semai telah tumbuh tunas. Agar jambu biji citra dapat berkembang agar lebih besar, pindahkan pada media tanam pot dengan ukuran lebih besar. Namun apabila anda telaah menanamnya di tanah secara langsung maka hal ini tidak diperlukan.

  • Jemur tanah yang akan digunakan sebagai media tanam. Kemudian saring dan campurkan dengan pupuk kandang atau kompos sampai rata.
  • Masukkan media tanm tersebut dalam polybag atau wadah yang lebih besar.
  • Buat lubang tanam dan masukkan semai jambu biji ke dalaam lubang tersebut dan tutup kembali dengan tanah.
  • Dan yang terakhir siram dengan air bersih.

3. Cangkok jambu air citra

Cara Menanam Jambu Air Citra Dan Syarat Tumbuh selanjutnya adalah dengan cara cangkok. Perbanyakan denga metode ini dapat anda lakukann dengan langkah sebagai berikut.
• Pilih pohon jambu air yang berkualitas baik sebagai bibit agar menghasilkan buah yang bagus.
• Kemudian permukaan kulit pohon sedikit membentuk kotak hingga terlihat bagian dalam batang jambu air.
• Berikan atau semprotkan hormone pertumbuhan dan diamkan selama 3 hari. Namun, jika anda tidak memakai hormone pertumbuhan maka langsung taruh media tanam.
• Masukkan media tanam pada kantung plastik yang telah anda persiapkan dan bentuk bulat seperti bola. Kemudian buka sedikit pada bagian sampingnya. Dan letakkan pada batang yang telah anda kupas kulitnya serta ikat memakai tali agar tidak jatuh.

4. Stek pucuk jambu air citra

Cara perbanyakan yang selanjutnya anda dapat memakaai metode stek pucuk jambu air yang dapat dilakukans ebagai berikut.

  • Buat media tanam terlebih dahulu, dengan komposisi tanah dicampur dengan pupuk kandang taau kompos.
  • Masukkan media tanam tersebut pada pot atau polybag dan buat lubang tanam sesuaikan dengan ukuran pucuk jambu biji yang akan dipotong.
  • Apabila anda telah memilih pucuk jambu biji yang baik. Potong pucuk tersebut bagian paling pucuk menjadi setengah yang terdiri ranting dan pucuk.
  • Bahan stek dapat anda masukkan di dalam air atau dalam larutan hormone pertumbuhan beberapa menit saja.
  • Kemudian masukkan bibit stek jambu air tersebut pada lubang tanam dan siram dengan air.
Baca Juga :   Cara Panen Buah Apel Yang Baik Dan Apel Melimpah

Itulah Cara Menanam Jambu Air Citra Dan Syarat Tumbuh yang bisa anda manfaatkan sebagai bahan panduan dalam membudidayakan atau sekedar menanam jambu air. Semoga dapat bermanfaat.

Baca juga:

11 Cara Melatih Anjing Agar Tidak Galak

3 Cara “Termudah” Menanam Hairgrass Untuk Aquascape