Cara Panen Buah Apel Yang Baik Dan Apel Melimpah

Posted on

Cara Panen Buah Apel Yang Baik Dan Apel Melimpah

Cara Panen Buah Apel Yang Baik Dan Melimpah – Buah apel merupakan salah satu buah yang memiliki penggemar paling banyak. Selain memiliki aroma yang khas rasa dari buah yang satu ini juga sangat manis. Pohon apel memiliki nama ilmiah Malus domestica dan dapat tumbuh berkembang dengan baik di daerah yang mempunyai temperature cukup dingin. Kulit buah apel tersedia dalam berbagai warna, mulai dari hijau, merah, ataupun kuning. Jika dilihat dari teksturnya kulit buah apel sedikit agal lembek, sementara daging buahnya cukup keras namun juga renyah. Buah apel dapat dikonsumsi secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu menjadi jus, pai, atau saus apel.

Saat ini banyak masyarakat yang tertarik untuk membididayakan pohon apel. Selain untuk menunjang perekonomian, mereka melakukan pembudidayaan karena tertarik untuk mendapatkan hasil buah apel yang melimapah. Untuk itu, berikut Cara Panen Buah Apel Yang Baik Dan Melimpah. Namun, sebelumnya ada baiknya apabila kita mengetahui terlebih dahulu cara atau tips dalam membudidayakan pohon buah apel.

Tips Membudidayakan Pohon Apel

Terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sebelum menanam pohon apel tentu saja memilih atau membeli benihnya. Pilihlah benih pohon apel yang mempunyai kualitas baik. Disarankan untuk menanam pohon apel dengan caraa berpasangan. Hal ini disebabkan pohon ini tidak dapat melakukan penyerbukan sendiri. Anda bisa mendapatkan benih apel secara langsung dari buah apel ataupun membelinya langsung di toko bibit.
  • Pohon apel adalah jenis tanaman yang lebih cocok ditanam di wilayah dataran tinggi atau ditempat yang mempunyai suhu cukup dingin. Apabila anda berada ditempat dengan temperatr suhu yang panas, anda bisa memanipulasi suhu agar biji dapat berkecambah. Cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan meletakkan biji apel didalam kain yang dibungkus tisu, kemudian dimasukkan kedalam wadah yang tertutup rapat. Selanjutnya anda bisa memasukkan wadah tersebut ke dalam lemari pendingin agar mendapatkan suhu yang cukup dingin hingga biji apel benar-benar mampu berkecambah.
  • Dalam menanam biji apel sebaiknya ditanam pada media tanah dengan pH netral. Ketika menanam buatlah cekungan tanah dalam pot selebar dua atau tiga kali luas biji yang telah berkecambah. Dan ada baiknya media tanam tersebut tidak ditambahkan pupuk terlebih dahulu. Setelah benih berhasil dipindahkan tutup benih dengan tanah, lalu siram.
  • Letakkan pot pohon apel di dalam suhu kamar dan pastikan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Penyiraman dapat dilakukan setiap hari secukupnya tidak boleh terlalu berlebihan. Hal ini dikarenakan pohon apel tidak terlalu menyukai tanah yang terlalu basah.
  • Setelah benih apel mulai tumbuh, lakukan perawatan pohon apel dengan memberinya pupuk kompos untuk merangsang pertumbuhan pohon apel. Setelah bibit pohon apel telah memiliki tinggi sekitar 30 cm, maka anda bisa melakukan pemindahan benih ke lahan yang lebih luas.
    Agar anda bisa menikmati pohon apel yang berbuah banyak, anda bisa memilih bibit pohon apel yang berkualitas baik dan melakukan perawatan seperti yang telah disebutkan diatas. Cara Panen Buah Apel Yang Baik Dan Melimpah juga bisa anda lakukan dengan memperhatikan beberapa hal seperti berikut.
  • Setelah berhasil melakukan perawatan dengan memberi pupuk susulan, penyiraman, dan pembasmian hama apabila terserang. Maka selanjutnya anda bisa melakukan pemanenan setelah pohon buah apel berusia sekitar 4 hingga 5 bulan sesudah bunganya mekar. Apabila pohon buah apel ditanam pada daerah dataran tinggi maupun di tempat yang memiliki suhu cukup dingin, dapat membuat umur buah apel lebih panjang. Apalagi ketika berbuah diwaktu musim hujan.
  • Melakukan panen apel lebih baik ketika dilakukan saat buah apel telah mencapai kematangan dengan tingkat fisiologis, yakni buah dapat menjadi masak secara normal setelah dipanen. Buah apel yang sudah dapat dipanen umumnya memiliki ciri-ciri ukurannya mulai mendekati ukuran buah apel secara normal, sudah mulai tercium aroma harum dank has dari buah apel, warnanya lebih segar dan jika ditekan akan terasa keras.
  • Cara melakukan pemanenan cukup mudah, anda hanya perlu memetik buah apel secara langsung. Sebaiknya panen apel dilakukan secara bersama-sama atau serempak untuk setiap kebun. Selain itu, pohon apel mulai dapat dipanen sebanyak enam bulan sekali. Setiap pohon apel dapat menghasilkan buah lebih banyak atau sekitar 5 hingga 15 kg buah apel.
Baca Juga :   Panduan Budidaya Tomat Dalam Polybag Secara Baik Dan Benar

Perawatan Pohon Apel

Untuk mendapatkan hasil buah apel yang banyak dan berkualitas baik, tidak hanya melakukan tips tersebut. melainkan anda harus secara serius melakukan perawatan. Perawatan yang bisa anda lakukan adalah:

• Lakukan pemupukan

Pemupukan perlu dilakukan agar pohon buah apel mendapatkan nutrisi yang cukup dalam merangsang pertumbuhan buahnya.

• Penyiraman secara teratur

Selain memberikan pupuk yang baik, lakukan penyiraman secara rutin dan teratur. Pemberian air pada pohon buah apel dapat mendukung pertumbuhan karena air mampu melarutkan zat-zat makanan dalam tanah agar secara mudah dapat diserap oleh tanaman.

• Memberikan hormone perangsang

Jika ingin segera memanen buah apel, anda bisa melakukan penyemprotan hormone dengan cara disuntikan ke dalam batang, disemprotkan pada tubuh tanaman, ataupun dengan cara dibasahkan pada bagian bawah tanaman yaitu akar, pemberian hormone ini bertujuan untuk merangsang agar pohon apel dapat segera berbunga dan berbuah.

• Pemangkasan bagian pohon

Pemangkasan penting dilakukan dengan cara memangkasnya pada posisi miring. Ini bertujuan agar ketika hujan, air tidak langsung masung kealam luka bekas pemangkasan tersebut dan tidak membawa bibit penyakit. Pemangkasan memberikan manfaat yaitu zat yang hendak diberikan dalam pembentukan tunas dapat ditimbun untuk pembentukkan buah nantinya.

Itulah Cara Panen Buah Apel Yang Baik Dan Melimpah, jika anda tertarik untuk melakukannya bisa memperhatikan beberapa hal tersebut.

Baca juga:

Cara Menanam Bunga Cempaka

7 Cara Merawat Pohon Bamboo Hoki Paling Mudah