6 Cara “Paling Ampuh” Mengatasi Hama Ikan Gabus Agar Panen Sukses

Posted on

Cara Mengatasi Hama Ikan Gabus Agar Panen Sukses

Cara Mengatasi Hama Ikan Gabus Agar Panen Sukses – Ketika membudidayakan ikan jenis apapun, hal yang paling merugikan dan ditakuti oleh para peternak adalah hama. Hama sama halnya seperti kerugian yang harus dihadapi oleh peternak. Beberapa hama ikan yang paling ditakuti salah satunya adalah ikan gabus. Ikan gabus merupakan jenis hama ikan yang paling terkenal dan ditakuti karena keganasannya dalam memangsa ikan lain. Namun, perlu anda ketahui bahwa sebenarnya untuk mengatasi hama ikan gabus tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyediakan beberapa peralatan yang mungkin dibutuhkan untuk mengusir ikan tersebut.

Ciri Ciri Ikan Gabus

Ikan gabus merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Dapat tumbuh dengan panjang mencapai 1 meter
  • Memiliki kepala yang berbentuk hampir mirip seperti ular dengan sisik besar dan kasar sehingga dapat pula disebut sebagai ikan snakehead.
  • Memiliki bentuk tubuh memanjang seperti peluru, licin, serta memiliki warna yang gelap menyerupai lingkungan tempat mereka hidup.
  • Mulut yang dimiliki ikan gabus cukup lebar dan besar dengan gigi-gigi yang tajam.

Ikan gabus mempunyai adaptasi yang sangat baik pada lingkungan yang kering. Hal ini dikarenakan jika tempat hidupnya mengalami kekeringan, maka dengan cepat ikan ini dapat berpindah ke tempat lainnya. Bahkan jika terpaksa ikan jenis ini akan menyelam ke dalam lumpur hingga perairan tempatnya hidup kembali seperti semula.

Baca Juga :   Cara Budidaya Ikan Corydoras

Sebenarnya meskipun ikan gabus ini merupakan predator yang hidup diperairan air tawar. Akan tetapi, jika dilihat dari segi ekonomi ikan jenis ini memiliki manfaat, karena harganya yang cukup mahal dipasaran. Hal ini sebanding dengan manfaat yang baik untuk kesehatan dan berbagai kandungan proteinnya yang dapat dibilang cukup tinggi.

Sehingga tidak jarang banyak masyarakat yang berminat mencari dan mengkonsumsi ikan tersebut. Lain halnya jika dilihat dari sisi negatif, ikan gabus telah menjadi musuh bebuyutan para peternak ikan karena kerakusannya dalam memangsa ikan-ikan kecil atau bibit ikan. Hal tersebut tentu saja sangat merugikan pada pembudidaya. Namun, terdapat beberapa Cara Mengatasi Hama Ikan Gabus Agar Panen Sukses sehingga tidak terlalu menimbulkan banyak kerugian.

1. Mengeringkan Kolam Budidaya Sebelum Digunakan

Langkah pertama untuk mencegah adanya ikan gabus pada kolam budidaya adalah dengan mengeringkan terlebih dahulu kolam tersebut tanpa menyisakan air sedikitpun. Bahkan jika kolam budidaya anda berupa tanah, maka disarankan untuk mengeringkannya hinga kolam tersebut retak-retak.

2. Memasang Saringan Pada Saluran Air

Langkah kedua yaitu dengan memasang saringan pada saluran air. Hal ini untuk mencegah bibit-bibit ikan gabus menyusup maasuk ke dalam kolam tanpa kita ketahui. Karena jika ikan gabus dapat menyusup ke dalam kolam, ketika dewasa ikan jenis ini akan memangsa bibit ikan budidaya. Sehingga dengan memasang saringan pada saluran air dapat mencegah agar bibit ikan gabus terhalagi untuk memasuki kolam.

3. Menangkapinya Dengan Jaring

Cara manual yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan ikan gabus adalah dengan menangkapinya menggunakan jarring. Ikan gabus umumnya dikenal sebagi ikan yang berenang dipermukaan, apalagi jika ikan ini dipancing dengan memakai ikan hidup atau kecebong. Sehingga dengan begitu anda dapat dengan mudah memunculkan dan menangkap ikan tersebut.

Baca Juga :   Cara Budidaya Ikan Corydoras

Mengingat ketika musim kawin dan bertelur, ikan gabus jantan ataupun betina akan bekerja sama membuat sarang di tepi kolam. Anak ikan gabus akan senang berburu sendiri dalam kelompok yang dijaga oleh ikan gabus dewasa. Untuk itu kesempatan ini daapat anda manfaatkan untuk memanen ikan gabus yang selama ini mengganggu budidaya ikan anda. Bahkan hasil tangkapan ikan gabus tersebut bisa anda manfaatkan dan dijual kepada orang yang membutuhkan lendir atau proteinnya.

4. Memberi Racun

Langkah berikutnya Cara Mengatasi Hama Ikan Gabus Agar Panen Sukses yaitu dengan memberikn racun. Disini racun yang dimaksud bukanlah racun kimia yang dapat berdampak buruk bagi lingkungan melainkan racun yang terbuat dari bahan alami. Racun tersebut telah terbukti ampuh untuk melemahkan hama ikan gabus. Pemberian racun dapat dilakukan pada tahap awal persiapan kolam dengan cara pemberinya ramuan herbal yang ramah lingkungan, sebagai berikut beberapa jenis herbal yang dapat anda gunakan.

• Akar tuba atau rotenone dengan dosis 10 kg per ha kolam
• Biji teh atau saponin dengan pemberian dosis sekitar 150 – 200 kg per ha.
• Anda dapat juga memakai bahan pembuat rokok seperti tembakau atau nikotin dengan dosis yang dianjurkan sekitar 200 – 400 kg per ha.

Langkah tersebut telah dibilang cukup ampuh untuk mencegah hama ikan gabus. Namun, perlu diketahui bahwa setelah anda memberikan ramuan herbal di dalam kolam, sebaiknya sebelum digunakan untuk budidaya kolam tersebut harus dibersihkan.

5. Meninggikan Permukaan Kolam

Apabila kolam budidaya anda telah terlanjur dimasuki oleh ikan gabus, maka sebaiknya segera tangkapi dengan menggunakan jarring. Cara lainnya anda dapat meninggikan pematang pada kolam yang telah disusupi ikan gabus agar ikan tersebut tidak melompat ke dalam kolam budidaya yang lainnya.

Baca Juga :   Cara Budidaya Ikan Corydoras

6. Melakukan Pengecekan Rutin

Hal yang tidak boleh anda lewatkan dalam membudidayakan ikan yaitu dengan melakukan pengecekan secara rutin. Hal ini bertujuan agar anda dapat mendeteksi sedini mungkin jika terjadi serangan hama serta penyakit yang menyerang budidaya ikan. Karena semakin dini anda mengetahui sumber permasalahan, maka akan semakin efektif bagi anda dapat melakukan penanganannya.

Demikian itulah beberapa Cara Mengatasi Hama Ikan Gabus Agar Panen Sukses yang perlu anda ketahui untuk mencegah hal-hal yang dapat merugikan budidaya ikan air tawar anda. Semoga uraian tersebut dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Baca juga:

Cara “Paling Mudah” Budidaya Tanaman Porang Prospek Yang Menjanjikan

Cara Budidaya Bunga Hydrangea Terlengkap