8 Cara “Paling Mudah” Budidaya Bunga Hydrangea Terlengkap

Posted on

Cara Budidaya Bunga Hydrangea Terlengkap

Cara budidaya bunga hydrangea – pesona keindahan serta warna pada tanaman ini sudah tentu akan membuat kalian semua jatuh cinta ketika melihatnya. Di indonesia sendiri tanaman ini terkenal dengan nama bunga bokor.
Tanaman ini mempunyai keunikan sendri yakni bisa menghasilkan warna bunga berbeda dalam satu pohonnya. Inilah kenapa bunga ini terkenal dengan nama bunga panca warna. Perbedaanya dipengaruh derajat keasaman tanah maupun Ph.

Bunga ini sebagai salah satu bunga yang kerap dipakai untuk penghias pelaminan pengantin. Ukurannya yang besar membuat keindahan bunga ini sebagai pilihan perayaan kebahagiaan. Bunga ini cocok sekali untuk dibudidayakan pada daerah tropis misalnya indonesia. Berikut ini ada beberapa Cara budidaya bunga hydrangea, diantaranya :

Cara Budidaya Bunga Hydrangea

1. Memilih jenis bunga hydrangea yang mau ditanam

Ketika akan mulai menanam sudah pasti kalian akan menentukan jenis mana yang mau di tanam. Berikut rekomondasinya :

  • Hydrangea mophead serta lacecap bisa tumbuh di iklim hangat misalnya indoensia. Ukuran bunga ini besar dan warnanya ada biru dan merah mudah yang akan semakin gelap ketika musim berbunga.
  • Hydrangea okleaf warnanya putih. Dan bisa tumbuh pada iklim hangat sampai panas sekali.
  • Hydrangea annabelle bisa menghasilkan warnanya putih akan tetapi bunga ini berubah jadi hijau ketika ada di akhir musim berbunga. Hydrangea ini dapat beradaptasi di cuaca yang lumayan dingin.
Baca Juga :   Cara Budidaya Aglaonema Untuk Pemula "Bisnis Yang Menguntungkan"

2. Menanam bunga hydrangea

Sesudah menentukan jenisnya bunga yang kalian tanam. Kemudian menenam bunganya yakni dengan beberapa tahapan berikut ini :

  • Bunga tersebut suka sekali dengan tanah subur dan berpori agak lembab, sehingga kalian bisa memilih lokasi sesuai maupun tidak mendekati kriteria diatas tadi.
  • Kalian bisa mendapatkan bibitnya dengan membeli ditoko bibit
  • Pilihlah bibit yang terhindar dari penyakit dan belum berbunga
  • Buatlah tanam dengan kedalaman 20-40 cm yang lebarnya sesuai panjang akar yang sudah dipilih
  • Tambahkan kompos dalam lubang tanam
  • Tanamlah bibit bunga di lubang tanam. Tutuplah kembali dengan tanah galian tadi.
  • Sirami lubang tanam serta bibit tanaman
  • Jaraknya 3-10 kaki di stiap lubang tanam

3. Perawatan bunga hydrangea

Bunga ini memerlukan kondisi tanah lembab dan pencahayaannya dari matahari pun penuh. Hal hal yang perlu dijalanakan dalam merawat bunga ini diantaranya :

  • Lakukan penyiraman dengan rutin. Idealnya penyiraman dilakukan selama 2 kali dalam sehari. Di setiap pagi serta sore hari. Jangan biarkan hingga tanaman ini nampak layu sebab akan mengakibatkan kematian tanaman.
  • Lakukan pemupukan tambahan yakni memberikan pupuk kompos. Bila semakin subur kondisinya tanah maka semakin baik pula untuk pertumbuhan hydrangea.
  • Akan tetapi, berikanlah pupuk yang sesuai dosisi dan jangan biarkan berlebihan. Kelebihan pupuk ini akan membuat tanaman sedikit menghasilkan bunga.
  • Lakukanlah pemangkasan tanaman hydrangea yang sudah berusia tua supaya tetap dapat menghasilkan bunga di musim berikutnya.

4. Panen bunga hydrangea

Tanaman hydrangea bisa menghasilkan bunga sekali dalam satu musim sama misalnya ini sama dengan menanam bunga tulip. Berikut ini keriteria serta tahapan pelaksanakannya panen

  • Pilihlah bunga yang mempunyai warna berbagai jenis. Bila warnanya belum muncul maka kalian tunggu sampai warnanya kaya dan beragam.
  • Teksturnya bunga harusnya kering sama dengan kerta. Jangan memetik bunga bila masih nampak basah maupun kadar airnya tinggi.
  • Pakailah gunting maupun cutter tajam guna memotong bunga terhadap tangkainya
  • Jangan lupa untuk tetap menjalankan pemeliharaan serta perawatan dalam tanman bunga hydrangae yang sudah dipanen. Supaya musim selanjutnya bisa menghasilkan bunga.
Baca Juga :   4 Cara "Paling Mudah" Menanam Bunga Bakawali Paling Mudah

5. Mengeringkan bunga hydrangea menjadi bunha hias

Salah satu cara untuk menikmati pesona bunga hydrangea ini sebagai bunga hias dirumah. Untuk mempertahankan keindahannya pastinya dapat bertahan dengan waktu lumayan lama. Ada sejumlah metode guna mengeringkan bunga hydrangea kalian dapay memilihnya.

6. Menggantung bunga dengan cara terbalik

Rekatkanlah bunga dengan menggantungnya diatas pintu di ruang gelap serta kering. Biarkan ia digantung sampai bunga ini bisa sampai mengering.kemudian berikutnya kalian bisa menyusun dalam vas bunga/

7. Silika gel

Metode tersebut adalah metode baik sekali dan dapat mempertahankan warna bunga secara sempurna. Masukkan bunga di dalam wadah, susunlah secara rapi. Lalu tutupilah bunga memakai silika gel. Biarkanlah kurang lebih selama 1-2 minggu sampa bunga hydrangea benar mengering.

8. Mengeringkan dalam air

Letakkanlah tangkai bunga pada vas yang sudah diisi air. Ketika air menguap dengan perlahan maka bunga akan mengering.

Tips menanam hydrangea mudah sekali untuk bunga hias

Untuk menghasilkan warna bunga bisa menarik dan indah maka pastinya harus memerhatikan caranya merawat bunga supaya tumbuh mereka. Berikut ini caranya :

  1. Lakuan pemangkasan tanaman sudah tua, supaya bisa berkembang disepanjang musim.
  2. Jangan menanam bunga ini pada lokasi teduh dan kekurangan cahaya matahari. Keadaan ini membuat tanaman akan kesulitan berbunga.
  3. Lakukan penyiraman yang sesuai keadaan. Jangan memberikan perlakukan secara terus menerus.
  4. Berikanlah keadaan tanah lembab supaya pertumbuhan tanaman ini optimal

Nah, itulah Cara budidaya bunga hydrangea yang mudah untuk bunga hias. Keindahan dari tanaman ini dapat memberikan suasana yang indah, segar dan nyaman di rumah kalian. Rawatlah tanaman ini secara rutin dengan penuh kasih sayang suapaya tanaman rajin berbunga. Sebab sejatinya mereka ialah makhluk hidup yang juga memerlukan cinta. Semoga informasi ini bisa menamabah ilmu pengetahuannya bagi kalian semua. Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca.

Baca Juga :   6 Cara Mudah Merawat Bunga Bougenville Agar Cepat Berbunga

Baca juga:

Budidaya Palawija yang Tepat dan Berkualitas

Cara Memilih Bibit Kacang Hijau yang Baik dan Unggul