Cari Tahu, Perbedaan Pupuk Urea Dan Pupuk Za

Posted on
Cari Tahu, Perbedaan Pupuk Urea Dan Pupuk Za
5 (100%) 1 vote[s]

Cari Tahu, Perbedaan Pupuk Urea Dan Pupuk Za

Cari Tahu, Perbedaan Pupuk Urea Dan Pupuk Za – Pupuk adalah komponen material unsur hara yang diberikan pada media tanam atau tanaman untuk mencukupi kebutuhan hara di dalam tanah serta dimanfaatkan tanaman untuk tumbuh subur dan berproduksi tinggi.

Tanaman membutuhkan Nitrogen terutama pada fase vegetatif yaitu fase pertumbuhan daun, batang dan cabang. Terdapat beberapa jenis pupuk yang mengandung unsur nitrogen seperti “Pupuk Urea” dan “Pupuk Za”.

Cari Tahu, Perbedaan Pupuk Urea Dan Pupuk Za

Pupuk Urea

Adalah jenis pupuk kimia yang mengandung unsur Nitrogen (N) berkadar tinggi, dimana unsur Nitrogen merupakan zat hara yang sangat dibutuhkan tanaman dalam jumlah besar. Pupuk urea berbentuk butir-butiran kristal berwarna putih dengan rumus kimia NH2CONH2 tergolong jenis pupuk yang mudah larut dalam air dan sifatnya sangat mudah menghisap air atau Higroskopis dan mengandung unsur hara N sebesar 46% untuk 100 kg urea mengandung 46 kg Nitrogen.

Spesifikasi Pupuk Urea

Memiliki kadar air maksimal 0,50% dengan kadar Biuret maksimal 1% serta kadar Nitrogen mencapai 46%. Memiliki struktur butiran tidak berdebu dengan warna dominan putih.

Manfaat Pupuk Urea Pada Tanaman

  • Membuat daun tanaman lebih hijau segar dan banyak mengandung butir hijau daun (Chlorophyl) yang mempunyai peranan sangat panting dalam proses fotosintesa
  • Mempercepat pertumbuhan tanaman (tinggi, jumlah anakan, cabang dan lain-lain)
  • Meningkatkan kandungan protein tanaman
  • Dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk setiap jenis tanaman baik pada tanaman pangan, holtikultura, tanaman perkebunan, usaha peternakan dan usaha perikanan
Baca Juga :   Inilah, Fungsi Dan Kandungan Pupuk NPK Mutiara (Pupuk Biru) Lengkap

Gejala Kekurangan Unsur Nitrogen

Seperti kita ketahui bersama bahwa Pupuk urea terdiri dari unsur makro Nitrogen, sedangkan pupuk ZA mengandung unsur makro lainnya yaitu belerang atau sulfur (S). Beberapa gejala tanaman kekurangan unsur hara nitrogen meliputi:

  • Pertumbuhan tanaman lambat dan kerdil atau proses kecepatan pertumbuhan rata-rata yang terlalu lambat.
  • Daun-daun kehilangan warna aslinya dan menjadi hijau muda yang tidak wajar atau menjadi kuning. Daun-daun paling rendah posisinya yang paling pertama menderita.
  • Daun tua berwarna kekuning-kuningan dan pada tanaman padi warna ini dimulai dari ujung daun menjalar ke 6 tulang daun dalam keadaan kekurangan yang parah daun menjadi kering dimulai dari daun bagian bawah terus ke bagian atas
  • Perkembangan buah tidak sempurna atau tidak baik, sering kali masak sebelum waktunya

Pupuk Za

Adalah jenis pupuk kimia yang mengandug unsur Nitrogen (N) sebanyak 20,8 %, belerang atau sulfur 23,8 % dengan sifat yang tidak higrokopis berbentuk kristal berwarna putih

Spesifikasi Pupuk Za

Memiliki kadar Nitrogen minimal 20,8 %, Belerang minimal 23,8% dengan Kadar air maksimal 1% serta kadar Asam Bebas sebagai H2SO4 maksimal 0,1%.

Keunggulan Pupuk ZA

  • Umumnya digunakan sebagai pupuk dasar dan susulan
  • Memiliki senyawa kimianya stabil sehingga tahan disimpan dalam waktu lama dan dapat dicampur dengan pupuk lain
  • Aman digunakan untuk semua jenis tanaman
  • Mampu meningkatkan produksi dan kualitas panen
  • Menambah daya tahan tanaman terhadap gangguan hama, penyakit dan kekeringan
  • Memperbaiki rasa dan warna hasil panen

Gejala Kekurangan Unsur Belerang atau Sulfur

  • Urat-urat daun berubah mengusing.
  • Bagian-bagian daun yang paling dekat letaknya dengan batang menjadi sangat gelap warnanya.
  • Produksi protein tanaman menurun, pertumbuhan sel tanaman kurang aktif
  • Terjadi penimbunan amida bebas dan asam amino sampai batas yang berbahaya bagi tanaman
  • Terjadi kerusakan aktivitas fisiologis dan mudah terserang hama penyakit
  • Produksi butir daun hijau menurun, proses asimilasi dan sintesis karbohidrat terlambat, tanaman mengalami klorosis atau kekuningan dan hasil panen rendah
Baca Juga :   Jajar Legowo (4:1) Cara Efektif Menghemat Pengunaan Pupuk Tanaman Padi

Kesimpulan:

Pupuk merupakan komponen yang tidak bisa dihilangkan dalam struktur intensifikasi produktivitas lahan pertanian dalam sub pemeliharaan. Pemberian menjadi wajib untuk menciptakan sistem pembudidayaan yang baik dalam mencapai sebuah tujuan yaitu tanaman mampu subur dan produksi tinggi.

Pupuk urea dan ZA adalah dua jenis pupuk yang mengandung unsur nitrogen (N), Nitrogen sendiri merupakan salah satu unsur hara makro yang keberadaan sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman terutama pada fase vegetatif yaitu dalam pertumbuhan daun, batang dan cabang.

Nitrogen berperan dalam pembentukan zat hijau daun atau klorofil, komponen pada daun yang berperan dalam fotosintesis,pembentukan protein, lemak dan berbagai senyawa organik lainnya.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cari Tahu, Perbedaan Pupuk Urea Dan Pupuk Za dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Baca Juga: