10 Cara Budidaya Anubias Dengan Metode Emersed dan Aquatik

Posted on

10 Cara Budidaya Anubias Secara Lengkap

10 Cara Budidaya Anubias – Anubias sp merupakan nama tanaman yang berasal dari keluarga talas-talasan atau biasa disebut sebagai Araceae. Tanaman yang berasal dari keluarga talas-talasan dapat berkembangbiak secara generative ataupun vegetative. Namun, perkembangbiakan secara generative sangat jarang dilakukan dikarenakan keluarga talas mempunyai waktu yang langka untuk berbunga. Bahkan bunga dari keluarga talas-talasan ini dapat muncul dalam kurun waktu 100 tahun sekali. Jenis tanaman yang satu ini banyak dimanfaatkans ebagai tanaman hias yang diberbagai Negara telah banyak mengenalnya, salah satu Negara yang juga menjadikan tanaman Anubias sebagai tanaman hias adalah Indonesia.

10 Cara Budidaya Anubias Dengan Metode Emersed dan Aquatik

Sebagian besar alasan mengapa anubias banyak digunakan sebagai tanaman hias, disebabkan tanaman ini mempunyai daya tarik karena daunnya mengkilap dan ukurannya yang kecil. Apalagi perkembangbiakan dari tanaman anubias ini dapat dikatakan gampang-gampang susah. Mengingat banyak para petani yang menyarankan untuk tidak membudidayakaan tanaman anubias bagi petani pemula. Hal ini karena bakat dalam menanam cukup dibutuhkan untuk sukses dalam membudidayakan tanaman anubias ini. Jika anda tertarik untuk membudidayakan dan merawatnya tanaman anubias dapat tumbuh dengan ketinggian sekitar 15 cm.

Namun, apabila anda tertarik untuk membudidayakan tanaman ini maka dibutuhkan kesabaran dan ketrampilan dalam membagi rhizome dan memilih media dan perawatan tanaman dengan tepat. Terdapat dua metode untuk membudidayakan anubias, yaitu dengan metode emrsed dan metode aquatic. Lebih jelasnya di bawah ini 10 Cara Budidaya Anubias

Baca Juga :   Cara Menanam Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Budidaya Anubias Dengan Metode Emersed

Jenis yang pertama adalah budidaya dengan memakai metode emersed. Dalam metode ini dikenal juga sebagai sistem dengan sebutan SDM atau Dry Start Method yang merupakan cara menanam dengan memakai media pot. Metode ini dinilai sebagai metode yang lebih mudah dikarenakan tanaman anubias tidak diharuskan untuk beradaptasi di dalam air. Selain itu, banyak petani yang merekomendasikan metode ini sebagai langkah untuk memperbanyak anak tanaman. Bahkan jika memakai metode emersed daun yang akan dihasilkan oleh anubias lebih mengkilap. Berikut tata cara budidaya anubias dengan metode emersed.

1. Mempersiapkan Bahan Dan Alat Yang Dibutuhkan

Persiapkan alat dan juga bahan yang sekiranya anda butuhkan, seperti:

  • Persiapkan gunting, pot kecil, pisau, benang jahit, serta perlengkapan untuk menanam lainnya.
  • Selain itu, bahan yang dibutuhkan yaitu tanaman anubias, pupuk dan media tanam yang cocok.
  • Media tanam yang dapat digunakan, seperti pasir, batu dan kayu.

2. Memilih Bibit Anubias

Cara menyiapkan dan memilih bibit anubias yang sesuai, yaitu:

  • Tanaman anubias dipisahkan lebih dulu dari medianya. Dibutuhkan kesabaran dan ketrampilan dalam memisahkan anubias tersebut, agar rhizome ataupun akar serta organ lainnya tidak ada yang rusak.
  • Rhizome anubias dapat dibagi secukupnya, apabila ukurannya cukup besar maka dapat dibagi menjadi 3 atau 4 bagian.

3. Penanaman Anubias

Pada proses ini langkah yang perlu diakukan yaitu:

  • Siapkan air bersih yang nantinya akan digunakan untuk menanam atau menyiram anubias.
  • Apabila menggunakan media tanam pasir, maka rhizome tanaman anubias harus disimpan pada bagian permukaannya. Selain itu anda harus memperhatikan bahwa pasir tersebut harus dalam keadaan basah atau lembab yang tinggi.
  • Apabila anda memakai media lainnya seperti kayu dan juga batu, maka membutuhkan alat bantu untuk merekatkannya yaitu benang jahit. Benang jahit ini nantinya akan mengalami pelapukan dan tanaman dapat mencengkeram media dengan kuat.
  • Umumnya para petani banyak yang memakai media pasir.
Baca Juga :   Cara Menanam Bunga Carnation Dari Biji

4. Perawatan Anubias

  • Jika memakai metode emersed maka tanaman anubias yang berada di dalam pot harus selalu diperhatikan kelembapannya.
  • Pada media tanama harus dilakukan penyemprotan dengan pupuk cair agar peranakan dan tunas segera tumbuh.
  • Anda dapat menjaga kelembapan anubias dengan cara menutupnya memakai kaca atau plastik.
  • Apabila menginginkan segera tumbuh tunas dapat dilakukan induksi melalui pembuatan luka.

5. Pemanenan Anubias Dewasa

Apabila telah cukup umur dan tunas telah membesar dapat dilakukan panen bibit. Bibit anubias tersebut dapat dijual dengan harga per batang.

Budidaya Anubias Dengan Metode Aquatik

Pada metode ini cara penanamannya yaitu dengan memasukkan tanaman anubias ke dalam air pada sebuah tank air atau aquarium. Jika memakai metode ini maka sebaiknya penempatan aquariumnya diperhatikan. Hal ini dikarenakan aunbias tidak dapat ditempatkan pada lokasi yang mendapatkan sinar matahari langsung. Berikut persiapan yang perlu anda lakukan.

1. Mempersiapkan Bahan Dan Alat

  • Alat yang perlu anda persiapkan, yaitu pisau, gunting, aquarium atau tank air, serta benang jahit. Ukuran aquarium yang digunakan dapat disesuaikan.
  • Bahan yang perlu dipersiapkan berupa air, tanaman anubias, dan pupuk.
  • Media tanam pada metode ini adalah kayu dan batu.

2. Persiapan Bibit Anubias

  • Potonglah anubias pada bagian rhizome dengan hati-hati.
  • Rhizom dengan ukuran cukup besar dapat dibagi menjadi 3 atau 4 bagian.

3. Penanaman Anubias

  • Siapkan media tanam air dengan Ph tanah sekitar 5 hingga 8.
  • Suhu yang ideal dalam menanam anubias sekitar 22-30 derajat celcius.
  • 10 Cara Budidaya Anubias berikutnya dengan merekatkan pada media kayu atau batu dengan memakai alat bantu benang jahit.
  • Selanjutnya anda dapat menyimpan tanaman anubias tersebut dalam tank atau aquarium.
Baca Juga :   13 Cara Mudah Menanam Anggrek Bulan di Pot "Rajin Berbunga"

4. Perawatan

  • Dalam perawatannya tanaman anubias yang berada di dalam air harus ditempatkan pada tempat yang teduh yang tidak terkena cahaya secara langsung.
  • Gunakan pupuk cair dalam perawatannya. Jika ingin mempercepat pertumbuhan daun dapat memakai pupuk slow release yang mengandung zat besi tinggi.

5. Pemenenan Anubias

Seperti halnya dalam metode emrsed di atas, pemenenam bibit pada metode equatik juga dilakukan ketika telah muncul tunas dan membesar. Kemunculan tunas sekitar sebulan.

Itulah 10 Cara Budidaya Anubias yang dapay anda lakukan di rumah dengan metode emersed atau metode aquatic. Anda dapat memilih salah satu metode yang terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Semoga pembahasan ini dapat memberikan wawasan dan bermanfaat.