Cara Memilih Bibit Bunga Mawar Yang Paling Bagus

Posted on

Cara Memilih Bibit Bunga Mawar Yang Paling Bagus

Cara memilih bibit bunga mawar yang paling bagus – bunga mawar menjadi pujaan orang banyak. Bentuknya indah, baunya semerbak harum dan cara penanamannya ini pun dengan hidroponik yang mudah dijalankan membuat tanaman tersebut cocok untuk pembudidaya pemula. Berikut ini Cara memilih bibit bunga mawar yang paling bagus.

Dengan demikian, maka tak semua paham tentang bagaimana cara memilih bibit bunga mawar yang baik serta menghasilkan pohon mawar yang indah. Kendalanya ini minim pengetahuan dan anggaplah bunga mawar ini dapat ditanam begitu saja tanpa ada teknik khusus.

Padahal, untuk bisa mendapatkan mawar yang rajin bunganya serta berbunga lebat dibutuhkan sedikit teknik serta penguasaan mengenai sejumlah faktor pendukung sama halnya dengan menanam bunga dahlia. Salah satu caranya ini pastinya memilih bibit bunga mawar berkualitas.

Cara memilih bibit bunga mawar

Sebelum lebih dalam pembahasannya mengenai cara memilih bibit bunga mawar, harus kalian tau bahwa bunga mawar bisa dikembangbiakkan lewat dua cara. Untuk yang pertama yakni melalui bijinya atau perkembangbiakan generative.

Sementara untuk yang kedua ini ialah cara vegetative melewqati cangkok dan stek batang. Metode yang sering dijalankan oleh pembudidaya bunga mawar ialah sebuah teknik stek.
Selain mudah, teknik dari stek ini pun kemungkinan sebagai waris dari sifatnya indukan. Kemudian bagaimana teknik gemeratif maupun lewat bijinya sama dengan penanaman mawar hitam biji?

Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Stek Bunga Mawar Warna Warni

Berikut ini cara teknik yang benar untuk kalian.

1. Memilih bibit bunga mawar berasal dari bijinya

Bibit bunga mawar ini yang asalnya dari biji lebih suliy dijumpai dibandingkan asalnya dari stek maupun cangkok. Sebab, selain dapat meningkatkan keberhasilan pertumbuhannya yang sulit, bijinya juga rentan mati sebelum bisa ditumbuhkan.
Sebagai informasi tambahannya, inilah cara memperoleh biji bunga mawar tersebut, diantaranya :

• Biji bunga mawar ini asalnya dari buah mawar. Jadi untuk memperolehnya kita pun lebih dulu membuka buah mawarnya.
• Buah mawar tersebut diperoleh dari bunga mawar yang sudah dewasa dan melalui masa penyerbukannya. Di awal proses, warna buah ini ialah hijau kemudian akan berubah jadi merah, ungu, maupun jingga.
• Keluarkan biji bunganya mawar terhadap buahnya. Bersihkan lebih dulu supaya nantinya tak menghindarkan diri proses perkecambangan akibat kotor.
• Rendamlah biji bijian itu kedalam air selama kurang lebih 24 jam guna mengenal kualitas dari bijinya. Bila biji bijian ini tenggelam, maka kalian ambil untuk disemaikan.
• Semaikanlah biji bunga mawar itu untuk memperoleh bibit bunga mawar yang berkualitas. Cara penyemaiannya biji bunga mawar ini ialah dengan cara meletakkan di media lembab misalnya seperti tisu yang telah dibasahi.
• Kalian tunggu sampai bijinya ini berkecambah serta bibiynya siap untuk ditanam.

2. Memilih bibit bunga mawar yang berasal dari stek maupun cangkok

Bibit bunga mawar baik dan juga berkualitas ini bisa lebih mudah untuk diperoleh dari teknik stek serta cangkok. Cara memperolehnya pun melalui sebuah teknik stek diantaranya :

• Kalian pilih bunga mawar yang dipakai untuk indukan. Tentukan bunga mawar terbaik yang sudah berbunga, yang sehat dan kebal dengan serangan hama maupun penyakit.
• Kalian tentukan batang yang nantinya akan ditek. Kalian pilih batangnya yang besar dan tua, kuat serta mempunyai mata tunas.
• Potonglah batang bunga mawar ini menggunakan ukuran kira-kira 5-10 cm. kalian posisikan mata tunas berada ditengah batang kemudian potong dengan menyerong supaya bunga mawar mudah dalam menyerap unsur hara.
• Rendamlah stek itu didalam cairan hormone guna mempercepat pertumbuhan akar. Waktu merendam ideal ialah 2-3 jam.
• Tanam stek ini di media yang sudah kalian sediakan.

Baca Juga :   Cara Mudah Supaya Bunga Aster Cepat Berbunga

3. Persiapan menanam bibit bunga mawar

Bibit bunga mawar yang sudah diperoleh baik lewat teknik semai biji ataupun teknik stek. Saatnya kita menanam bibit itu supaya tumbuh jadi bunga mawar yang indah.
Langkah untuk menanam bibit bunga mawar, diantaranya :

• Menyiapkan lebih dulu media tanamnya. Media tanam ini dapat berasal dari campuran sekam, kompos dan tanah.
• Komposisinya ideal 1:1:1 kompos : tanah : sekam.
• Tanaman baru yang siap dipindah jika sudah kelihatan akar dan juga daunnya baik dari bijinya atau batang stek.
• Berilah penyiraman dengan teratur kurang lebih 2 kali dalam 1 harinya menggunakan cara penyemprotan bibit bunga mawar itu.

4. Proses penanaman bunga mawar

Bunga mawar ditanam secara langsung dalam tanah bisa menghasilkan tanaman yang subur dan tumbuh besar berbunga lebat. Akan tetapi kemungkinan kalian bisa memperoleh hasil serupa dengan penanaman dalam pot.
Syaratnya kalian sediakan unsur hara tambahan berwujud pupuk kimia maupun organic menjadi tambahannya nutrisi media tanam. Berikan penyiramaqn dengan teratur supaya bunganya tak terjadi kekeringan.
Pot yang dipakai harusnya berasal dari tanah liat. Buatlah lubang tanam dengan kedalaman 10-15 cm, lalu pindahkan bunga mawar itu dalam media tanamnya. Padatan serta siram sedikit air.

Ketika memindahkan bibit dalam media tanam, lakukan secara hati-hati supaya tak merusak akarnya. Pemindahan ini hendaknya dilakukan ketika sore hari supaya tanaman tak shok ketika mendapat serangan sinar matahari.
Itulah tadi mengenai Cara memilih bibit bunga mawar yang paling bagus. Bunga mawar berbentuk indah, semerbak dan baunya harum. Dengan alasan itulah banyak orang terutama kaum wanita yang berlomba lomba menanamnya. Semoga ulasan diatas tadi bisa menjadi panduan bagi kalian yang masih pemula. Terima kasih.

Baca Juga :   Cara Budidaya Bunga Krisan Yang Menguntungkan

Baca juga:

Bagaimana Cara Penanaman Mawar Cabutan Dan Cara Merawatnya

Cara Penangkaran Burung Jalak Bali Bagi Pemula