9 Manfaat “Penting” Menanam Tanaman Obat Di Pekarangan Rumah

Posted on

Manfaat Yang Didapat Dengan Menanam Tanaman Obat Di Pekarangan Rumah

Manfaat yang didapat dengan menanam tanaman obat di pekarangan rumah – sebelum obat mudah diperoleh dan harganya pun terjangkau seperti sekarang, konon masyarakat indonesia memanfaatkan sejumlah tumbuhan untuk mengobati sakit yang mereka derita. Jadi tak jarang saat kita mengunjungi rumah nenek maupun sanak keluarga yang ada di desa masih ada pekarangan yang ditumbuhi tanaman apotek hidup.
Berikut ini akan kami jelaskan mengenai Manfaat yang didapat dengan menanam tanaman obat di pekarangan rumah.

9 Manfaat "Penting" Menanam Tanaman Obat Di Pekarangan Rumah

1. Memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah

Dengan adanya lahan yang masih kosong, baik ada di halaman belakang maupun deoan bisa dimanfaatkan untuk ditanami di berbagai jenis tanaman. Tanaman apotek bisa hidup dengan sendirinya, sebab masuk dalam sebuah progam pemerintah namanya P2KP (progam peningkatan konsumsi pangan) yang memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk media tanam dan tempat tanamnya.

Di progam tersebut harapannya terutama ibu rumah tangga bisa menghasilkan hasil tanam yang gizinya didapatkan dari pekarangan rumah sendiri. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa tahun 2019 ini sulit memperoleh rumah yang lahannya kosong pekarangannya. Adapun lahan ini akan di paving maupun di cor.

Baca Juga :   6 Vitamin "Paling Ampuh" Untuk Burung Gelatik Agar Tetap Prima

Padahal ketersediaan tanah yang ada di halaman rumah menjadi media tanam yang dibutuhkan sekali. Namun tenang saja, untuk mereka yang tidak mempunyai cukup pekarangan rumah maka tanaman apotek bisa hidup ditanam dalam pot maupun polybag. Jadi, ketersediaan tanaman obat yang ada dirumah bisa tetap terpenuhi.

2. Menjadi sumber kesehatan keluarga

Manfaat menanam tanaman obat yang ada di pekarangan lainnya ialah menjadi sumber kesehatan keluarga. Tak jarang pula keluarga maupun seseorang yang mempunyai alergi dari sebuah zat yang dikandung dalam obat, jadi menjadi alternatif untuk pengobatan sakit mengonsumsi obat herbal maupun tanaman apotek hidup.
Kadang orang tua lebih memilih memanfaatkan apotekk hidup saat sedang sakit ringan, misalnya batuk, pilek dan flu. Saat sudah mengonsumsi tanaman herbal beberapa saja, akan tetapi masih terasa sakit maka baru mereka akan ke dokter untuk memperoleh obat. Daripada obat, memanfaatkan apotek hidup menjadi obat terpercaya kurang lebih efek sampingnya yang terjamin.

3. Bisa meracuk obat sendiri

Misalnya yang dijelaskan di poin 2, adanya bahan alami bisa dipkai menjadi obat khusus bsia meracik obat sendiri.
Pada era modern ini akan mudah sekali untuk memperoleh informasi tentang campuran maupun ramuan obat tanaman herbal bagi penyakit khusus. Jika tak terbiasa orang tua maupun nenek kita yang akan mengajari bagaimanakah obat yang berasal dari tanaman herbal bagi penyakit khusus ini.

4. Menghemat pengeluaran bagi kesehatan

Manfaat lainnya menanam tanaman obat dipekarangan ialah untuk menghemat uang biaya kesehatan. Tak semua penyakit emang bisa diatasi dengan mengonsumsi obat herbal.
Akan tetapi sejumlah penyakit lainnya pasti bisa diringankan menggunakan bahan disekeliling kita. Dengan cara meracik obat sendiri yang berasal dari bahan yang diperoleh sendiri dari pekarangan rumah, maka pastinya bisa menghemat uang untuk ganti biaya ke dokter dan juga membeli obat.

Baca Juga :   Cara Merawat Kucing Russian Blue Paling Mudah

5. Sebagai persediaan rempah bumbu dapur

Misalnya yang sudah kita tau ialah sejumlah tanaman yang bisa dipakai untuk tanaman obat dan menjadi pelengkap rempah di masakan.
Jahe, kunyit, cengkeh, lalu lidah buaya dan juga sejumlah jenis tanaman lain yang bisa dimanfaatkan guna menyembuhkan sebuah penyakit pun bisa dimanfaatkan menjadi bumbu dapur.

6. Mencegah hama tanaman lain yang datang

Dengan kalian menanam tanaman obat yang ada di pekarangan rumah, maka bisa mencegah datangnya hama di tanaman lain. Hal ini disebabkan di tanaman obat ada zat yang tak disukai serangga dan juga hama, jadi dengan kalian menanam tanaman obat bisa mencegah datangnya serangga dan hama. Selain itu menanam tanaman obat bisa jadi sumber pestisida alami untuk tanaman sekelilingnya.

7. Membuat pekarangan lebih hijau

Seperti yang kita tau bahwa menanam tanaman di halaman rumah bisa menyejukkan serta membuat halaman jadi rindang. Sama halnya menanam tanaman obat pada pekarangan rumah, daunnya pun rindang halaman rumah.
Sebab di sebagian besar tanaman obat yang digunakan ialah rimpangnya, batangnya dan akarnya bukan berarti daunnya ini tak bermanfaat. Daunnya tetap dimanfaatkan yakni sebagai penghijau halaman.

8. Mempercantik pekarangan

Sebagian besarnya memang tanaman ini ada di dalam tanam alias yang bermanfaat akar/ rimpangnya. Namun, ada sejumlah jenis tanaman obat yang mempunyai bentuk unik dan bisa dipakai untuk penghias halaman sekaligus.
Lidah buaya, daun sirih, binahong merupakan ketiga tanaman yang bisa dimanfaatkan menjadi penghias halaman. Selain bisa dimanfaatkan, bentuknya tanaman ini pun diatur dengan sedemikian rupa sehingga bisa mempercantik rumah.

9. Menjadi ajang melestarikan tanaman indonesia

Manfaat menanam tanaman obat yang ada di pekarangan yang terkahir ialah bisa melestarikan tanaman serta rempah rempah ini. Sehingga makin berkembangnya jaman dan dimudahkan teknologinya maka banyak orang yang akan mengalihkan diri memilih rempah instan yang ada di toko toko.

Baca Juga :   Cara Menanam Daun Ashitaba Di Pekarangan Rumah

Itulah tadi Manfaat yang didapat dengan menanam tanaman obat di pekarangan rumah. Tak adanya ketersediaan dari lahan di rumah bukan jadi alasan untuk kita tak menanam tanaman ya sobat. Ada banyak sekali cara yang dapat kita lakukan dengan keterbatasan alahan untuk menanam tanaman di rumah. Dengan adanya tulisan ini semoga bisa menambah wawasannya dan terima kasih sudah membaca. Sampai jumpa artikel berikutnya.

Baca juga:

6 Vitamin Untuk Burung Gelatik Terlengkap

Cara Merawat Ayam Pelung Agar Rajin Berkokok