Cara Kawin Silang Bunga Mawar Dengan Mudah

Posted on

Cara Kawin Silang Bunga Mawar Dengan Mudah

Cara kawin silang bunga mawar dengan mudah – bunga mawar merupakan bunga paling terkenal dengan warnanya yang indah serta bau yang khas. Banyak para pecinta bunga mawar yang rela membuka kantongnya untuk memperoleh bunga mawar jenis baru berwarna unik dan mempunyai penampilan berbeda dibanding mawar lainnya. Padahal dengan mengkawinkannya saja bisa mendapatkan warna seperti tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini penulis akan membagikan informasi seputar Cara kawin silang bunga mawar dengan mudah.

Yang kita perlukan ini hanya sejumlah alat perkebunan sederhana misalnya seperti gunting maupun pisau dan yang pasti ialah dua bunga mawar yang akan dilakukan persilangan. Proses penyilangan tanaman ini sudah dikembangkan dan juga diterapkan semenjak memperoleh perpaduan sifat unggul dari kedua indukan. Jenis tanaman yang disilang ini pastinya tanaman yang serupa atau masih dalam keluarga sama. Tak mungkin kita dapat menggabungkan bunga mawar dan bunga bougenvil atau buah nangka dll.

Tekni yang terpopular dalam menyilangkan tanaman terutama bunga mawar ini ialah teknik menempel atau okulasi. Seperti yang sudah kami sampaikan bahwa dalam melakukan proses tersebut tak sulit seperti yang kita bayangkan. Perlakukan teliti dan sabar merupakan kunci keberhasilan proses kawin silang bunga mawar tersebut. Langsung saja kita membahas pokok bahasannya, silahkan simak langkah berikut ini :

Cara Kawin Silang Bunga Mawar

Tahap pertama yang harus kalian lakukan saat proses ini ialah menyiapkan alat dan bahan yang akan kita jalankan. Berikut ini alat dan bahannya :

Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Stek Bunga Mawar Warna Warni

1. Alat, alatnya adalah pisau dan gunting tanaman
2. Bahan, bahannya dua bunga mawar berbeda warna serta jenisnya plastik yang transparan
Selanjutnya kalian perhatikan, bersihkan/ sterilkan peralatan dan bahan lebih dulu sebelum dipakai.

Langkah-langkah :

  1. Kalian tentukan bunga mawar yang akan disilangkan, sarannya untuk memilih batang bunga yang telah berusia cukup dan batangnya bertanda kayu serta mempunyai duri besar serta menghitam/ kecoklatan.
    Untuk mempermudah pembahasannya, kami akan memberikan contoh dari proses perkawinan silang antara bunga mawar putih dengan bunga mawar merah. Di dalam proses tersebut yang nantinya akan menghasilkan bunga mawar warnanya merah muda atau pink. Silahkan kalian berkreasi sendiri dengan cara memilih warna bunga mawar yang kalian inginkan.
  2. Tahao berikutnya ialah memotong di bagian batang bunga mawar. Pada kali ini kami akan memilih bunga mawar menjaid tanaman induk yang tetap tertanan dalam tanah, potonglah batang bunga mawar itu dengan posisi lurus.
  3. Kalian belah bunga mawar merah itu dengan panjang sekitar 1,5 sampai 3 cm, bergantung diameter batang. Hilangkan sejumlah daun yang ada, kemudian sisakan 2-3 helai daun saja yang dekat dengan belahan batang.
  4. Kita beralih dengan bunga mawar kedua, yakni bunga mawar putih. Potonglah batangnya dengan ujung runcing. Upayakan batang bunga putih mawar tersebut lebih kecil dibanding bunga mawar yang sudah dibelah.
  5. Maasukkan dengan perlahan serta hati-hati batang bunga mawar putih di dalam belahan batang bunga mawar merah. Upayakan tak ada kerusakan maupun batang yang patah.
  6. Kalian bungkus kedua batang itu memakai plastik transparan, kemudian ikat memakai benang/ tali rafia secara rapat. Tujuan pembungkusan tersebut guna terhindar dari batang bunga air yang berlebihan jadi terjadi penguapan yang terlalu banyak dan menjauhkan dari bungkus batang.
Baca Juga :   6 Cara "Paling Mudah" Menanam Bunga Desember Bagi Pemula

Tahap kawin silang sudah selesai, kemudian kalian tunggu apakah proses yang sudah kita kerjakan berhasil. Tandanya yang bisa kita liat bila proses penyilangan ini sukses ialah batang bunga mawar yang disilang masih kelihatan segar serta tak keriput maupun layu. Tahap pengamatan tersebut berlangsung dengan kurun waktu 2-4 minggu.

Tips Kawin Silang Bunga Mawar Supaya Sukses

Untuk menjamin keberhasilan dari proses kawin silang ini, maka simaklah tips yang kami bagikan dibawah ini.

  1. Lakukan proses persilangan bunga mawar ditempat teduh/ terhindar dari matahari langsung. Sarannya supaya menyilangkan tanaman di sore atau pagi hari.
  2. Batang bunga mawar yang sudah dipotong/ dibelah sebisa mungkin segeralah menggabungkannya supaya batang yang terluka ini tak terlalu lama terkena udara terbuka.
  3. Sekali lagi alat serta bahan yang dipakai proses ini harus bersih dan steril, sirami/ rendam peralatan kedalam air panas, sebab bisa membahayakan peralatan yang tak disterilkan akan menyerang batang dengan berbagai hama dan penyakit.
  4. Jangan terburu-buru memindahkan tanaman yang sedang dalam tahap penyatuan belum smpurna. Sebab bila batang bunga mawar yang disilangkan goyah, maka kemungkinan akan gagal dalam proses kawin silang.
  5. Sesudah yakin sepenuhnya maka kedua batang sudah menyatu secara baik maka kalian bisa merawatnya. Berikan penyiraman secukupnya saja dan pemupukan untuk emnjaga nutrisi bunga baru kalian.
    Bunga mawar bunga yang menjadi dambaan orang terutama kaum wanita. Bunga yang warnanya banyak dan mempunai bau yang khas. Bunga ini juga sebagai simbol atau lambang perasaan seseorang yang jatuh cinta ataupun rasa sayang kepada seseorang.

Itulah tadi Cara kawin silang bunga mawar dengan mudah. Kalian bisa mempraktekkannya sendiri dirumah. Kami berharap dengan adanya tulisan ini melalui artikel yang sudah kami sajikan bisa menghasilkan aneka bunga mawar yang beraneka ragam dengan warna baru dan juga unik. Pastinya hal ini bisa menjadi kebanggan tersendiri bagi kita atau kalian pecinta bunga. Terima kasih atas kunjungannya.

Baca Juga :   5 Cara Budidaya Bunga Anyelir dan Perawatannya Lengkap

Baca juga:

Contoh Tanaman Yang Cocok Untuk Pagar Hidup

Cara Memilih Bibit Bunga Mawar Yang Paling Bagus