10 Tanaman Untuk Aquascape Beserta Penjelasannya Terlengkap

Posted on
10 Tanaman Untuk Aquascape Beserta Penjelasannya Terlengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Jenis Tanaman Untuk Aquascape

10 tanaman untuk aquascape – apakah kalian pecinta aquarium dan faham tentang cara membuat aquascape yang mini, maka sudah pasti akan faham tentang aquascape. Aquascape adalah bagian yang umumnya tak terpisahkan terhadap aquarium itu, sebab seperti yang telah kita tau bersama.

Jenis Tanaman Untuk Aquascape

Aquascape merupakan bagian satu kesatuan aquarium itu sehingga menjadikan penampilan aquarium itu lebih menarik serta terkesan mirip ekosistem yang sebetulnya disertai cara pembersihan pada aquascape secara tepat. Nah, selain kita berbicara tentang aquascape, maka kita pastinya akan berbicara tentang tanaman yang cocok guna tanaman itu. Berikut ini kami akan membahas mengenai 5 tanaman untuk aquascape.

Adapun tanaman aquascape ini adalah berbagai jenis tumbuhan yaitu tumbuhan yang hidup pad alingkungan lembab dengan banyak diltekkan ke dalam aquarium untuk hiasan aquarium itu. Selain itu, keberadaan dari tanaman aquarium ini yang bermanfaat menjadi tempat bermain maupun disembunyikan ikan hias yang berada di dalam aquarium itu.

Lantas apa aja sih jenis tanaman untuk aquascape ini? Yuk simak langsung selengkapnya di bawah ini.

1. Hygrophila polysperma

Yang pertama ini ialah hygrophila polyspermae. Tanaman satu ini termasuk jenis tanaman yang telah banyak dikenal serta dipakai oleh aquascaper selama bertahun tahun lamanya yang bermanfaat menjadi hiasan aquarium. Tanaman satu ini tak harus bergantung pada intensitas cahaya, walau mempunyai sedikit cahaya tanaman hygrophila polysperma tersebut yang dapat hidup dalam aquascape kalian. Tanaman tersebut cocok bila dipakai untuk aquascaper pemula.

Baca Juga :   Cara Budidaya Padi Gogo Agar Hasil Melimpah

2. Windelov

Untuk yang kedua ini ialah windelov. Windelov tersebut merupakan jenis tumbuhan aquascape yang mempunyai nama ilmiah yakni microsum pteropus. Tanaman windelov tersebut memiliki ujung yang bercabang dan mempunyai bentuk yang unik jadi banyak yang memakai menjadi ssalah satu tanaman aquascape tervavorit. Windelov tersebut mempunyai ketahanan diri terkuat dan lebih mampu diikat di kayu maupun tiang. Oleh sebab itulah maka tanaman ini penggemarnya banyak.

3. Monte carlo

Untuk yang ketiga ini ialah monte carlo. Monte carlo adalah bagian dari jenis tanaman aquascape yang kadang digunakan menjadi tanaman karpet di subtract aquarium menggunakan laju pertumbuhan yang termasuk relatif cepat. Nah, monte carlo tersebut termasuk jenis tanaman aquascape yang unik sebab jika terkena intensitas cahaya terkuat sehingga pertumbuhannya ini menjadi semakin cepat.

4. Java moss

Untuk yang keempat ialah java moss. Java moss ini tergolong dalam jenis kelompok tanaman hypneceace yang asalnya dari kawasan asia tenggara menggunakan nama ilmiah taxpyphillup barbieri. Tanaman java moss tersebut termasuk mudah pada hal perawatannya sebab tak membutuhkan banyak karbondioksida serta intensitas cahayanya tinggi. Akan tetapim java moss tersebut mempunyai tingkat perkembangan lumayan lambat.

5. Cobomba caroliniana

Untuk yang kelima ini ialah cobomba caroliniana. Tumbuhan aquascape satu ini asalnya dari negara amerika selatan. Tanaman cobomba caroliniana satu ini termasuk dalam tumbuhan awuascape yang dapat menempati wilayah midground serta background pula dalam aquarium.

Tingkat pertumbuhan jenis ini lumayan cepatt yaitu di suhu 15 hingga 26 derajat celsius. Selain tersebt,, tanaman satu ini masuk dalam jenis aquascape mudah hal perawatannya. Kebutuhan akan cahayanya pun lumayan cukup dalam keadaan sedang serta karbondioksidanya pun tergolong sedikit.

Baca Juga :   8 Cara "Paling Mudah" Menanam Kacang Hijau dengan Benar

6. Dwarf baby tears

Dwarf baby tears ini mulai terkenal semenjak tahun 2000an. Perkembangan nama jenis tanaman aquascape ini asalnyad ri kuba yang semakin meluas mencapai 10 tahun. Saat ini telah banyak orang yang memakai dwarf ini menjadi bagian depan akuarium.

Tanaman jenis ini memiliki daun kecil dan padat. Tumbuhan aquascape tersebut memiliki tingkat pertumbuhan sedang dan ketinggian rendah. Hemianthus callitrichoides harus memerlukan cahaya tinggi, akan tetapi dapat mengadaptasi dalam keadaan cahaya menengah. Dengan menggunakan cahaya banyak, maka karbondioksida yang terlarut serta substrat yang kaya akan nutrisi dapat memberikan hasil pertumbuhan yang baik.

7. Bucephalandra black phantom

Tanaman ini diperkirakan asalnya dari kalimantan, indonesia. Tanaman dari genus satu ini pun terkenal dengan nama bucephalandra brownie phantom. Area penanamannya tepat sekali di depan akuarium. Untuk pertumbuhannya, tanaman ini tak membutuhkan cahaya serta karbondioksida tinggi jadi cocok sekali bagi kalian yang masih pemula.

8. Anuabias coffeefolia

Tanaman ini dijumpai pertama kali pada daerah afrika barat. Tanaman air tersebut kadang ditempatkan di daerah tengah akuarium yang memperoleh cahaya tak terlalu banyak, begitu juga dengan CO2-nya. Tanaman ini memiliki warna daun merah maupun kecoklatan. Pertumbuhan tanaman hias tersebut sangat kompak serempak.

9. Cryptocoryne pontederiifolia

Telah dikabarkan bahwa tanaman ini asalnya dari kawasan sumatra barat serta singapura. Tak ada nama yang umum pada tanaman ini dari family araceae, dalam genus cryptocoryne tersebut. Pemeliharaannya mudah sebab beradaptasi di beragam kondisi tempat hidupnya. Tanaman ini acuh tak acuh dari keadaan pH air, pertumbuhannya tetap optimal dalam air yang hanya sedikit asam maupun basa.

10. Echinodorus tenellus

Tanaman ini digunakan untuk menghasilkan permadani hijau dalam akuarium kalian. Tanaman tersebut masuk dalam kelompok amazon word yang tumbuh secara merambat serta menyebar sampai mirip rumput. Daun tanaman ini ukurannya besar. Pertumbuhannya sedang, namun dapat dipercepat menggunakan injeksi karbondioksida serta intensitas cahaya tinggi. Echinodorus tenellus dapat hidup dengan mandiri yang tak bisa hidup mandiri dan tidak dinaungi tanaman lainnya dalam akuarium.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Budidaya Petai Dengan Hasil Yang Melimpah

Demikian ulasan tentang 10 tanaman untuk aquascape. Jadi, Tanaman aquascape ini adalah berbagai jenis tumbuhan yang hidup pada lingkungan lembab sebagai hiasan akuarium. Semoga informasi ini menambah wawasan kalian. Terima kasih.

Baca juga: