4 Cara Mudah Menanam Nangka Mini di Pot

Posted on
4 Cara Mudah Menanam Nangka Mini di Pot
5 (100%) 1 vote[s]

Cara Mudah Menanam Nangka Mini di Pot Untuk Pemula

Cara Menanam Nangka Mini di Pot – Cara menanam nangka mini di pot, menjadi topik menarik yang akan di bahas. Bagi anda tanaman nangka mini mungkin cukup asing, sebab buah nangka yang biasa dikonsumsi berasal dari tanaman tahunan yang pohonnya berukuran besar.

Cara Mudah Menanam Nangka Mini di Pot Untuk Pemula

Fenomena nangka mini sebenarnya bukan hal yang baru, bukan juga merupakan jenis tanaman baru. Nangka mini merupakan jenis tanaman yang dihasilkan dari proses perkembangbiakan buatan.
Ini juga merupakan solusi yang baik bagi masyarakat yang hidup diperkotaan sebab mereka tetap akan dapat memiliki tanaman nangka di halaman atau di pekarangan rumah.

Tanaman yang di tanam dalam pot tentu akan lebih fleksible untuk diletakkan dimanapun. Selain itu juga, nilai estetika dari nangka mini ini akann semakin membuat suasana rumah menjadi lebih asri.
Pada umumnya menaman tananaman nangka mini baik di pot atau di pekarangan tidaklah jauh berbeda. Namun tentunya jika ingin menanam dalam pot maka akan terdapat perlakuan khusus, oleh sebab itu maka penting untuk memperhatikan 4 Cara menanam nangka mini di pot berikut ini :

1. Media Tanam

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah media tanam yang akan digunakan seperti juga pada cara menyemai benih jeruk nipis. Sebaiknya gunakan media tanam yang berasal dari tanah dan juga kompos atau pupuk kandang.
Sebab campuran tanah dan pupuk kandang merupakan media tanam yang subur dan gembur serta baik bagi pertumbuhan tanaman. Berikut ini cara menyiapkan media tanam untuk menanam nangka mini dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Pilih tanah yang gembur dan subur lalu kemudian ayak dan ambil bagian halusnya saja.
  • Selanjutnya campurkan dengan kompos atau pupuk kandang.
  • Komposisi ideal untuk tanah dan bahan organik perbandingannya adalah 1:2.
  • Kemudian biarkan selama 3 hari agar campuran tanah dan pupuk kandang dapat tercampur dengan merata.
Baca Juga :   Panduan Teknis Budidaya Nangka (A. heterophyllus) Secara Baik Dan Benar

2. Tips Memilih Pot

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah memilih pot. Sebagaimana kita tahu perlu ditekankan bahwa meskipun namanya nangka mini namun tetap saja ukuran batang nya relatif besar.
Oleh sebab itu tentu saja ada hal yang harus diperhatikan dalam memilih pot yang akan digunakan. Simak beberapa tips berikut ini agar anda tidak salah dalam memilih pot :

  • Pilihlah pot dengan material yang kuat dan tak mudah pecah, misalnya saja bahan plastik atau bisa juga gunakan ban bekas mobil hingga bekas drum.
  • Ukuran pot harus besar sehingga mampu menopang batang pohon nangka mini yang nantinya akan semakin tinggi.
  • Selain itu luas permukaan pot juga harus lebar sehingga akan mampu menahan akan tanaman yang nantonya akan semakin besar.
  • Pot harus tahan terhadap cuaca yang ekstrim.
  • Wadah pot mudah dipindahkan dan diletakkan di ruang terbuka.

3. Bibit Tanaman

Kualitas buah dan yanaman sangat bergantung kepada kualitas bibit yang dipakai. Oleh sebab itu, maka pastikan untuk menggunakan bibit yang tidak hanya berkualitas tetapi juga memiliki ketahanan yang baik terhadap serangan hama penyakit.

Serta juga pastikan bahwa bibit berasal dari tanaman yang unggul yang mampy menghasilkan buah secara produktif. Agar anda tidak tertipu maka sebaiknya pilihlah sentra penjualan bibit yang terpercaya dan telah memiliki reputasi yang baik.
Tidak jarang ada penjual nakak yang mengayakan bahwa tanaman yang dijualnya merupakann bibit nangka mini. Padahal sebenarnya bukan, kesempatan ini dilakukann karena memang harga bibit nanhka mini relatif lebih mahal.

4. Perawatan Tanaman

Selanjutnya sangat penting untyuk diperhatikan, bahwa tanaman yang sudah ditanam sejatinya tetap membutuhkan perawatan. Sebab tanoa dilakukan perawatan maka tanaman tidak akan mampu tumbuh dengan baik serta menghasilkan buah yang nantinya akan dipanen.
Karena itulah beberapa hal penting yang harus dilakukan dalam perawatan tanaman nangka mini antara lain :

  • Penyiraman
    Tanaman harus disiram secara rutin, sebab ketika ditanam didalam pot media tanam tidak mampu menyediakan air sendiri. Oleh sebab itu tentu membutuhkan bantuan kita maka dari itu penyiraman harus rutin dilakukan agar tanaman dapat memenuhi kebutuhan airnya. Terlebih lagi saat musim kemarau maka harus ditingkatkan intensitas pemberian air melalui penyiraman.
  • Pemupukan
    Media tanam yang berada di dalam pot tidak akan mampu menyediakan unsur hara secara alami. Oleh sebab itu seiring dengan pertumbuhan tanaman maka sangat perlu dilakukan pemupukan untuk memberikan unsur hara tambahan kedalam media tanam.
    Jenis pupuk yang diberikan dapat beripa pupuk organik seperti pupuk kandang dan juga pupuk anorganik seperti puout urea sebagai sumber nitrogen, pupuk KCL agar meningkatkan kualitas buah. serta pupuk NPK yang diberikan untuk menyediakan unsur hara lengkap bagi tanaman.
  • Pemangkasan
    Untuk menjaga bentuk dan estetika tanaman nangka mini maka penting untuk dilakukan pemangkasa. Dimana dengan cara membuang cabang atau batang tanaman yang tua dan terserang penyakit atau hama. Anda juga dapat membentuk cabang tanaman sesuai dengan selera agar menambah kesan indah dan estetik.
Baca Juga :   Cara Menanam Bunga Kenanga dalam Pot "Paling Sederhana"

Tentunya tidak dipungkiri bahwa tanaman nangka mini selain buahnya dapat dikonsumsi juga dapat menambah nilai estetika di rumah. Sebab akan memberikan nuansa hijai dan sejuk yang pastinya akan semakin membuat suasana rumah menjadi lebih segar dan nyaman.

Itulah beberapa Cara Menanam Nangka Mini di Pot, semoga artikel ini bisa membantu anda untuk memulai berkerbun secara sederhana. Terima kasih.

Baca juga: