Contoh Tanaman Yang Cocok Untuk Pagar Hidup

Posted on

Contoh Tanaman Yang Cocok Untuk Pagar Hidup

Contoh Tanaman Yang Cocok Untuk Pagar Hidup Dan Cara Merawatnya – Pagar rumah yang biasanya terbuaat dari besi atau beton memang membuat rumah anda terlihat lebih kokoh. Apalagi jika memberinya pagar tanamaan hidup akan menambah kesan natural. Selain ramah lingkungan tanaman hidup untuk pagar juga bisa memberikan ruangan yang lebih segar dan lapang. Tanaman pagar hidup juga menjadi pelengkap keindahan taman dan rumah anda agar terlihat lebih alami serta menambah nilai estetika dari rumah anda. Terdapat berbagai jenis Contoh Tanaman Yang Cocok Untuk Pagar Hidup Dan Cara Merawatnya yang bisa anda lihat di bawah ini. Ulasan tersebut diharap dapat dijadikan referensi agar anda bisa mencoba menghias pagar rumah anda.

1. Tanaman Pucuk Merah

Tanaman pertama yang sering digunakan sebagai pagar tanaman hidup yaitu pucuk merah. Seringkali kita menjumpai tanaman jenis ini ditanam dipekarangan rumah. Warnanya hijau yang menyegarkan menambah kesan alami. Selain itu, pada bagian pucuk tanaman ini akan menghasilkan warna daun yang berwarna merah. Kedua warna daun pada bagian bawah dan merah pada bagian pucuknya ini menimbulkan gradasi warna yang indah dan menarik. Sehingga tidak heran jika tanaman ini banyaak dijumpai dan dipakai sebagai pagar tanaman hiduo disekitar taman kota atupun pekarangaan rumah.

Tanaman jenis ini dapat tumbuh menjulang tinggi seperti tananaman cemara, semakin keatas semakin tinggi dan lancip. Sehingga dapat dijadikan sebagai tanamaan pelindung. Dalam melakukan perawatannya cukup mudah. Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pemangkasan secara rutin. Ini bertujuan agar mendapatkan warna pucuk merah yang merata dan alami. Dengan demikian pagat tanaman hidup anda akan lebih rapi, menambah keindahan dan menarik untuk dipandang. Kesan yang rapi dan indah semakin membuat tampilan lingkungan menjadi alami.

Baca Juga :   10 Manfaat Tangkai Daun Talas untuk Luka Hewan Ternak

2. Bunga Soka

Tanaman lainnya yang juga sering diguanakns ebagai pagar tanaman hiduo yaitu bunga soka. Tanaman ini memiliki julukan “Flame of the jungle” yang artinya api dalam hutan. Julukan tersebut diberikan karena karena bunga soka mempunyai warna bunga yang berwarna merah terang. Namun, selain memiliki warna merah bunga soka juga mempunyai warna lain, seperti putih dan kuning. Bunga soka ini paling cocok digunakan sebagai pagar taanaaman hidup dikarenakan memiliki batang yang cukup kokoh. Selain itu, warna daunnya yang hijau cerah dan bunganyaa yang berwarna merah terang menambah keindahan dan kecantikan dari tanaman jenis ini.

Cara menamanya juga cukup mudah, karena tanaman ini relative mudah untuk ditanaam. Tidak hanya mudah ditanam, cara merawatnya juga sangat mudah dirawat. Sehingga anda tidak perlu melakukan perawatan khusus dalam menanamnya. Hanya cukup melakukan pemangkasan ketika telah tumbuh tinggi untuk mendapatkan pagar hidup yang cantik dan indah.

3. Cemara-Cemaraan

Cemara-cemaraan sering disebut sebagai pohon cedar juga menjadi salah satu Contoh Tanaman Yang Cocok Untuk Pagar Hidup Dan Cara Merawatnya. Pohon ini menjadi salah satu tanaman yang sering diguankan sebagai pagar tanaman hidup. Anda dapat menjumpainya di halaman rumah yang memiliki halaman cukup luas, di vila ataupun di taman hotel. Tanaman cedar memiliki bentuk hampir mirip seperti pohon cemara. Namun, yang membedakan tanaman ini tidak memiliki ukuran tinggi seperti pohon cemara. Tingginya relative lebih pendek, namun cukup bisa digunakans ebagai cover bangunan atau penutup halaman.
Warna daun yang hijau segar memberikan kesan dan nuans yang sejuk untuk dipandang. Sehingga dapat menambah kesan rumah lebih alami.

4. Tanaman Teh-Tehan

Dinamakan sebagai tanaman teh-tehan karena sekilas mirip seperti tanaman teh yang umumnya ditanam di daerah puncak. Akan tetapi jika diperhatikan lebih teliti, maka tanaman ini tentu saja berbeda dengan teh. Selain, pucuknya tidak dapat dikonsumsi, ukuran daunnya juga cukup bebeda. Tanaaman teh-tehan merupakan jenis tanaman semak yang mempunyai pertumbuhan daun yang dapat tumbuh dengan rapat. Warna daunnya yang hijau cerah mampu menyejukkan suasana.
Cara perawatannya juga cukup mudah, anda hanya perlu melakukan pemangkasan secara rutin dan membentuknya menjadi berbagai macam bentuk seperti bentuk spiral, atau bentuk yang menyerupai hewan. Biasanya selain ditanam di halaman rumah, tanaman ini juga sering ditanam ditempat umum, seperti taman kota, SPBU dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Cara Budidaya Bambu Prospek Yang Menguntungkan

5. Bambu Hias

Bambu hias juga menjaddi salah satu tanaman pagar hidup yang umu ditanam di kalangan masyaarakat indoesia. Tanaman ini mudah ditanam dan tidak membutuhkan perawatan yang khusus. Tidak hanya itu, kelebihan dari tanaaman ini juga dapat tumbuh dalam waktu yang cukup lama bahkan dapat mencapai puluhan tahun. Jenis bambu hias yang biaasanyaa sering digunakan sebagai tanaman pagar hidup adalah bambu jepang.

6. Bunga Ivy

Bunga ivy atau English Ivy jenis tanaman hias pagar yang merambat. Bisanya tanaman ini sering ditanam dan merambat pada dinding pagar rumah atau bangunan yang berfungsi sebagaai penutup dinding bangunan. Secara umu sebenarnya tanaman ini dapat tumbuh sendiri pada bangunan-banguan tua. karena pertumbuhannya cukup cepat, tanaman ini dapat menutupi dinding bangunan dengan waktu yang relative lebih cepat.

Demikian ulasan mengenai Contoh Tanaman Yang Cocok Untuk Pagar Hidup Dan Cara Merawatnya. Masih terdapat jenis tanaman untuk pagar hidup yang lain, yaitu American holy, clementis, dan lainnya. Penggunaan tanaman tersebut disesuaikan dengan selera dari masing-masing orang. Sehingga tidak ada ssalahnya bagi anda untuk mencoba menghias pagar rumah dengan salah satu tanaman di atas, untuk menambah nilai estetika dan kesan yang sejuk dan alami.

Baca juga:

Cara Memilih Bibit Bunga Mawar Yang Paling Bagus

Bagaimana Cara Penanaman Mawar Cabutan Dan Cara Merawatnya