10 Tanaman Yang Tidak Disukai Oleh Kucing

Posted on

10 Tanaman Yang Tidak Disukai Oleh Kucing

10 Tanaman Yang Tidak Disukai Oleh Kucing – Kucing merupakan hewan mamalia yang banyak sekali dipelihara oleh seseorang. Meskipun memiliki bentuk yang lucu dan menggemaskan, akan tetapi terkadang kucing juga menyebalkan karena tak jarang mereka juga menjadikan kebun sebagai toilet pribadinya.

Tak jarang kucing ini suka menggali-gali lubang, dan juga tak jarang membuat bibit ataupun tanaman muda jadi terganggu oleh tingkahnya yang dilakukannya. Jika sampai hal ini terjadi, kebun pun menjadi kotor dan bau, apalagi jika sampai kotorannya sampai terinjak kaki, pasti akan sangat menyebalkan. Akan tetapi untuk masalah seperti ini bisa diatasi ketika kucing dilatih dengan baik.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan memyampaikan terkait pembahasan jenis tanaman yang tidak disukai oleh kucing. Nantinya tanaman ini bisa kalian gunakan sebagai alat alami atau pun sebagai senjata untuk mengusir kucing dari kebun milik kalian, sehingga mereka tidak akan menjadikan kebun sebagai toilet pribadinya. Penasaran tanaman apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

Tanaman Yang Tidak Disukai Kucing

1. Scaredy Cat Plant

Jenis tanaman yang tidak disukai oleh kucing yang pertama yaitu namanya Scaredy Cat Plant. Bunga atau tanaman yang satu ini menjadi senjata paling ampuh untuk mengusir kucing. Hal ini dikarenakan, aroma pesing yang dihasilkan dari tanaman ini dapat membuat kucing tidak betah menghirup aromanya, jangankan kucing, manusia saja terkadang juga tidak tahan menghirup aroma dari tanaman ini.

Baca Juga :   Cara Budidaya Bambu Prospek Yang Menguntungkan

Tanaman Scaredy Cat Plant ini juga tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus, dan dapat tumbuh di lingkungan yang kering. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa kucing tidak menyukai tempat yang lembap, dan cenderung lebih memilih tempat yang kering,. Jika dia tahu ada tanaman ini maka mereka pun bakal pergi mencari tempat yang lain.

2. Lavender

Lavender adalah jenis tanaman yang sering kali digunakan sebagai bahan untuk pengharum ruangan maupun parfum. Ukuran tanaman ini kecil, akan tetapi bisa menghasilkan aroma yang begitu tajam. Namun tahukah kalian, jika tanaman yang disukai oleh manusia ini ternyata malah dibenci oleh Kucing. Selain bisa digunakan sebagai tanaman hias, tanaman ini juga menjadi tanaman pengusir kucing yang alami.

3. CurryPlant

Tanaman selanjutnya yang dibenci oleh kucing adalah CurryPlant, yang mana tanaman ini menghasilkan sebuah Bunga berwarna kuning yang cantik. Tanaman ini bukan termasuk jenis tanaman herbal, dan tidak bisa digunakan untuk kuliner.

Selain bisa digunakan sebagai tanaman hias, tanaman CurryPlant ini busa juga kalian gunakan sebagai pencegah kucing. Sesuai dengan namanya, tanaman ini memiliki aroma seperti kari, dan itu sangat dibenci oleh kucing. Tanaman ini dapat tumbuh sekitar 30 sampai 50 cm, dan mampu tumbuh di tanah kering yang kondisi lahan tidak terlalu subur.

4. Rosemary

Tanaman yang tidak disukai kucing selanjutnya adalah tanamanRosemary. Tanaman ini memiliki aroma yang manis dan juga lezat, maka dari itu tidak mengherankan bila tanaman ini sering kali digunakan sebagai kebutuhan kuliner.
Akan tetapi ini berbeda dengan kucing, yang mana hewan mamalia yang satu ini malah membenci aroma dari Rosemary tersebut. Tanaman ini bisa kalian letakkan di dalam pot, dia bisa tumbuh di dalam tanah kering, karena tanaman ini tidak cocok jika kalian tanam di tanah yang basah.

Baca Juga :   5 Cara "Paling Mudah" Budidaya Tanaman Porang Prospek Yang Menjanjikan

5. Daun Inggu

Daun Inggu adalah tanaman yang sangat populer, namun tanaman ini memiliki keunggulan sebagai media untuk mencegah kucing di rumah kalian. Tanaman semak tersebut hidup pada tanah yang kering, dan dapat membuat kucing menjauh. Tapi kalau kalian memiliki tanaman ini harus berhati-hati, karena tanaman ini mengandung racun pada saat dimakan.

6. Pennyroyal

Tanaman berikutnya yang dapat kalian jadikan sebagai alat untuk mengusir kucing yaituPennyroyal. Yang mana tanaman ini adalah salah satu varietas mint dengan ukuran paling kecil. Dulunya tanaman ini dikenal sebagai salah satu bumbu masak, dan baunya sangat ampuh untuk mengusir kucing agar pergi.

7. Pyracantha

Tanaman selanjutnya yang tidak disukai kucing adalah tanaman Pyracantha. Tanaman semak ini memiliki penampilan yang indah, akan tetapi durinya yang tajam dan panjang dapat menjadi senjata alami dan natural untuk membuat kucing ini takut kemudian pergi nantinya.

Selain itu, tanaman Pyracantha ini juga dapat menjadi alternative sebagai media untuk memagari kucing agar tidak datang. Mungkin kalian akanmerasa risih jika ada kucing yang suka buang air sembarangan di area perkebunan maupun taman kalian, atau mungkin mencegah kucing kabur dari rumah. Jadi fungsi dari tanaman Pyracantha ini tidak hanya sebagai pembatas saja, akan tetapi juga mendidik kucing agar menggunakan filter box sebagai tempat untuk buang air seperti yang kalian inginkan.

8. Hawthorn (Crataegus)

Jika tidak rajin dipangkas, tanaman ini dapat menjadi semak yang cukup besar. Tanaman ini dapat menjelma menjadi pagar yang akan menghalangi langkah kucing. Apalagi duri-durinya yang tajam memang menakutkan.

9. Mawar liar (Rosa rugosa)

Bunga ini sangat bagus dan bisa mempercantik suasana. Tetapi duri-durinya tajam. Sehingga kucing enggan melintasinya.

Baca Juga :   Cara Budidaya Tanaman Stevia Menambah Nilai Ekonomi

10. Bramble (blackberry)

Selain memagari area dari kucing, kalian juga bisa memetik buah blacberry-nya. Tetapi ada varietas tanaman ini yang tidak mempunyai duri. Sehingga kalian bisa menyesuaikan kebutuhan ketika hendak membeli atau menanamnya.

Baca juga:

5 Cara Mudah Budidaya Jeruk Madu di Pekarangan Rumah

Cara Mengatasi Hama Gayas pada Tanaman