13 Cara Merawat Bulu Anjing Agar Lebat

Posted on

13 Cara Merawat Bulu Anjing Agar Lebat

13 Cara Merawat Bulu Anjing Agar Lebat – Bulu adalah salah satu indikator dari kesehatan anjing. Bulu yang sehat dan lebat merupakan pertanda jika anjing tersebut dirawat dengan baik serta mendapatkan segala yang dibutuhkannya memadai.

Begitu pula sebaliknya, bulu yang kusam dan rontok menandakan bahwa anjing tersebut tidak diperlakukan dengan baik dan merasa tidak nyaman. Tentunya setiap pemilik menginginkan agar anjingnya memiliki bulu yang lebat dan indah. Dalam artikel yang kali ini kami akanjelaskan mengenai 13 cara merawat bulu anjing agar lebat yaitu:

1. Makanan Sehat dan Gizi Seimbang

Patokan utama cara merawat bulu anjing agar lebat ialah merawatnya dari dalam terlebih dahulu, yakni dengan cara memberinya makanan dan gizi yang seimbang. Sebagaimana kita tahu bahwa anjing adalah hewan karnovira yang menyukai daging, berikan ia daging yang sehat atau makanan anjing dalam bentuk kemasan dengan memperhatikan komposisi dan kandungan gizi di dalamnya.

2. Suplemen Asam Lemak

Berikan ia suplemen berupa asam lemak, ada berbagai macam asam lemak yang dapatdipilih salah satunya yaitu Omega6, minyak bunga saff, minyak bunga matahari, omega3, atau minyak ikan. asam lemak mampu mengurangi gatal-gatal di kulit anjing, bekerja dengan cara berkembang dalam sel-sel bagian dalam kulit anjing, dan memunculkan bulu-bulu ekstra karena memaksimalkan fungsi dan kesehatan tubuh serta kulit.

Baca Juga :   7 Cara Menanam Cemara Udang dengan Stek dan Perawatannya

Pilih salah satu diantara yang mengandung asam lemak tersebut, konsultasikan dengan dokter hewan mengenai dosisnya sesuai umur dan kondisi bulunya, atau sesuaikan dengan petunjuk yang umumnya tercantum dalam kemasannya. Jangan memberinya melebihi dosis yang ditentukan sebab dapat menyebabkan diare.

3. Mandi dan Disikat

Mandikan anjing setidaknya seminggu sekali dengan cara disikat bulunya dengan sikat khusus yang lembut. Hal itu baik untuk mencegah bulunya kusut atau menggumpal sehingga menghalangi pertumbuhan bulu yang baru. Rutin memandikan dan menyikat juga akan melarutkan bulu-bulu yang telah mati di dalam air sehingga tumbuh bulu bulu-baru yang jauh lebih sehat.

4. Pilih Shampo yang Sesuai

Berikan shampo yang khusus untuk anjing, jangan memberikan shampo sembarangan sebab dapat membuat kulitnya alergi. Berikan shampo yang terbaik untuknya sambil digosok-gosok dengan lembut sehingga dia merasa fresh dan lebih bugar. Jangan lupa untuk mengeringkan bulu setelahnya dengan menggunakan handuk kering, dengan hairdryer, atau dengan dijemur dengan sinar matahari langsung yang hangat dan tidak terik.

5. Cari Parasit di Bulunya

Pastikan bulunya bebas parasit seperti kutu atau jamur, ketika memandikan, bersihkan secara keseluruhan yakni hingga di belakang telinga dan daerah lipatan dalam tubuhnya. caranya ialah dengan menggosok dengan sikat yang telah disediakan. lakukan dengan lembut dan menyeluruh untuk memberikan hasil yang terbaik dan merata bersihnya.

6. Periksa Kesehatan Secara Berkala

Lakukan pemeriksaan di dokter hewan secara berkala untuk mengetahui keseluruhan dari kondisi tubuh dan kesehatannya sebab ada beberapa penyakit yang berpengaruh pada bulunya sehingga bila terjadi hal demikian dapat segera ditangani dan diatasi secara dini. Jadi setidaknya periksakan setiap enam bulan sekali atau paling lambat setiap satu tahun sekali.

Baca Juga :   13 Cara Pencegahan Penyakit Pada Bebek

7. Periksa Kesehatan Bulu

Periksa juga secara rutin kesehatan bulunya, kelebatan bulu, presentase rontoknya, dan kecerahannya. Apakah kusam atau cemerlang. Lakukan evaluasi sehubungan dengan hal terebut. Jika semua kondisi bagus maka lanjutkan perawatan dan pertahankan. Bila keadaan bulu anjing jelek, maka langsung cari penyebabnya lalu ambil tindakan menurut sebabnya.

8. Rajin Menyisir Bulu Anjing

Sisir bulu anjing menggunakan sisir khusus bulu anjing setiap sehari sekali di pagi hari atau di malam hari menjelang tidur sambil membersihkan tubuhnya. sisir secara keseluruhan mulai dari kepala hingga ekor dan perhatikan jika ada tanda-tanda bulu rontok terlalu berlebihan serta perhatikan kemajuan pertumbuhan bulunya. Bila dilakukan setiap hari tentuialah hal yang mudah.

9. Berikan Suplemen

Berikan obat atau suplemen khusus untuk bulu anjing yang tersedia di toko keperluan hewan berikan sesuai dosis yang tertera atau melalui konsultasi dengan dokter hewan. Amati perkembangannya setelah memberikan suplemen, pastikan suplemen tersebut memberinya hasil yang nyata dan tidak membuat kulitnya alergi.

10. Cegah Stres

Anjing yang stres karena lingkungan atau hal lain dapat berpengaruh kepada kesehatan bulunya yakni bulunya menjadi kusam dan mudah rontok. Wajib untuk memperhatikan moodnya serta kondisinya agar dapat memastikan bahwa ia riang dan tidak dalam kondisi sedih. Caranya dengan memberikan perawatan yang terbaik untuknya mulai dari gizi, lingkungan, teman bermain, dan cegah jenuh dengan mengajaknya bermain secara berkala.

11. Awasi Pergaulannya

Jangan biarkan anjing bepergian terlalu jauh dan main di tempat yang kotor. Tempat yang tidak jelas kebersihannya dapat dengan mudah menularkan penyakit jika menempel di bulu anjing. Sebaiknya ketika kalian membiarkannya bermain letakkandi area rumah atau halaman rumah supaya dia memiliki area bermain yang terbatas dan tidak terlalu banyak berkeliaran.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Burung Jalak Suren Stress

12. Hindarkan dari Penyakit

Cara merawat bulu anjing agar lebat lanjutkan dengan memberinya perlindungan dari segala penyakit terutama penyakit kulit dengan cara membersihkan kesehatan dan kebersihan tubuhnya, menjaga kebersihan kandang dan lingkungannya, menjaga kebersihan makanan dan tempat makan minumnya serta memberinya tempat yang kering yang jauh dari lembab.

13. Air Minum yang Berkualitas

Berikan air minum yang berkualitasuntuknya, kesehatan air jelas dipengaruhi oleh kadar air didalam tubuh anjing, jika kadar air tepat dan anjing tidak dehidrasi, tentu akan memberikan bulu yang sehat dan bebas rontok untuknya sehingga ia memiliki bulu yang lebat dan cemerlang warnanya.

Itulah ke 13 Cara Merawat Bulu Anjing Agar LebatĀ untuk anda yang memelihara anjing dan masih pemula. Selamat mencoba.